20 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap

20 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

20 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap

DosenPendidikan.Com – Teori merupakan sebuah sistem konsep abstrak yang mengindikasikan adanya hubungan diantara konsep-konsep tersebut yang membantu kita memahami sebuah fenomena. Yang sehingga dapat dikatakan bahwa suatu teori ialah suatu kerangka kerja konseptual untuk mengatur pengetahuan dan menyediakan suatu cetak biru untuk melakukan beberapa tindakan selanjutnya.

Tiga hal yang perlu diperhatikan apabila kita ingin mengenal lebih lanjut tentang teori ialah, Teori merupakan suatu proporsi yang terdiri dari konstrak yang sudah didefinisikan secara luas sesuai dengan hubungan unsur-unsur dalam proporsi tersebut secara jelas. Teori juga menjelaskan hubungan antara variable sehingga pandangan yang sistematik dari fenomena yang diterangkan variable-variable tersebut dapat jelas. Teori menerangkan fenomena dengan cara menspesifikasikan variable yang saling berhubungan.

Pengertian Teori Menurut Para Ahli

Adapun pengertian teori menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut Jonathan H. Turner

Teori merupakan proses mengembangkan ide-ide yang membantu kita menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi.

Menurut Ismaun

Teori merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan substantif tentang keteraturan.

Menurut Littlejohn Dan Karen Foss

Teori merupakan sebuah sistem konsep-konsep abstrak dan hubungan dari konsep yang membantu kita untuk memahami fenomena.

Menurut Nazir

Teori merupakan opini diajukan sebagai penjelasan dari suatu peristiwa atau kejadian.

Menurut Kerlinger

Teori merupakan sebuah konsep yang berhubungan satu sama lain yang berisi pandangan sistematis fenomena.

Menurut Stevens

Teori merupakan pernyataan yang isinya menyebabkan atau ciri beberapa fenomena.

Menurut Manning

Teori merupakan seperangkat asumsi dan kesimpulan logis yang mengaitkan satu set variable satu salam lain. Teori akan menghasilkan prediksi yang dapat dibandingkan dengan pola yang diamati.

Menurut Fawcett

Teori merupakan deskripsi dari fenomena tertentu, penjelasan tentang hubungan antara fenomena atau prediksi tentang penyebab dan konsekuensi dari fenomena-fenomena lainnya.

Menurut Travers

Terdiri dari teori generalisasi dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena dan generalisasi harus prediktif. Teori terdiri dari generalisasi dimaksudkan untuk menjalaskan dan memprediksi fenomena.

Menurut Gardner Linzey

Sebuah teori ialah hipotesis “dugaan sementara” yang belum terbukti atau spekulasi tentang fakta bahwa itu ialah tidak pasti.

Menurt Emory-Cooper

Teori merupakan seperangkat konsep, definisi, proposisi dan variable yang berhubungan satu sama lain secara sistematis dan memiliki umum sehingga mereka dapat menjelaskan dan memprediksi fenomena “fakta” tertentu.

Menurut Calvin S. Hall

Sebuah teori ialah hipotesis “dugaan sementara” yang belum terbukti atau spekulasi tentang fakta bahwa itu ialah tidak pasti.

Menurut Kneller

Teori pertama memiliki dua makna, bahwa itu ialah teori empiris, dalam arti bahwa sebagai hasil pengujian hipotesis dengan observasi dan eksprimen.

Menurut King

Teori merupakan sekumpulan konsep yang ketika dijelaskan memiliki hubungan dan dapat diamati dalam dunia nyata.

Menurut Siswoyo “Dalam Mardalis, 2003:42”

Teori diartikan sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan suatu pandangan sistematik mengenai fenomena dengan menerangkan hubungan antar variable, dengan tujuan untuk menerangkan dan meramalkan fenomena.

Menurut Hoy Dan Miskel “Dalam Sugiyono, 2010:55”

Teori ialah seperangkat konsep, asumsi dan generalisasi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan dan menjelaskan perilaku dalam berbagai organisasi.

Menurut Mike Bal “1985”

Teori merupakan “a theory is a systematic set of generalized statements about a particular segment of reality”.

Menurut Heinan “1985”

Teori merupakan ” a group of logically organized laws or relationships that constitute explainnation in a discipline”.

Menurut John W Creswell, Research Design, Qualitative & Quantitative Approach “London, sage ‘1993:120”

Teori merupakan serangkain bagian atau variabel definsi dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variable, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah.

Menurut Bukunya Erwan & Dyah “2007”

Teori menurut definisinya ialah serangkaian konsep yang memiliki hubungan sistematis untuk menjelaskan suatu fenomena sosial tertentu. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa teori merupakan salah satu hal yang paling fundamental yang harus dipahami seorang peneliti ketika ia melakukan penelitian karena dari teori-teori yang ada peneliti dapat menemukan dan merumuskan permasalahan sosial yang diamatinya secara sistematis untuk selanjutnya dikembangkan dalam bentuk hipotesis-hipotesis penelitian.

Demikianlah pembahasan mengenai 20 Pengertian Teori Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: