10 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli Terlengkap

10 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

10 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli Terlengkap

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini setiap pimpinan harus berusaha dapat menciptakan iklim yang bisa memenuhi kebutuhan para karyawannya, hal ini karena pada umumnya orang mau bekerja supaya dapat memenuhi kehidupannya, yang salah satu cara paling efektif sebagai sarana untuk memotivasi karyawan ialah pada system insentif.

Lalu apa sih sebenarnya insentif itu….??? Dalam pengertian yang secara umum, insentif merupakan kompensasi khusus yang dirancang untuk memotivasi kinerja luar biasa “Superior Performance”, yang dalam bahasa yang lebih sederhana insentif dapat diartikan sebagai bonus diluar gaji. Kompensasi dalam bentuk insentif ini mempunyai kaitan langsung dengan motivasi “jadi insentif diberikan guna meningkatkan motivasi”. Insentif diberikan tergantung dari prestasi atau produksi, kompensasi insentif dibedakan menjadi yaitu:

  • Bonus Utuh “Lump-Sump”
    Yaitu pembayaran kas sekali waktu/tunasi atau hak untuk membeli saham perusahaan yang berdasarkan kinerja.
  • Pembagian Keuntungan “Profit Sharing”
    Yaitu pemberian bonus berdasarkan keuntungan perusahaan.
  • Pembagian Pendapatan “Gain Sharing”
    Yaitu pemberian bonus karena berhasil melampui target kinerja yang ditetapkan atau terjadi efisiensi kerja.
  • Pembayaran Atas Pengetahuan Yang Dimiliki “Pay For Knowledge”
    Yaitu pemberian kenaikan upah/gaji atas keterampilan atau pekerjaan baru yang mereka kuasai.

Pengertian Insentif Menurut Para Ahli

Dalam hal ini para ahli banyak memberikan pendapat mengenai pengertian insentif, berikut ini beberapa pemaparannya:

Menurut Andrew F. Sikula

Insentif merupakan sesuatu yang mendorong atau mempunyai kecenderungan untuk merangsang suatu kegiatan, insentif ialah motif-motif dan imbalan-imbalan yang dibentuk untuk memperbaiki produksi.

Menurut Heidjrachman

Insentif dimaksudkan untuk memberikan upah/gaji yang berbeda karena prestasi kerja yang berbeda.

Menurut Adams Dan Hicks

Insentif merupakan semua bentuk imbalan dan hukuman “Punishments” yang diterima oleh para pemberi layanan “Providers” sebagai konsekuensi dari organisasi tempat mereka bekerja, institusi yang mereka operasionalkan dan intervensi-intervensi yang mereka lakukan.

Menurut Hasibuan “2001:117”

Insentif merupakan tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu yang prestasinya di atas prestasi standar. Insentif ini yaitu alat yang dipergunakan pendukung prinsip adil dalam pemberian kompensasi.

Menurut Pangabean “2002:77”

Insentif merupakan imbalan langsung yang di bayarkan kepada karyawan karena prestasi melebihi standar yang ditentukan. Dengan mengasumsikan bahwa uang dapat mendorong karyawan bekerja lebih giat lagi, maka mereka yang produktif lebih menyukai gajinya dibayarkan berdasarkan hasil kerja.

Menurut Mangkunegara “2002:89”

Insentif merupakan suatu bentuk motivasi yang dinyatakan dalam bentuk uang atas dasar kinerja yang tinggi dan juga merupakan rasa pengakuan dari pihak organisasi terhadap kinerja karyawan dan kontribusi terhadap organisasi “perusahaan”.

Menurut Handoko “2002:176”

Insentif merupakan perangsang yang ditawarkan kepada para karyawan untuk melaksanakan kerja sesuai atau lebih tinggi dari standar-standar yang telah ditetapkan.

Menurut Samsudin “2006:194”

Insentif merupakan pemberian upah atau gaji yang berbeda bukan didasarkan pada evaluasi jabatan, namun karena adanya perbedaan prestasi kerja.

Menurut Simamora “2004:514”

Insentif merupakan suatu program yang mengaitkan bayaran dengan produktivitas kerja.

Menurut Ranupandojo Dan Suad Husnan “2002:161”

Insentif merupakan suatu bentuk motivasi yang dinyatakan dalam bentuk uang, jadi pengertian insentif ialah sebuah program yang diberikan oleh perusahaan untuk memotivasi karyawan agar karyawan tersebut jauh lebih giat lagi dalam bekerja dan dapat meningkatkan prestasu kerjanya di dalam perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: