Lompat tinggi
Lompat tinggi

4 Macam Olahraga Lompat Yang Di Lombakan Dalam Olimpiade

Posted on

4 Macam Olahraga Lompat Yang Di Lombakan Dalam Olimpiade – Olahraga lompart merupakan salah satu cabang olahraga olimpiade yang di jadikan ajang pertandingan antar atlet dimana semua peserta melakukan lompatan sesuai kemampuan dan dapat mengalahkan lawan-lawanya. Olahraga lompat yang umum di adakan meliputi : lompat tinggi, lompat jauh, lompat galah, dan lompat jangkit.

Berikut Adalah Olahraga Lompat Yang Umum Di Lombakan 

Lompat Tinggi (high jump)

Lompat tinggi adalah olahraga yang menguji keterampilan untuk melompat ke melewati palang tiang. Lompat tinggi adalah salah satu cabang atletik. Tujuan dari latihan ini untuk mendapatkan melompat setinggi melewati bar dengan tiang tinggi tertentu. Tinggi palang harus lulus minimal 2,5 meter, sedangkan panjang bar minimal 3,15 meter. Lompat tinggi dilakukan di arena lapangan atletik. Lompat tinggi dilakukan tanpa bantuan dari alat.

Lompat tinggi
Lompat tinggi

Dalam pertandingan, mistar akan dinaikkan setelah peserta berhasil melewati ketinggian mistar. Peserta mestilah melonjak dengan sebelah kaki Peserta boleh mulai melompat di mana-mana ketinggian permulaan yang disukainya Sesuatu lompatan akan dikira batal jika peserta menyentuh palang dan tidak melompat.

Menjatuhkan palang semasa membuat lompatan atau menyentuh kawasan mendarat apabila tidak berjaya melompat Peserta yang gagal melompat melintasi palang sebanyak tiga kali bertutrut-turut (tanpa di ambil kira di aras mana kegagalan itu berlaku) akan terkeluar daripada pertandinga Seseorang peserta berhak meneruskan lompatan.

Walaupun semua peserta lain gagal sehingga dia tidak dapat menuruskannya lagi mengikut peraturan Ketinggian lompatan di ukur secara menegak dari aras tanah hingga bahagian tengah disebelah atas padang.Setiap peserta akan diberi peluang sebanyak tiga kali untuk melakukan lompatan.

Jika peserta tidak berhasil melewati mistar sebanyak tiga kali berturut-turut, dia dinyatakan gagal. Untuk menentukan kemenangan, para peserta harus berusaha melompat setinggi mungkin yang dapat dilakukan. Pemenang ditentukan dengan lompatan tertinggi yang dilewati.

Sarana dan prasarana lompat tinggi

  • Untuk Awalan a) Daerah awalan panjangnya. tidak terbatas minimum 15 m b) Daerah tumpuan harus datar dan tingkat kemiringanya 1 : 100.
  • Tiang Lompat Tiang lompat harus kuat dan kukuh,dapat terbuat dari apa saja asal kuat dan kukuh.jarak kedua tiang tersebut adalah 3,98 – 4,02 m.
  • Bilah Lompat Terbuat dari kayu,metal atau bahan lain yang sesuai dengan : a) Panjang mistar lompat 3,98 – 4,02 m dan berat maksimal mistar adalah 2,00 kg b) Garis tengah mistar antara 2,50 – 3,00 m, dengan penampang mistar terbentuk bulat dan permukaannya harus datar dengan ukuran 3cm x 15 cm x 20 cm c) Lebar penopang bilah 4 cm dan panjang 6 cm.
  • Tempat Pendaratan Tempat pendaratan tidak boleh kurang dari 3 x 5 m yang terbuat dari busa dengan ketinggian 60 cm dan di atasnya ditutupi oleh matras yang tebalnya 10 – 20 cm.

Lompat jauh (long jump)

Lompat jauh adalah sejenis olahraga di mana satu atlet mencoba untuk melompat dan mendarat sejauh Mungkin dari tempat pertama melompat. Mereka melompat sejauh yang mungkin menginjak-injak lewat di papan kayu pertama, untuk bagian yang diisi dengan pasir atau tanah yang bertindak untuk menyerap melompat serta penanda jatuh. Jarak minimum dari papan dengan tanda yang dibuat oleh atlet di atas pasir yang diukur.

Lompat Jauh
Lompat Jauh

Jika seseorang dimulai di mana-mana melompat dengan kaki di bagian depan atau melebihi papan (satu lapisan tanah liat diletakkan tepat di depan papan untuk mengesan akurasi ini), melompat diisytiharkan salah atau dibatalkan dan tidak ada jarak akan direkodkan.

Format nyata game ini berbeda, tetapi amnya peserta akan menerima beberapa kali cubaan untuk membuat lompatan dan hanya melompat terpanjang akan salah untuk keputusan. Peserta dengan lompatan paling sah pergi di akhir pertandingan akan dihitung sebagai juara.

Lompat Galah (pole vault)

Lompat Galah adalah olahraga yang bertujuan untuk melompati bar pada ketinggian tertentu dengan bantuan tiang. Tiang ini terbuat dari fiber dengan fleksibilitas yang disesuaikan dengan berat jumper yang akan melenting baik dan tidak pecah jika digunakan.

Lompat galah
Lompat galah

Saat melakukan lompat galah: jumper dituntut untuk menguasai teknik lompat galah dan gerakan. Teknik-teknik tersebut meliputi avvalan, gerakan pasang tiang, berayun dan menggantung, menarik dan rotasi (Tarik dan Turn), serta gerakan melentingkan diri (push-off) dan di bar.

Lompat galah berbeda dari jenis lain melompat atletik untuk menggunakan bantuan, yaitu tiang. Atlet harus memiliki keterampilan khusus dan tubuh yang proporsional dengan tinggi dan berat badan telah ditentukan. Persyaratan yang harus dimiliki oleh para atlet olahraga ne stamina, saraf yang kuat, pengalaman, dan taktik.

Sederhananya, lompat galah terdiri dari tiga tahap.

  • Tahap pertama adalah awalan, yang dijalankan sebagai progresif dan dikontrol dengan tiang dengan kedua tangan secara terpisah.
  • Tahap kedua adalah embedding dan tiang tolakan kaki. Tahap ini dimulai dengan kotak lompat galah terhubung ke cepat tolakan gerak dan kaki.
  • Tahap ketiga adalah tahap melayang di udara. Tahap ini adalah ketika atlet melayang di udara dengan menggunakan tiang yang telah terpasang.

Lompat Jangkit (Triple jump)

Lompat jangkit telah menjadi bagian dari pertama peristiwa Olimpiade modern, yaitu pada tahun 1896. Langsung menular memiliki kesamaan dengan lompat jauh. Bedanya, ancang-ancang dalam lompat ganda dilakukan dengan tiga kali lompatan. Oleh karena itu, sering juga disebut lompat ganda atau triple melompat tiga melompat.

Lompat Jangkit
Lompat Jangkit

Gerakan tiga melompat memproyeksikan pusat gravitasi tubuh jumper di udara ke arah depan, melalui tiga tahap melompat atau alas, yaitu Hop-Langkah-Jump. Teknik yang biasa digunakan dalam melompat jangkin di antara awalan, Gerakan Hop, gerak langkah, dan gerakan Landed (Langsung).

Dalam lompat jangkit, ada tiga jenis jumper, termasuk jumper datar, jumper alami, dan jumper curam. Penekanan jumper datar pada pertama melangkah lengan datar dan kiri dan kanan berayun menuju berlavvanan. Pada jumper curam, saattolakan untuk bergerak, kiri dan lengan kanan mengayunkan jumper menuju sama. sedangkan jumper alami, urutan fase saat melakukan melompat lebih tinggi, yaitu ketika tenang, langkah, dan melompat.

Jenis jumper dapat dipilih dan disesuaikan dengan kecepatan, kekuatan, dan pengalaman jumper. Dalam jenis ini melompat atletik, dibutuhkan kekuatan yang lebih besar karena jumper harus melakukan tiga melompat berturut-turut.

Visit Juga :

Demikian Ulasan Tentang 4 Macam Olahraga Lompat Yang Di Lombakan Dalam Olimpiade Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Sahabat Setia DosenPendidikan.Com Amin … 😀


loading...