10 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Posted on
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Sebenarnya apa sih kepribadian itu ??? kepribadian ialah suatu tingkah laku cirri khas yang dimiliki seseorang indivindu. Agar lebih lagi memahami dan pengertian tentang kepribadian yang luas. Berikut ini perlu untuk disimak batasan yang telah diberikan oleh beberapa ahli.

Kepribadian

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

1. George Herbert Mead

Menurut George Herbert Mead kepribadian ialah tingkah laku pada manusia yang berkembang melalui perkembangan diri. Perkembangan kepribadian dalam diri seseorang telah berlangsung seumur hidup, menurutnya manusia akan berkembang dengan secara bertahap melalui interaksi dengan anggota masyrakat.

2. Theodore M. Newcomb

Menurut Theodore M. Newcomb kepribadian ialah suatu kelompok sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang dari perilakunya. Hal ini berarti bahwa kepribadian itu bertujuan untuk menunjukkan kelompok dari tingkah-tingkah seorang indivindu untuk dapat berbuat, mengetahui, berfikir dan merasakan dengan secara khsusu jika ia berhubungan dengan orang lain atau juga pada saat ia menghadapi suatu masalah/keadaan.

3. Robert Sutherland

Menurut Robert Sutherland kepribadian ialah abstraksi indivindu dan kelakuannya sebagaimana halnya sama lingkungan masyarakat dan kebudayaan. Oleh karena itu kepribadian digambarkan sebagai hubungan saling mempengaruhi antara tiga aspek tersebut.

4. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren kepribadian ialah sebagai kelompok factor-faktor psiologis, biologis dan sosiologis yang didasari dengan prilaku indivindu itu sendiri. Factor-faktor biologis tersebut meliputi keadaan fisik, watak, seksual, system saraf, proses pendewasaan indivindu yang bersangkutan dan juga kelainan-kelainan biologis lainnya.

5. M.A.W.Brower

Menurut M.A.W.Brower kepribadian ialah corak tingkah laku social indivindu yaitu meliputi keinginan, opini, dorongan dan kekuatan serat perilaku-perilaku seseorang.

6. Roucek dan Warren

Menurut Roucek dan Warren kepribadian ialah organisasi faktor-faktor sosiologis, psikologis dan biologis yang didasari oleh perilaku individu.

7. Yinger

Menurut Yinger kepribadian ialah keseluruhan tingkah laku dari seseorang dengan suatu system kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

8. Theodore R Newcombe

Menurut Theodore R Newcombe kepribadian ialah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap prilaku.

9. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat kepribadian ialah beberapa ciri watak yang dipelihara seseorang secara lahir, konsisten dan konsukuen. Setiap manusia melakukan proses sosialisasi. Proses sosialisasi berlangsung selama manusia masih hidup didunia ini, kepribadian seseorang indivindu dapat terbentuk dalam bertingkah laku sehingga indivindu memiliki identitas khusus yang berbeda dengan orang lain.

10. Atkinson

Menurut Atkinson kepribadian ialah pola perilaku dan cara berfikir yang khas yang menentukan penyesuaian diri indivindu terhadap lingkungan, kepribadian mencakup kepribadian umum yang dapat diamati oleh orang lain dan kepribadian dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bias menambah wawasan dan pengetahuan anda, sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: