17 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap

17 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

DosenPendidikan.Com – Puisi merupakan sebuah bentuk karya sastra yang mengungkapkan suatu pikiran serta perasaan dari penyair dan secara imajinatif serta disusun dengan mengonsentrasikan sebuah kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian suatu struktur fisik serta struktur batinnya.

17 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Puisi ialah seni tertulis yang menggunakan bahasa sebagai kyualitas estetiknya “keindahan”, puisi dibagi menjadi dua yaitu puisi lama dan puisi baru. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian puisi berikut ini ada beberapa pengertian puisi menurut para ahli, kalau begitu simak saja ulasan dibawah ini.

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengerian puisi menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut H.B. Jassin

Menurut H.B. Jassin menyatakan bahwa puisi ialah sebuah pengucapan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung sebuah fikiran-fikiran dan tanggapan-tanggapan.

Menurut Ralph Waldo Emerson

Menurut Ralph Waldo Emerson menyatakan bahwa puisi ialah mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata yang sedikit mungkin.

Menurut Waluyo

Menurut Waluyo menyatakan bahwa puisi ialah sebuah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat dan diberi irama dengan bunyi yang padu dan pemilihan sebuah kata-kata kias “imajinatif”.

Menurut Edwin Arlinton Robinson

Menurut Edwin Arlington Robinson menyetakan bahwa puisi ialah suatu bahasa yang menyampaikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan, tidak perkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.

Menurut Muhammad Hj. Salleh

Menurut Muhammad Hj. Salleh menyatakan bahwa puisi ialah suatu bentuk sastra yang kental dengan music bahasa serta suatu kebijaksanaan penyair dan tradisinya, dalam hal ini segala kekentalan itu, maka puisi setelah dibaca akan menjadikan kita lebih bijaksana.

Menurut Usman Awang

Menurut Usman Awang menyatakan bahwa puisi ialah bukanlah sebuah nyinyian orang putus as yang mencari sebuah ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.

Menurut Sastra Sudjiman

Menurut kamus istilah sastra sudjiman menyatakan bahwa puisi ialah sebuah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh sebuah irama, matra, rima serta sesuatu penyusunan larik dan bait.

Menurut Watt-Dunton

Menurut Watt-Dunton menyatakan bahwa puisi ialah sebuah ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari suatu pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

Menurut Herman J. Waluyo

Menurut Herman J. Waluyo menyatakan bahwa puisi ialah sebuah bentuk karya sastra yang mengungkapkan suatu pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan struktur batinya.

Menurut Djoko Pradopo

Menurut Djoko Pradopo menyatakan bahwa puisi ialah sebuah hasil aktivitas pemadatan, yaitu suatu proses penciptaan dengan cara menangkap kesan-kesan lalu memadatkannya “kondensasi”.

Menurut Pradopo

Menurut Pradopo menyatakan bahwa puisi ialah suatu aktivitas yang bersifat pencurahan jiwa yang padat, yang bersifat sugestif dan asosiatif.

Menurut John Keats

Menurut John Keats menyatakan bahwa puisi ialah sebuah usaha untuk membaca indah dari membayangkan sebuah narasi proses pemikiran atau logis. Dia tidak menyirakan sebuah puisi yang tidak masuks akal atau tidak mempunyai narasi.

Menurut Putu Arya Tirtawirya

Mengatakan bahwa puisi merupakan ungkapan secara implisit dan samar dengan makna yang tersirat, dimana kata-katanya condong pada makna konotatif.

Menurut Matthew Arnold

Menyatakan bahwa puisi ialah satu-satunya cara yang paling indah, impresif, dan yang paling efektif untuk mendendangkan sesuatu.

Menurut Burhan Nurgiyantoro

Mengungkapkan bahwa puisi merupakan genre sastra yang sangat memperhatikan pemilihan aspek kebahasaan, efek keindahan dari puisi diperoleh dari pemilihan bahasa terutama aspek diksi yang menyangkut unsur bunyi, bentuk dan makna puisi.

Menurut Aminuddin

Puisi diartikan membuat dan pembuatan karena lewat puisi pada dasarnya seorang telah menciptakan suatu dunia tersendiri, yang mungkin berisi pesan atau gambaran suasana-suasana tertentu, baik fisik maupun batiniah.

Menurut Tarigan

Kata puisi berasal dari bahasa Yunani “Poesis” yang berarti penciptaan. Dalam bahasa inggris di sebut dengan “Poetry” artinya puisi, poet artinya penyair, poem berarti syair atau sajak. Arti yang semacam ini lama-kelamaan dipersempit ruang lingkupnya menjadi “hasil seni sastra yang kata-katanya disusun menurut syarat tertentu dengan menggunakan irama sajak dan kata-kata kiasan”.

Demikianlah pembahasan mengenai 17 Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: