6 Pengertian Hukum Pajak Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya

Posted on
6 Pengertian Hukum Pajak Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya
Rate this post

6 Pengertian Hukum Pajak Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini hukum pajak disebut juga dengan hukum fiscal yang berarti ialah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang meliputi wewenang pemerintah untuk mengambil kekayaan seseorang dan menyerahkannya kembali kepada masyarakat melalui kas negara.

Hukum pajak merupakan anak bagian dari hukum administrative, meskipun ada yang menghendaki agar hukum pajak diberikan tempat tersendiri di samping hukum administratif yang diartikan sebagai otonomi hukum pajak karena hukum pajak mempunyai tugas yang bersifat lain dari pada hukum administrative yakni hukum pajak dipergunakan juga sebagai alat untuk menentukan politik perekonomian, selain itu hukum pajak pada umumnya mempunyai tata tertib dan istilah tersendiri untuk lapangan pekerjaannya.

Pengertian Hukum Pajak Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian hukum pajak menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut Santoso Brotodihardjo, “1995:1”

Hukum pajak atau dikenal juag sebagai hukum fiskal merupakan aturan yang meliputi wewenang atau hak pemerintah untuk mengambil kekayaan dari seseorang dan kemudian memberikannya lagi ke masyarakat dengan cara melalui kas negara. Hukum pajak ialah bagian dari hukum publik yang dimana mengatur hubungan-hubungan orang atau badan hukum dengan negara yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak atau dikenal dengan wajib pajak.

Menurut Bohari “2004:29”

Hukum fiskal atau hukum pajak merupakan kumpulan dari peraturan yang dimana mengatur hubungan rakyat selaku pembayaran pajak dan pemerintah selaku pemungut dari pajak.

Menurut Dr. Soeparman Soehamidjaja

Hukum pajak merupakan hukum yang mengatur masalah perpajakan, dimana pajak tersebut yang akan meringankan biaya produksi barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.

Menurut Rochmat Soemitro “1979:24-25”

Hukum fiskal atau hukum pajak merupakan kumpulan dari aturan atau peraturan yang mengatur hubungan antara rakyat selaku pembayar pajak dengan pemerintah selaku pihak pemungut pajak.

Menurut Erly Suandy “2000:13”

Hukum fiskal atau hukum pajak merupakan peraturan yang mengatur hubungan antara rakyat selaku wajib pajak “pembayar pajak” dengan penguasa atau pemerintah selaku pihak pemungut rakyat. Dan hukum pajak ialah bagian dari hkm publik.

Menurut Hartono Hadisoeprapto

Hukum pajak merupakan serangkaian peraturan-peraturan yang mengatur bagaimana pajak itu dipungut serta atas keadaan-keadaan atau peristiwa-peristiwa apa pajak itu dikenakan dan berapa besarnya pajak yang harus dipungut.

Fungsi Hukum Pajak

Hukum pajak juga memiliki berbagai fungsi yang berdasar pada azas-azas yang bertujuan utama menyejahterakan penduduknya. Adapun fungsi hukum pajak yang diantaranya yaitu:

  • Hukum pajak yaitu sebagai acuan dalam menciptakan sistem pemungutan pajak yang harus memenuhi syarat keadilan, efisien dan sederhana sejelas-jelasnya dalam undang-undang hukum pajak itu sendiri.
  • Sebagai sumber yang menerangkan tentang mana dan siapa subjek maupun objek yang perlu dan tidak perlu dijadikan sumber pemungutan pajak yang berfungsi untuk meningkatkan potensi pajak di negara ini.

Demikianlah pembahasan mengenai 6 Pengertian Hukum Pajak Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...