21 Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli Terlengkap

21 Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

21 Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli Terlengkap

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini di kehidupan sehari-hari, istilan pembangunan sangat sering sekali digunakan dalam berbagai bidang. Pembangunan sering kali dikait-kaitkan dengan bidang ekonomi, bidang politik, mental, tata negara dan bidang-bidang lainnya. Dalam istilah ini sering kali dikait-kaitkan dengan perubahan ke arah yang lebih baik ataupun perubahan hal-hal lama ke berbagai hal yang baru.

Untuk hal demikian ini lantas apa sih sebenarnya pembangunan itu..??? Secara singkatnya, pembangubab dapat diartikan sebagai setipa kegiatan terencana yang dilakukan demiki mendapatkan suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Dan selain pengertian di atas ada banyak sekali pengertian dari kata pembangunan yang diungkapkan oleh para ahli. Kalau begitu simak saja ulasan dibawah ini.

Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian menurut para ahli mengenai pembangunan yang diantaranya yaitu:

Menurut Riyadi Dan Deddy Supriyadi Bratakusumah “2005”

istilah pembangunan bisa saja diartikan berbeda oleh satu orang dengan orang lain, daerah yang satu dengan daerah yang lainnya, negara satu dengan negara lain. Namun secara umum ada suatu kesepakatan bahwa pembangunan merupakan proses untuk melakukan perubahan.

Menurut Siagian “1994”

Menurutnya suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa “nation building”.

Menurut Ginanjar Kartasasmita “1994”

Memberikan pengertian yang lebih sederhana yaitu sebagai “suatu proses perubahan ke arah yang lebih baik melalui upaya yang dilakukan secara terencana.

Menurut Alexander “1994”

Pembangunan “development” ialah proses perubahan yang mencakup seluruh system sosial, seperti politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan dan budaya.

Menurut Portes “1976”

Menurutnya pembangunan sebagai transformasi ekonomi, sosial dan budaya.

Menurut Deddy T. Tikson “2005”

Bahwa pembangunan nasional dapat pula diartikan sebagai transformasi ekonomi, sosial dan budaya secara sengaja melalui kebijakan dan strategi menuju arah yang diinginkan.

Menurut Sukirno “1995:13”

Sedangkan dalam pengertian ekonomi murni, pembangunan ialah suatu usaha proses yang menyebabkan pendapatan perkapita masyarakat meningkat dalam jangka panjang.

Menurut Rogers

Suatu proses perubahan sosial dengan partisipatori yang lauas dalam suatu masyarkat yang dimaksudkan untuk kemajuan sosial dan material “termasuk bertambah besarnya kebebasan, keadilan dan kualitas lainnya yang dihargai” untuk mayoritas rakyat melalui kontrol yang lebih besar yang mereka peroleh terhadap lingkungan mereka.

Menurut Inayatullah

Menurutnya pembangunan ialah perubahan menuju pola-pola masyarakat yang memungkinkan realisasi yang lebih baik dari nilai-nilai kemanusian yang memungkinkan suatu masyarakat mempunyai kontrol yang lebih besar terhadap lingkungan dan terhadap tujuan politiknya dan yang memungkinkan pada warganya memperoleh kontrol yang lebih terhadap diri mereka sendiri.

Menurut Shoemaker

Menurutnya pembangunan merupakan suatu jenis perubahan sosial dimana ide-ide baru diperkenalkan kepada suatu sistem sosial untuk menghasilkan pendapatan perkapita dan tingkat kehidupan yang lebih tinggi melalui metode produksi yang labih modernisasi pada tingkat sistem sosial.

Menurut Kleinjans

Menurutnya pembangunan ialah suatu proses pencapian pengetahuan dan keterampilan baru, perluasan wawasan manusia, tumbuhnya suatu kesadaran baru, meningkatnya semangat kemanusian dan suntikan kepercayaan diri.

Menurut Mohammad Ali

Menurutnya pembangunan merupakan setiap upaya yang dikerjakan secara terencana untuk melaksanakan perubahan yang memiliki tujuan utama untuk memperbaiki dan menaikan taraf hidup, kesejahteraan dan kualitas manusia.

Menurut Seers

Menurutnya pembangunan dapat dipastikan sebagai sebuah istilah teknik yaitu seni dalam membangitkan masyarakat di berbagai negara berkembang dari kemiskinan, tingkat melek huruf yang rendah, tingginya angka pengangguran da ketidakadilan dalam bidang sosial.

Menurut Rogers Dan Shoemaker

Menurutnya pembangunan merupakan suatu jenis perubahan sosial yang mana terdapat berbagai ide baru yang diperkenalkan di sebuah sistem sosial yang bertujuan agar bisa menghasilkan pendapatan per kapita dan level kehidupan yang lebih baik dengan menggunakan metode produski yang lebih canggih dan organisasi sosial yang lebih terarah.

Menurut Drs. Joko Untoro

Menurutnya pembangunan merupakan pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan di dalam stuktur ekonomi dan pola kegiatan ekonomi atau[un upaya menaikkan pendapatan per kapita.

Menurut H. Hoed

Menurutnya pembangunan dapat diartikan setiap upaya sistematis yang dilaksanakan untuk melepaskan diri dari ketertinggalan dan upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Menurut Dissaynake

Menurutnya pembangunan merupakan sebagai sebuah proses menuju perubahan sosial yang mengarah ke kualitas hidup yang lebih baik dari seluruh ataupun mayoritas masyarakat tanpa merusaka lingkungan ataupun budaya/kultur lingkungan mereka dan berusaha melibatkan sebanyak mungkin anggota masyarakat dalam usaha ini, serta membuat mereka menjadi penentu untuk tujuan mereka sendiri.

Menurut Fakih “2001:10”

Umumnya orang beranggapan bahwa pembangunan adalah kata benda netral yang maksudnya adalah suatu kata yang digunakan untuk menjelaskan proses dan usaha yang meningkatkan kehidupan ekonomi, politik, budaya, infrastruktur masyarakat dan sebagainya.

Menurut Galtung “Dalam Trijono, 2007:3”

Pembangunan merupakan upaya untuk memenuhan kebutuhan dasar manusia, baik secara individual maupun kelompok, dengan cara-cara yang tidak menimbulkan kerusaka, baik terhadap kehidupan sosial maupun lingkungan alam.

Menurut Katz “Dalam Yuwono, 2001:47”

Mengatakan pembangunan yang besar dari suatu keadaan tertentu ke keadaan yang dipandang lebih bernilai “pada umumnya tujuan-tujuan pembangunan ialah pembinaan bangsa “national building” atau perkembangan sosial ekonomi. Maka untuk mencapai pembangunan yang telah dicangkan selama ini bahwa dapat berjalan sesuai harapan bersama bahwa kepentingan kesejahteraan manusia menjadi fokus sentral dari pembangunan dimana pelaksanaan pembangunan masyarakatlah yang menentukan tujuan, sumber-sumber pengawasan dan pengarahan proses-proses pelaksanaan pembangunan.

Menurut Effendi “2002:2”

Menurutnya pembangunan ialah suatu upaya meningkatkan segenap sumber daya yang dilakukan secara berencana dan berkelanjutan dengan prinsip daya guna yang merata dan berkeadilan. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa pembangunan berorientasi pada pembangunan masyarakat, dimana pendidikan menempati posisi yang utama dengan tujuan untuk membuka wawasan dan kesadaran warga akan arah dan cita-cita yang lebih baik.

Demikianlah pembahasan mengenai 21 Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: