10 Manfaat Dan Pengartian Database
10 Manfaat Dan Pengartian Database

10 Manfaat & Pengertian Database Menurut Para Ahli

Posted on
10 Manfaat & Pengertian Database Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote

10 Manfaat & Pengertian Database Menurut Para Ahli – Dosenpendidikan.Com – Di suatu perusahaan ataupun organisasi pastilah mempunyai teknologi yang mempunyai peranan penting untuk pencapaian tujuan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Semakin jauhnya era modernisasi teknologi yang di pakai oleh perusahaan atau organisasi haruslah dapat di andalkan agar dapat bertahan dari para pesaingnya. Teknologi yang di pakai biasanya berupa teknologi yang dapat memproses data mentah menjadi informasi yang berguna, yang di maksud di sini adalah suatu sistem pengolah basis data (Database). Database ini sangat berguna seperti misalnya di suatu perusahaan dapat di gunakan oleh kasir untuk mencari jumlah ataupun harga barang yang nantinya akan di jual.

10 Manfaat Dan Pengartian Database
10 Manfaat Dan Pengartian Database

Contoh transaksi yang membutuhkan database antara lain seperti transaksi pemesanan tiket, sebuah transaksi perbankan, aplikasi pencatat pajak, dan masih banyak lagi yang dapat kita temukan.

Pengertian Database

Database merupakan data-data yang terkumpul dan tersusun dengan aturan dan ketentuan yang semuanya saling berelasi untuk dapat mempermudah pengguna untuk mengelola dan memperoleh informasi. Di dalam database terdapat sekumpulan, tabel ataupun arsip yang semuanya saling berhubungan dan tersimpan di dalam sebuah media elektronik.

Pengertian Data Base Menurut Para Ahli :

  • S. Attre mengungkapkan bahwa database merupakan kumpulan data yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain dengan penggunaan yang beragam.
  • Gordon C. Everest, database merupakan kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi dan terdefinisi dengan formal melalui suatu pengorganisasian.
  • Toni Fabbri, menyatakan bahwa database adalah sebuah sistem file terintegrasi yang memiliki setidaknya satu primary key sebagai pengulangan.
  • C. J. Date, database ialah data operasional yang digunakan oleh system aplikasi dari sebuah pengorganisasian.

Manfaat Dari Menggunakan Database :

Mempercepat Dan Mempermudah

Database mempunyai beberapa keunggulan yang di antaranya memiliki kemampuan untuk dapat menyeleksi data untuk di jadikan suatu kelompok yang berurut secara cepat. Maka dari itu data yang berisi informasi dapat dengan cepat di hasilkan. Kecepatan pemprosesan datanya tergantung dari perancangan sebuah databasenya.

Dapat Di Pakai Bersama-Sama

Umumnya suatu database dapat dipergunakan oleh siapa saja pada suatu organisasi atau perusahaan. Dan di ambil contoh suatu database mahasiswa yang ada di dalam salah satu perguruan tinggi memerlukan beberapa bagian, misalnya ada bagian admin, ada bagian keuangan sendiri, dan bagian tentang akademik. Dari semua itu nantinya akan memerlukan satu database saja dan dapat di simpan di server pusat. Dan nantinya semua aplikasi dari bagian itu dapat terhubung ke database mahasiswa.

Kontrol Datanya Terpusat

Ini masih berkaitan dengan manfaat yang ke dua tadi, walaupun pada suatuorganisasi atau perusahaan mempunyai banyak bagian akan tetapi database yang di perlukan hanya satu saja. Dan inilah yang mempermudah dalam pengontrolan data-datanya, seperti misalnya ketika kita ingin melakukan update data tidak perlu memerlukan banyak perubahan hanya perlu merubah database yang ada di server pusat saja.

Penghematan Dalam Pembiayaan Perangkat

Karena database memoliki sistem yang terpusat maka masing-masing bagian atau para divisinya tidak memerlukan suatu perangkat untuk menyimpan database karena database terhubung maka hanya membutuhkan satu yang di simpan pad server pusat. Dan di karenakan database yang di simpan pada server hanya satu jadi hanya memerlukan sedikit biaya untuk pembelian perangkatnya.

Menjamin Keamanan Datanya

Di semua aplikasi manajemen database mempunyai fasilitas manajemen pengguna. Di manajemen pengguna ini dapat memberi hak akses berbeda dan dapat di sesuaikan dengan posisi ataupun kepentingan yang di miliki si pengguna. Dan juga data yang tersimpan di dalam database meminta password untuk dapat masuk dan mengaksesnya.

Mempermudah Dalam Pembuatan Sebuah Aplikasi Baru

Database di rancang dengan sangat baik dan sesempurna mungkin sehingga mempunyai fitur untuk dapat menambah aplikasi baru dan tidak perlu untuk mengubah struktur yang ada. Dan si programer cukup dengan membuat dan mengatur aplikasinya saja.

Demikianlah manfaat yang ada di dalam sebuah database yang memang seharusnya semua perusahaan memilikinya. Apalagi jamen sekarang yang semuanya serba teknologi canggih kita harus ikut memanfaatkannya juga.

Sekian pembahasan tentang 10 Manfaat & Pengertian Database Menurut Para Ahli semoga bermanfaat 🙂

loading...