5 Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli

Rate this post

5 Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli – Sistem hukum di Indonesia merupakan campuran dari hukum Eropa, hukum agama, dan hukum adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik hukum perdata dan pidana berdasarkan Eropa, dan juga dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia, koloni yang disebut Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie).

Hukum agama karena mayoritas masyarakat Indonesia untuk Islam, dominasi hukum atau hukum Islam lebih khususnya di bidang pernikahan, keluarga, dan warisan. Disisilain juga, di Indonesia berlaku sistem hukum adat diserap dalam undang-undang atau hukum, yang merupakan kelanjutan dari aturan lokal masyarakat dan budaya yang ada di Nusantara.

Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara

Hukum Tata Negara adalah hukum yang mengatur negara, antara instansi dasar lainnya, struktur kelembagaan, pembentukan lembaga-lembaga negara, hubungan hukum (hak dan kewajiban) antara negara lembaga, wilayah dan warga negara.

Hukum konstitusi yang mengatur negara dalam keadaan istirahat berarti bukan tentang keadaan sebenarnya dari suatu negara tertentu (sistem pemerintahan, sistem pemilu, dll dari negara tertentu) tetapi lebih pada negara dalam arti yang luas. Hukum negara membahas dalam arti yang abstrak.

Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli

  • Menurut Van Vollenhoven

Berpendapat bahvva pengaturan hukum tata negara mengacu pada tingkatan sosial masyarakatnya. Agar kebijakan hukum yang dibuat sesuai dengan lingkungan masyarakatnya.

  • Menurut Van der Pot

Pengertian hukum tata negara menurutnya adalah hal yang mengatur suatu badan organisasi dengan badan organisasi lainnya, berikut juga dengan wewenang dan hubungan antarmasing-masing individu.

  • Menurut A.V Dicey

Hukum tata negara baginya merupakan hukum tertinggi pada suatu negara. Karena hukum ini mengatur pembagiaan kekuasaan dan tugas yang harus diemban masing- masing individu untuk meninggikan sebuah negara.

  • Menurut Scholten.

Dia memandang hukum tata negara sebagai sebuah hukum yang selain mengatur organisasi sebuah negara juga mengatur hak, hubungan, kevvajiban yang dimiliki oleh masing-masing anggota organisasi tersebut.

  • Menurut Maurice Duverger

Pada dasarnya, Maurice berpendapat sama mengenai pengertian tata hukum negara, yang membedakan adalah Maurice menganggap bahwa hukum tata negara merupakan salah satu cabang dari hukum privat.

Suber Hukum Tata Negara

Sumber hukum pengetian bermacam-macam tergantung pada di mana kita melihanya sudat. Namun, seperti deskripsi berikut dari dua ahli hukum berikut sebagai gambaran dari sumber-sumber hukum. Memahami Sumber Hukum Menurut Sudikno Mertokusumo, yaitu:

  • Menunjukkan yang memberi materi kepada hukum yang ada, seperti hukum Perancis, hukum Romawi dan lain-lain.
  • Sebagai prinsip hukum sebagai hukum yang awal, misalnya, kehendak Allah, pikiran manusia, poni jiwa, dan sebagainya. hukum sebelumnya.
  • Sebagai sumber berlakunya, yang memberi kekuatan berlaku secara formal kepada aturan hukum (penguasa atau masyarakat.
  • Sebagai sumber hukum di mana kita dapat mengenali hukum tersebut; dokumen, undang-undang, papirus, batu tulis, dan sebagainya.
  • Sebagai sumber hukum atau menimbulkan sumber hukum. Sementara itu, menurut sumber-sumber hukum Joeniarto yang dapat dibagi menjadi:
    • Sumber hukum dalam arti bahwa sebagai asal dari hukum positif, wujudnya dalam bentuk bentuk konkret dari keputusan pihak berwenang.
    • Sumber hukum dalam arti bahwa sebagai penemuan aturan dan ketentuan hukum positif. Baik tertulis atau tidak tertulis.
    • Sumber hukum terhubung dengan filsafat, sejarah, dan masyarakat. Kami mendapatkan sumber hukum filosofis historis dan sosiologis.

Simak Juga Ya Link Di Bawah Untuk Artikel Lainya :

Demikian Pembahasan Tentang 5 Pengertian Hukum Tata Negara Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀