16 Bagian Mata Manusia dan Fungsinya

16 Bagian Mata Manusia dan Fungsinya
1 (20%) 2 votes

Dosenpendidikan.Com Mata adalah salah satu indera manusia untuk berfungsi jika mendapat bantuan cahaya, oleh karena itu, mata sering disebut organ optimal yang mendeteksi cahaya dan termasuk salah satu alat optik alami.

Cara kerjanya mata yang paling sederhana hanya membedakan terang dan gelap, tetapi fungsi yang lebih kompleks untuk membedakan intensitas warna yang berbeda memberikan rasa visual.

Mata manusia memiliki cara otomatis bekerja sempurna, mata dibentuk oleh 40 unsur utama yang berbeda dan semua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat kerusakan atau tidak adanya bagian yang berfungsi dari itu akan membuat tidak mungkin mata bisa melihat. Lapisan tembus di depan mata adalah kornea, di sana di belakang pupil, fungsi pupil sendiri adalah untuk mengatur insensitas cahaya yang masuk mata.

Bagian Mata Manusia

Bagian Mata Manusia

Selain itu ada juga bagian dari pupil mata yang disebut iris, fungsinya adalah untuk memberi warna pada mata, iris juga dapat mengubah ukuran pupil secara otomatis sesuai dengan kekuatan cahaya yang masuk, dengan bantuan otot yang melekat padanya. Misalnya, ketika di tempat gelap untuk masuk pupil akan membesar cahaya sebanyak mungkin.

Bila daya meningkat cahaya, pupil akan menyusut untuk mengurangi cahaya yang masuk mata. Hal-hal yang mempengaruhi pembesaran pupil adalah iris.

12 Bagian Mata Manusia dan Fungsinya

Organ Mata Bagian Dalam:

1. Kornea (selaput bening)
Kornea atau korneos merupakan bagian dari bola mata yang terletak di depan dan tembus pandang. Sifat tembus pandang (transparan) memungkinkan cahaya untuk masuk dan mencapai layar yang berisi sel-sel yang menerima cahaya dalam bola mata.

Sisi luar kornea tertutup oleh air mata, sementara cairan berair yang terkandung di dalamnya. Kornea berfungsi untuk melindungi mata serta melakukan refraksi pada lensa mata. Kornea juga melayani menerima semua cahaya yang masuk ke mata.

2. Iris
Iris Merupakan bagian dari mata yang mengatur pupil besar kecilnya. Iris juga dapat memberi warna mata seperti hitam dan coklat kemerahan untuk orang asia, biru dan hijau untuk masyarakat Eropa dll.

3. Pupil
Pupil adalah sebuah lubang kecil di tengah iris yang mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam bola mata. Ketika cahaya terlalu terang, pupil akan lebih kecil, dan sebaliknya bila kurang cahaya (gelap) pupil akan melebar. pupil yang dibentuk oleh iris.

4. Lensa Mata
Lensa mata berfungsi untuk membentuk sebuah gambar pada retina. Untuk menjadi bayangan yang tepat terbentuk pada retina sehingga dapat dilihat dengan jelas. Untuk mengatur bayangan selalu jatuh pada retina, lensa dapat menebal dan menipis disesuaikan dengan jarak benda ke mata. Bayangan yang terbentuk pada retina adalah nyata, terbalik diperkecil.

5. Akomodasi otot
Fungsi akomodasi otot lensa yang menarik dan mendorong lensa mata dari mata yang dapat menebal dan menipis.

6. Retina
Retina adalah layar pada mata untuk menangkap bayangan yang dibentuk oleh lensa mata. Retina adalah bagian dari mata yang sensitif terhadap cahaya.

7. Bintik-bintik kuning
Bintik-bintik kuning adalah yang paling sensitif terhadap cahaya. Ketika bayangan sebuah benda jatuh pada bintik-bintik kuning objek akan terlihat sangat jelas.

8. Bintik Buta
Blind spot merupakan bagian yang tidak sensitif terhadap cahaya. Ketika bayangan benda jatuh tepat di blind spot, objek tidak terlihat oleh mata.

9. Saraf optik
Fungsi saraf ini untuk rangsangan cahaya yang datang dari retina ke otak. Pekerjaan sendiri adalah melanjutkan bahwa rangsangan cahaya ke otak. Saraf optik membawa semua informasi untuk diproses di otak. Pada akhirnya kita dapat melihat sebuah benda atau objek.

10. Aqueous humor
adalah cairan transparan yang menyerupai plasma berlendir, tetapi memiliki konsentrasi protein rendah. Cairan ini diproduksi oleh silia tubuh, struktur yang mendukung lensa.

11. Sklera
Merupakan bagian dari dinding putih mata. Rata-rata ketebalan 1 milimeter tetapi dalam otot irensi, menebal menjadi 3 milimeter.

12. Vitreous Humor
Sering disebut sebagai badan vitreous atau vitreous adalah gel yang mengisi ruang antara lensa dan retina di mata mata manusia atau vebrata lainnya.

Organ Bagian Luar Mata :

1. Bulu Mata
Berguna untuk menjaga mata dari benda asing yang akan masuk kedalam mata, seperti debu, pasir, dan lain-lain.

2. Alis
Berfungsi untuk menahan air keringat dari kening (dahi) yang jatuh dan masuk kedalam mata.

3. Kelopak mata
Kelopak mata terdiri dari tutup atas dan kelopak mata bawah. Bagian ini berfungsi untuk membuka dan menutup mata kita. Kelopak mata berfungsi untuk menjaga mata bagian depan bola mata dari benda asing dari luar. Benda-benda ini seperti debu, asap, dan goresan. Kelopak mata juga berfungsi untuk menyapu permukaan bola mata dengan cairan. Selain itu, untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk kemata.

4. Lakrima kelenjar
Kelenjar air mata (lakrima) fungsi Menghasilkan air mata untuk melembabkan mata beguna menjaga mata lembab, membersihkan mata dari debu dan membunuh kuman yang masuk ke mata.

Tengok Juga Ya Link Di Bawah Ini Artikel Bilogi Lainya :

Sahabat Dosenpendidikan.Com Itulah Ulasan Mengenai 16 Bagian Mata Manusia dan Fungsinya Semoga Berguna Buat Sahabat Dosenpendidikan.Com 😀