Macam-Macam Otot
Macam-Macam Otot

10 Macam Otot Pada Manusia Dan Hewan

Posted on
Rate this post

Dosenpendidikan.Com – Otot merupakan jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat penggerak aktif yang berfungsi menggerakan tulang. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis : otot rangka, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme atau gerakan organ dalam organisme.

Macam-Macam Otot
Macam-Macam Otot

Sistem otot adalah sistem organ pada hewan dan manusia yang memungkinkan makhluk untuk bergerak. Sistem otot pada vertebrata dikendalikan oleh sistem saraf, meskipun beberapa otot (seperti otot jantung) dapat bergerak secara otonom. Manusia sendiri memiliki sekitar 650 jenis otot rangka.

Macam-Macam Otot Pada Manusia Dan Hewan

Otot ada tiga macam, yaitu lurik otot / otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

Otot kerangka / otot Lurik

Otot rangka adalah otot yang melekat pada kerangka. Berdaging bagian dari tubuh kita adalah otot rangka. Otot ini disebut juga otot lurik, karena bila dilihat dari samping, serat-serat otot ini menunjukkan pola serat melintang atau bergaris.

Otot ini irisan melintang menunjukkan ribuan serat otot. Serat yang diatur dalam bundel paralel, dan terikat satu sama lain dengan jaringan ikat di mana pembuluh darah dan saraf.

Diameter otot ini 50 mikron dengan panjang 2,5 cm. Kontraksi cepat otot rangka, kuat. Setiap serabut otot dibungkus oleh endomisium, koleksi berkas-berkas ditutupi oleh serat fasia propria / perimisium, sedangkan otot (daging) dibungkus oleh membran fascia Super fisalis / epimisium.

Endomisium, perimisium, dan epimisium bergabung untuk membentuk urat (tendon) yang menempelkan otot ke tulang.

Memiliki desain yang efektif untuk gerakan spontan dan membutuhkan tenaga besar. Otot ini lelah, yang disebabkan oleh penumpukan asam laktat dalam sel. Gerakan otot lurik berasal dari sinyal motorik dari otak dan sadar (tidak refleks). Otot ini ditemukan di hampir semua bagian tubuh luar manusia dan hewan.

Otot Polos

Sel-sel otot polos memiliki bentuk memanjang dengan kedua ujungnya meruncing dan inti terletak di tengah sel otot. serat  Miofibril dalam otot polos bersifat homogen dan lebih kecil dari serat otot lurik. Otot polos ditemukan dalam dinding pembuluh darah, dinding saluran pencernaan, paru-paru, dan ovarium.

Otot-otot ini lambat untuk bereaksi menerima rangsangan , tetapi tahan terhadap kelelahan, dan bekerja di bawah pengaruh saraf yang tidak sadar.

Otot yang ditemukan dalam organ pencernaan dan pembuluh darah, bekerja dengan pengaturan dari sistem saraf tak sadar atau saraf otonom. Dibentuk oleh sel-sel otot polos dari otot-otot yang membentuk poros dengan ujung meruncing, dan memiliki satu inti.

Ada dua macam otot polos tergantung dengan cara serabut saraf otot distimulasi untuk dapat berkontraksi, yaitu :

  1. Otot Polos Unit Ganda, otot saraf membutuhkan stimulus eksternal untuk kontraksi. Contohnya adalah otot-otot pada otot-otot mata yang fokus lensa dan menyesuaikan ukuran pupil.
  2. Otot polos unit tunggal (viseral), otot ini tidak memerlukan stimulus saraf eksternal untuk kontraksi, sampel otot ditemukan pada organ berongga lapisan dinding (jeroan).

Otot Jantung

Otot jantung hanya ditemukan pada dinding jantung. Struktur menyerupai otot lurik , tapi inti (nukleus) terletak di tengah sel dan memiliki cabang. Setiap cabang di jaringan otot jantung mempunyai pengikat disebut discus interkalaris pengikat.

Kerja otot jantung di bawah pengaruh syaraf tidak sadar, cepat bereaksi terhadap rangsangan, dan tahan terhadap kelelahan.

Otot yang bekerja khusus untuk memompa darah ke jaringan otot jantung yang mampu berkontraksi terus menerus tanpa henti. Gerakan tidak terpengaruh sinyal saraf pusat.

Otot jantung dapat dipengaruhi oleh interaksi dari saraf simpatik atau parasimpatis memperlambat atau mempercepat denyut jantung, tetapi tidak dapat mengendalikan secara sadar.

Visit Link Di Bawah Ini Untuk Artikel Biologi Lainnya :

Demikian Ulasan Tentnag 10 Macam Otot Pada Manusia Dan Hewan Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com 😀