Komunitas
Komunitas

6 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Posted on
6 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli
4.7 (93.33%) 3 votes

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam masyarakat manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, mengumbar dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari communitas Latin yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.

Komunitas
Komunitas

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Menurut Crow and Allan, Komunitas dapat dibagi menjadi tiga komponen :

Berdasarkan lokasi atau tempat

Daerah atau tempat komunitas dapat dilihat sebagai tempat di mana sekelompok orang memiliki sesuatu yang sama secara geografis. Dan mengenal satu sama lain sehingga menciptakan interaksi dan berkontribusi terhadap lingkungan.

Berdasarkan Minat

Sekelompok orang yang membentuk komunitas karena mereka memiliki kepentingan yang sama dan kepentingan, seperti agama, pekerjaan, suku, ras, hobi atau berdasarkan gangguan seksual.

Kepentingan berbasis masyarakat memiliki jumlah terbesar karena mencakup berbagai aspek, untuk pecinta animasi misalnya masyarakat dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan animasi, seperti menggambar, mengumpulkan action figure atau film.

Berdasarkan Komuni

Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung masyarakat itu sendiri.

Secara umum, definisi komunitas adalah pertemuan dari beberapa orang untuk membentu sebuah organisasi yang memiliki kepentingan bersama.

Komunitas dapat berupa wilayah atau fungsional. Selain komunitas istilah dapat merujuk pada arti penduduk di kota, desa atau bahkan negara. Seperti kita ketahui penduduk perkotaan juga memiliki tujuan yang sama yaitu untuk dapat tinggal dan hidup di kota.

Berbicara secara umum tentang masyarakat kita hidup beripikiran bahwa masyarakat adalah sekelompok orang yang berkumpul karena mereka memiliki visi dan misi yang sama. Beberapa ahli juga berbicara rasa mengernai masyarakat. Pertimbangkan penuturan para ahli berikut:

Menurut George Hillery Jr.

Komunitas adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah dan memiliki hubungan untuk berinteraksi dengan satu sama lain.

Menurut Christensson dan Robinson

Menurut kami, Komunitas adalah orang-orang yang tinggal di darah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di sana dan daerah tempat tinggal.

Menurut Fairi

Komunitas adalah hasil dari pertemuan masyarakat dalam jumlah kecil dan terlibat di tempat yang ditunjuk.

Menurut Zakapedia

Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang berinteraksi dan saling mempengaruhi. Komunitas memiliki tingkat integrasi yang lebih kompleks daripada individu dan populasi. Dalam masyarakat, semua organisme merupakan bagian dari masyarakat dan antarkomponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksi mereka.

Tempat hewan atau tumbuhan yang disebut habitat. Aktivitas organisme dalam pemanfaatan sumber daya alam dan bagaimana sumber daya dan bagaimana organisme alami mempengaruhi organisme lain, berkaitan dengan niche atau ceruk. Ekologi Charles Elton menjelaskan relung ekologis dari suatu organisme sebagai jabatan fungsional di masyarakat.

Menurut Vanina Delobelle

Komunitas merupakan sarana berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan bersama, komunitas yang dibentuk oleh empat faktor:

  • Keinginan untuk berbagi dan berkomunikasi di antara anggota sesuai dengan kepentingan bersama
  • Basecamp atau wilayah di mana mereka biasanya berkumpul
  • Berdasarkan kebiasaan di antara anggota yang selalu hadir
Sumber : https://id.wikipedia.org/ & http://www.duniapelajar.com/

Demikian Pembahasan Tentang 6 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

loading...