Pengertian Bisnis
Pengertian Bisnis

11 Pengertian Dan Klasifikasi Bisnis Menurut Para Ahli

Posted on

11 Pengertian Dan Klasifikasi Bisnis Menurut Para Ahli – Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk memperoleh keuntungan. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris bisnis, sibuk dari kata yang berarti “sibuk” dalam bidang individu, organisasi, atau masyarakat. Dalam arti, sibuk kegiatan dan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

Pengertian Bisnis
Pengertian Bisnis

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dijalankan untuk mencari laba dan meningkatkan kesejahteraah sipemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau modal yang mereka berikan.

Tapi tidak semua bisnis bertujuan mendapatkan keuntungan seperti ini, misalnya, koperasi usaha yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kemakmuran rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, yaitu sebuah bisnis besar kebanyakan dikelola oleh pemerintah, masyarakat, atau serikat.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

1. Pengertian Bisnis Menurut Prof.Owen

Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke pasaratau memberikan harga setiap barang atau jasa.

2. Pengertian Bisnis Menurut Urwick dan Hunt

Bisnis setiap perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan atas dasar kemauan untuk membeli atau membayar.

3. Pengertian Bisnis Menurut Mc. Naughton

Bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang untuk mendapatkan keuntungan.

4. Pengertian Bisnis Menurut Prof.L.R.Dicksee

Bisnis adalah suatu bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan kegiatan seperti tertarik atau mencoba.

5. Pengertian Bisnis Menurut William Spregal

Mengatakan bahwa bisnis adalah kegiatan yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang atau jasa yang dapat diklasifikasikan dalam kegiatan bisnis.

6. Pengertian Bisnis Menurut Hooper

Menyatakan bahwa bisnis adalah kompleks di bidang industri dan penjualan, industri dasar, proses, manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi dan lain-lain yang kemudian masuk lebih penuh ke dunia bisnis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan mereka yang mengolahnya.

7. Pengertian Bisnis Menurut Brown dan Petrello

Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang membutuhkan orang-orang. Jika kebutuhan meningkat masyarakat, jumlah produksi meningkat untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat sambil mendapatkan keuntungan.

8. Pengertian Bisnis Menurut Steinford

Berarti kegiatan usaha dalam penyediaan barang dan jasa konsumen diperlukan.

9. Pengertian Bisnis Menurut Musselman dan Jackson

Mereka berpendapat bahwa bisnis adalah jumlah total kegiatan yang diselenggarakan dalam bidang perdagangan dan industri penyediaan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas hidup.

10. Pengertian Bisnis Menurut Businessdictionary

Bisnis adalah suatu organisasi atau sistem ekonomi di mana barang dan jasa dipertukarkan dalam bentuk lain atau dalam bentuk uang. Setiap bisnis memerlukan investasi yang cukup besar dan pelanggan untuk menjual output pada jumlah tertentu untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis dapat dimiliki secara pribadi dan bukan untuk keuntungan pribadi.

11. Pengertian Bisnis Menurut Merriam Webster

Bisnis adalah kegiatan manufaktur, pembelian atau penjualan barang dan jasa yang kemudian ditukar dengan uang; pekerjaan atau kegiatan yang merupakan bagian dari pekerjaan; Jumlah aktivitas yang telah diselesaikan oleh toko, perusahaan, pabrik dan lain-lain.

Klasifikasi Bisnis

Bisnis terdiri dari berbagai jenis, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda. Salah satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan kegiatan berdasarkan yang melakukan bisnis dalam menghasilkan keuntungan.

  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari bahan baku atau komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
  • Pertanian dan usaha pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Informasi Bisnis adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual properti).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan layanan publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan menjual, menyewakan dan pengembangan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah keuntungan bisnis dengan memberikan barang atau individu dari sebuah lokasi yang lain.

 

Demikian Pembahasan Tentang 11 Pengertian Dan Klasifikasi Bisnis Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀