10 Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux

10 Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux
5 (100%) 1 vote

10 Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux – dosenpendidikan – Pada zaman sekarang teknologi tidak bisa lepas dari kehidupan kita semua. Teknologi sangatlah membantu dalam mengerjakan pekerjaan mau yang ringan ataupun yang berat. Teknologi berbasis komputerisasi mempunya os atau sistem operasi yang berbeda-beda. Dan di sini akan di bahas tentang Sistem Operasi Linux.

10 Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux

10 Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux

Pengertian Linux

Linux merupakan software so atau sistem operasi berbasis open source yang gratis yang di sebarkan dengan lisensi dari GNU. Linux merupakan solusi dari anda yang ingin menginstal sistem operasi yang gratis tanpa harus membayar seperti halnya windows. Linux ini sangat berguna karena sistem operasi ini dapat dan di perbolehkan untuk di copy dan perbanyak sebanyak mungkin karena so ini termasuk legal dan berlisensi.

Kebanyakan dari para programer menggunakan sistem operasi linux untuk berkerja karena sistem operasi ini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memperoleh kode sumber (source code) dan bebas untuk dapat mengubahnya.

Distributor Linux

Linux memiliki distributor yang sering di sebut Distro. Distro merupakan suatu proyek yang tujuannya adalah mengatur sekumpulan perangkat lunak yang berbasiskan linux dan memberi fasilitas instalasi dari sistem operasi berbasis linux.

Linux mempunyai banyak distribusi atau distro tetapi inti dari semua distribusinya adalah kernel, proyek dari GNU, shell, dan libraries (aturacara utilitas yang seperti sebuah perpustakaan). Beberapa contoh dari Distro Linux adalah Redhat, Mandrake, Slackware, WinLinux, Suse, Debian dan masih banyak lagi.

Keuntungan Menggunakan Linux

  1. Dapat menggunakan Multiuser
  2. Dapat menggunakan Multiprocessor
  3. Dapat menggunakan Multitasking yang memungkinkan menjalankan banyak program secara bersama-sama
  4. Dapat di proses di Background
  5. Dapat Multi Threading atau dapat membuat beberapa subproses dengan caara yang efisien
  6. Pembelokan pada I/O (Input/Output), Pipe dan Filter
  7. File sistemnya berada  di Local dan di Network File Sistem
  8. Bagus dalam hal Security (keamanannya)
  9. Di lengkapi dengan X-Window System
  10. Tidak dapat terjangkit virus

Kelemahannya

Kelemahannya mungkin untuk para pemula yang tidak hafal dengan kode atau koding dari sistem operasi akan mengalami kesulitan dalam pengoperasiannya. Karena pengoperasiannya menggunakan koding yang di input secara langsung.

Sekianlah 10 Keuntungan Menggunakan Sistem Operasi Linux semoga berguna.