10 Tujuan Dan Jenis Sistem Operasi
10 Tujuan Dan Jenis Sistem Operasi

10 Fungsi & Manfaat Serta Kategori Sistem Operasi

Posted on
10 Fungsi & Manfaat Serta Kategori Sistem Operasi
Rate this post

10 Fungsi & Manfaat Serta Kategori Sistem Operasi – dosenpendidikan.com – Sistem Operasi ada pada setiap komputer karena Sistem Operasi adalah suatu sistem yang berada pada komputer yang berguna untuk menjalankan hardware yang ada. Menurut Wikipedia Sistem Operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

10 Tujuan Dan Jenis Sistem Operasi
10 Tujuan Dan Jenis Sistem Operasi

Dan menurut dosenpendidikan.com Sistem Operasi adalah Software yang berfungsi mengontrol semua hardware yang ada pada suatu perangkat media elektronik. Tanpa adanya Sistem Operasi kita tidak dapat menjalankan semua aplikasi yang ada pada perangkat terkecuali program booting.

Tujuan Dari Sistem Operasi :

– Membuat komputer menjadi lebih mudah saat di gunakan oleh pengguna.
– Membantu meningkatkan sumber daya sistem komputer agar dapat di gunakan secara maksimal dan efisien.

Fungsi dari Sistem Operasi :

# Resource Manager
adalah Mengalokasikan sumber daya yang ada, sumber daya yang di maksud adalah hardware seperti memori, disk drive, CPU, Printer, dan perangkat-perangkat lainnya.

# Coordinator
adalah penyediakan fasilitas sehingga aktivitas-aktivitas yang kompleks diatur untuk dikerjakan dalam urutan-urutan yang disusun sebelumnya.

# Interface
adalah sebagai perantara pengguna (user) dengan sistem hardware untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat atau dengan mudah digunakan (User Friendly). Pengguna tidak perlu dikhawatirkan dan dirumitkan oleh bahasa-bahasa mesin yang ada.

# Guardian
adalah penyedia kontrol akses yang dapat melindungi file dan memberikan pengawasan kepada penulisan, program dan pembacaan.

# Gatekeeper
adalah pengendali siapa saja yang diperbolehkan masuk kedalam suatu sistem dan mengawasi semua tindakan yang mereka kerjakan ketika telah masuk kedalam sistem.

# Optimizer
adalah penjadwalan pemasukan oleh pengguna (user), pengaksesan suatu basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran yang berguna untuk meningkatkan kegunaan.

# Accountant
adalah yang mengatur waktu pada CPU, pemanggilan perangkat I/O, penggunaan memori, disk storage dan waktu pada koneksi terminal.

# Server
adalah sebagai penyediakan layanan yang sering kali dibutuhkan oleh pengguna, baik eksplisit maupun implisit, seperti mekanisme dalam mengakses file.

Jenis-jenis Sistem Operasi :

1. Single User – Single Tasking
adalah Suatu komputer yang hanya bisa dipergunakan oleh satu user dan hanya menjalankan satu program di dalam satu waktu, contohnya yaitu DOS (Disk Operating System).

2. Multi User – Single Tasking
adalah Suatu komputer yang dapat dipergunakan oleh banyak user namun setiap usernya hanya dapat menjalankan satu program saja di dalam satu waktu, contohnya seperti Novell Netware yang hanya menjalankan SO Network yang berbasis DR-DOS.

3. Single User – Multi Tasking
adalah Suatu komputer yang dipergunakan oleh satu user dan dapat menjalankan lebih dari satu program secara bersamaan dalam satu waktu, contohnya seperti Windows, MacOS, BeOS dll.

4. Multi User – Multi Tasking
adalah suatu komputer dipakai secara bersamaan oleh beberapa user yang dapat menjalankan banyak program pada satu waktu secara bersamaan, contohnya seperti Unix, Linux, atau Windows dengan aplikasi berupa Citrix Metaframe, dll.

Secara singkat Fungsi Sistem Operasi adalah menghubungkan antara sistem hardware dengan software yang di pasang agar dapat berkomunikasi pada sebuah komputer. Sekian 10 Fungsi & Manfaat Serta Kategori Sistem Operasi semoga bermanfaat 🙂

loading...