14 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap

14 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

DosenPendidikan.Com – Dongeng merupakan salah satu bentuk sastra yang populer baik di dalam dan di luar negeri, yang dimana ceritanya hanyalah khayalan atau tidak benar-benar terjadi. Dongeng dipercaya dapat memberikan nilai moral, edukasi, pendidikan, makna tersirat di balik setiap untaian cerita dongeng.

14 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap

Dalam hal ini hampir semua orang sudah mengetahui tentang cerita dongeng populer seperti pinokio, cinderella dan lainnya. Namun apakah anda mengetahui tentang arti atau pengertian dari dongeng tersebut. Nah berikut ini akan dijabarkan pengertian dongeng menurut para ahli yang diambil dari berbagai sumber, untuk lebih jelasnya simak saja uraian dibawah ini.

Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian dongeng menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut James Danandjaja

Dongeng ialah termasuk cerita rakyat lisan yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita. Dongeng juga tidak terikat oleh tempat maupun waktu, karena dongeng diceritakan terutama untuk menghibur.

Menurut Nurgiantoro, “2005:198”

Dongeng ialah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan dalam banyak hal sering tidak masuk akal.

Menurut Agus Triyanto, “2007:46”

Dongeng ialah cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral “mendidik” dan juga menghibur, jadi dongeng merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif.

Menurut Kamisa, “1997:144”

Dongeng ialah cerita yang dituturkan atau dituliskan yang bersifat hiburan dan biasanya tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan, dongeng merupakan suatu bentuk karya sastra yang ceritanya tidak benar-benar terjadi/fiktif yang bersifat menghibur dan terdapat ajaran moral yang terkandung dalam cerita dongeng tersebut.

Menurut Badrun “1983:29”

Dongeng ialah suatu cerita prosa hasil seni rakyat yang hidup subur dalam angan-angan masyarakat, impian dan sebuah kenyataan bercampur menjadi satu dalam dunia angan-angan.

Menurut Semi “1988:29”

Dongeng ialah biasanya menceritakan tentang sebuah asal mula suatu tempat atau suatu negeri atau mengenai suatu peristiwa-peristiwa yang aneh dan menakjubkan tentang kehidupan manusia atau binatang.

Menurut Trisna “2009:1”

Menurutnya dongeng merupakan cerita zaman dahulu.

Menurut Bascom

Dongeng ialah salah satu jenis prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi dan tidak terikat dengan waktu atau tempat.

Menurut Liberatus Tengsoe

Dongeng ialah cerita khayal yang kebenarannya sulit dipercaya karena disajikan hal-hal ajaib, aneh dan tidak masuk akal.

Menurut Charles Perrault

Dongeng ialah cerita pendek mengenai petualangan khayal dengan situasi dan tokoh-tokoh yang gaib dan luar biasa.

Menurut Depdiknas “2010:1”

Menurut Depdiknas menyatakan bahwa dongeng ialah suatu cerita yang sifatnya asli atau fakta.

Menurut Wikipedia

Dongeng merupakan bentuk sastra lama yang bercerita tentang suatu kejadian yang luar biasa yang penuh khayalan “fiksi” yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang, dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral “mendidik” dan juga menghibur.

Menurut KBBI

Dongeng ialah cerita yang tidak benar-benar terjadi “terutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh, perkataan “berita dsb” yang bukan-bukan atau tidak benar, uraian yang panjang itu dianggapnya hanya cerita belaka.

Menurut Basa Sunda

Dongeng nyaeta wangun karya sastra anu mangrupa carita dina basa lancaran anu eusina ngandung unsur pamohalan, teu asup akal.

Demikianlah pembahasan mengenai 14 Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: