Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi

1000 Pengertian Komunikasi Lengkap Menurut Para Ahli

Posted on
Rate this post

1000 Pengertian Komunikasi Lengkap Menurt Para Ahli – Komunikasi berasal dari bahasa Inggris “Communication” dan dari bahasa latin “communicatio” yang bersumber dari kata “communis” memiliki arti “membangun kebersamaan dan keharmonisan antara 2 (dua) orang atau lebih”, banyak pendapat dan konsep tentang komunikasi yang di kemukakan oleh para ahli komunikasi.

Berikut Penjelsan Tentang Komunikasi

Menurut Effendy Uchjana komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh satu orang ke orang lain untuk menginformasikan, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) maupun tidak langsung (melalui media)

Analisis Memahami Komunikasi dan 5 (Lima) Unsur Komunikasi Menurut Harold Lasswell Sat, 2007/11/10 – 06:54 – Analisis Definisi Rejals Komunikasi Menurut Harold Lasswell

dosenpendidikan Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan channel apa ? kepada siapa? hasil atau hasil dari apa? (siapa? Says apa? dalam saluran yang? untuk Siapa? dengan efek apa ?). (“Lasswell 1960”).

Analisis 5 Unsur Menurut (“Lasswell 1960”) :

  • Who? (Siapa/ sumber). Sumber / komunikator adalah pelaku utama / pihak yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi atau awal komunikasi, bisa seorang individu, kelompok, organisasi, atau bangsa sebagai komunikator.
  • Says What? (Pesan). Apa yang akan disampaikan / dikomunikasikan kepada penerima (komunikan), dari sumber (komunikator) atau isi dari satu set simbol informasi.Merupakan lisan / non-verbal yang mewakili perasaan, nilai-nilai, ide-ide / maksud sumber. Ada tiga komponen dari pesan yang artinya, simbol untuk menyampaikan makna, dan bentuk / pesan organisasi.
  • In Which Channel? (saluran / media). Alat / media untuk menyampaikan pesan-pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (receiver) baik secara langsung (tatap muka), atau tidak langsung (melalui media cetak / elektronik, dll).
  • To Whom? (untuk siapa / penerima). Orang / Untuk kelompok / Untuk organisasi / Untuk suatu negara yang menerima pesan .Disebut tujuan (destination) / pendengar (listener) / khalayak (audience) / komunikan / interpreter / terbalik coding (decoder).
  • With What Effect? (dampak / efek). Dampak / efek pada komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari sumber, seperti perubahan sikap, peningkatan pengetahuan, dll

Contoh : Komunikasi antara guru dan siswa. Guru sebagai komunikator harus memiliki pesan yang jelas yang akan disampaikan kepada siswa atau guru komunikan. Juga harus menentukan saluran untuk berkomunikasi secara langsung (tatap muka) atau tidak langsung (media) yang Setelah itu guru harus menyesuaikan topic / diri / tema dalam sesuai dengan usia komunikan, juga harus menentukan tujuan komunikasi / maksud dari pesan yang terjadi dampak / efek pada diri komunikan seperti yang diharapkan.

Kesimpulan : Komunikasi adalah pesan yang disampaikan kepada komunikan (penerima) dari komunikator (sumber) melalui saluran tertentu baik secara langsung / tidak langsung untuk tujuan memberikan efek / dampak kepada komunikan sesuai dengan yang diingikan komunikator.Yang memenuhi 5 unsur WHO , mengatakan apa yang, dalam saluran yang, untuk Siapa, dengan efek apa.

Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi Lengkap Menurut Para Ahli

Raymond Ross
Komunikasi adalah proses pemilahan, memilih, dan simbol pengiriman sedemikian rupa yang membantu penerima menghasilkan respon pesan / makna penalaran yang sama dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi ketika sumber pesan kepada penerima dengan maksud sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.

Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Carl I. Hovland
Komunikasi merupakan kejadian proses yang memungkinkan seseorang untuk memberikan stimulasi (biasanya dengan menggunakan lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber ke penerima.

Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafik, angka, dll

Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi untuk tujuan bersama dan hubungan hubungan komunikasi yang ditimbulkan oleh generasi penerus rangsangan dan respon.

Definisi komunikasi : Menurut Forsdale (1981), seorang ahli pendidikan, khususnya ilmu komunikasi : Dia menjelaskan dalam sebuah kalimat bahwa “komunikasi adalah proses oleh sistem yang didirikan, dipelihara dan diubah melalui sinyal-sinyal yang beroperasi bersama-Menurut aturan “. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan dimodifikasi dengan tujuan bahwa sinyal tersebut dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.

Analisis : Komunikasi adalah metode yang digunakan sehari-hari dalam pesan / stimulus (stimulus) yang terbentuk melalui proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Satu sama lain memiliki peran dalam menciptakan pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan / stimulus, dan mempertahankannya di ruang publik. Dengan tujuan dari “penerima” (komunikan) dapat menerima sinyal atau pesan yang dikirim oleh “sumber” (komunikator).

William J. Seller
William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi makna.

Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber ke penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Rogers dan D. Lawrence Kincaid
Komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau pertukaran informasi dengan satu sama lain, yang pada gilirannya akan tiba di saling pengertian luas.

Shannon & Weaver
Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi wajah, lukisan, seni, dan teknologi.

Prof Dr Alo Liliweri
Komunikasi adalah transfer pesan dari satu sumber ke penerima agar dapat dipahami.
Bernard Berelson dan Gary A. Steiner Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol -kata kata-kata, gambar, angka, grafik, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi apa yang disebut komunikasi.

John R. Wenburg dan William W. Wilmot
Komunikasi adalah upaya untuk mendapatkan makna.

Judy C. Pearson & Paul E Melson
Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.

Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss
Komunikasi adalah proses makna antara dua orang atau lebih.

William I. Gordon
Komunikasi singkat dapat didefinisikan sebagai transaksi dinamis yang melibatkan pikiran dan perasaan.

M. Djenamar. SH
Komunikasi adalah seni untuk menyampaikan informasi, ide, satu orang ke orang lain.

William Albig
Komunikasi adalah proses mentransfer simbol yang berarti antara individu.

Prof Dr Alo Liliweri
Komunikasi adalah transfer pesan dari satu sumber ke penerima agar dapat dipahami.

Anwar Arifin

Komunikasi adalah sebuah konsep yang banyak arti. Arti komunikasi dapat dibedakan komunikasi berbasis sebagai proses komunikasi sosial dalam pengertian ini dalam konteks ilmu-ilmu sosial. Dimana para ilmuwan sosial telah melakukan penelitian dengan cara melakuan  pendekatan komunikasi yang umumnya berfokus pada aktivitas manusia dan hubungan dengan pesan perilaku.

Murphy & Mendelson
Komunikasi adalah untuk membangun dan menjaga serta mempertahankan hubungan interpersonal.

Aristoteles
Komunikasi adalah sarana yang warga negara dapat berpartisipasi dalam masyarakat demokratis.

Redi Panuju
Komunikasi adalah suatu sistem yang menghubungkan aliran dan kinerja antara bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan sinergi.

Hoben
Komunikasi adalah pertukaran pikiran dan gagasan secara lisan.

Anderson
Komunikasi adalah proses yang dinamis dan terus berubah sesuai dengan situasi yang berlaku. Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan untuk mengurangi ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

Leksikograf
Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kesatuan. Jika dua orang untuk berkomunikasi pemahaman yang sama dari pesan yang dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

Komunikasi Penting Untuk Itu Para Sahabat dosenpendidikan.com Jaga Komunikasi Dengan Baik Terutama Dengan Orang Disekitar Kita Agar Tercipta Suasana Yang Harmonis 😀