13 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap

13 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Inilah 13 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap

DosenPendidikan.Com – Ras dalam hal ini kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu. Yang persamaan umum dalam ras yakni ras merupakan suatu pengertian biologi, buka pengertian sosiokultural.

Misalnya, bila kita menyebut ras negro, hal ini berarti yang dimaksud bukan sifat kebudayaan kelompok tersebut seperti pandai bermain musik, melainkan ciri fisiknya, misalnya warna kulitnya hitam atau pada bentuk rambutnya yang keriting.

Artinya apabila kita menyebut satu kelompok ras, berarti yang dimaksudkan bukan sifat kebudayaan kelompok tersebut melainkan dari ciri fisiknya. Nah adapun beberapa pengertian ras menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut Bruce J. Cohen

Ras adalah kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.

Menurut Horton Dan Hunt

Ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.

Menurut Alex Thio

Ras adalah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat memiliki ciri-ciri biologis yang berbeda.

Menurut Stephen K. Sanderson

Ras adalah suatu kelompok atau kategori orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sendiri dan diindentifikasikan oleh orang-orang lain, sebagai perbedaan sosial yang dilandasi oleh ciri-ciri fisik atau biologis.

Menurut Koentjaraningrat

Ras adalah suatu golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh yang tertentu dengan frekuensi yang besar.

Menurut Grosse

Ras adalah segolongan manusia yang merupakan satu kesatuan karena kesamaan sifat jasmani dan rohani yang diturunkan sehingga dapat dibedakan dengan kesatuan lain.

Menurut Kohlbrugge

Ras adalah manusia yang memiliki kesamaan ciri-ciri jasmani karena diturunkan, sedangkan sifat-sifat kerohaniannya diabaikan. Dapat disimpulkan bahwa ras adalah golongan manusia dengan ciri fisik yang sama. Para ahli antropologi fisik umumnya membedakan ras berdasarkan lokasi geografis, ciri-ciri fisik dan prinsip evolusi rasial.

Menurut Gill Dan Gilbert

Ras merupakan pengertian biologis yang menjelaskan sekumpulan orang yang dapat dibedakan menurut karakteristik fisik yang dihasilkan melalui proses reproduksi.

Menurut Daljoeni

Ras adalah:

  • Suatu kategori tertentu dari seseorang yang bias superior maupun inferior yang ditandai oleh karakteristik fisik, seperti warna kulit, tekstur rambut dan lipatan mata.
  • Pengelompokan manusia berdasarkan karakteristik biologis, misal: kaukasoid, mengoloid, negroid, australoid dan indian.

Menurut Banton “1967”

Ras merupakan suatu tanda peran, perbedaan fisik yang dijadikan dasar untuk menetapkan peran yang berbeda-beda, pengertian ras ini menyangkut aspek biologis “ciri fisik, warna kulit, bentuk tubuh, dan lain-lain” dan aspek social “menyangkut peran dan kebiasaan yang dilakukan”.

Menurut Haldane

Ras adalah sebuah kelompok yang berbagai kesamaan satu set karakter tertentu fisik bawaan dan asal geografis dalam area tertentu itu.

Menurut Dunn Dan Dobshansky

Ras adalah populasi yang dibedakan oleh persamaan gen/kategori individu secara turun-temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu, ras memiliki pengertian secara biologis dan fisik serta tidak termasuk sifat-sifat budayanya.

Menurut Chainur Arrasjid “1972” Dosen Fakultas Hukum Usu

Menyatakan bahwa ras adalah segolongan manusia yang mempunyai persamaan sifat-sifat lahir tertentu yang dilanjutkan kepada keturunannya.

Demikianlah pembahasan mengenai 13 Pengertian Ras Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: