Teknologi Informasi
Teknologi Informasi

6 Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Posted on
Rate this post

6 Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli – Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Information technology (TI) adalah istilah umum untuk setiap teknologi yang membantu orang untuk membuat, memodifikasi, menyimpan, berkomunikasi dan / atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi berkecepatan tinggi dan komunikasi data, suara, dan video. Contoh Teknologi Informasi bukan hanya komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan perangkat genggam modern misalnya ponsel. Seperti Halnya Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Teknologi Informasi
Teknologi Informasi

Dalam konteks bisnis, Association of America Teknologi Informasi menjelaskan :

Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik dengan kombinasi mikroelektronika berbasis komputasi dan telekomunikasi. Istilah ini muncul dalam pengertian modern pertama kali dalam sebuah tulisan 1958 yang diterbitkan dalam “Harvard Business Review”, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa “teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa daerah modern dan muncul teknologi informasi adalah teknologi web generasi berikutnya, bioinformatika, ‘, sistem informasi global, basis pengetahuan skala besar (Cloud Computing), dan lain-lain.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli :

1. Menurut Haaq dan Keen

Satu set alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2. Menurut Martin

Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

3. Mc Keown

Pada tahun 2001 Mc Keown mendefinisikan Teknologi Informasi merujuk pada segala bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.

4. Williams dan Sawyer

Pada tahun 2003 Williams dan Sawyer mendefinisikan Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. William dan Sawyer memberikan pemahaman tentang TI adalah kombinasi dari komputer yang berhubungan dengan saluran komunikasi dengan transmisi data kecepatan tinggi, baik dalam bentuk teks, audio dan video. Data dalam bentuk multimedia yang ditampung dengan menggunakan komputer.

5. Kenneth C.Loudon

Pada tahun 2004 Kenneth C.Loudon mendefinisikan Teknologi Informasi adalah salah satu alat yang digunakan oleh para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah diolah dan dibuat sebelumnya dalam penyimpanan komputer.

6. Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins

Pada tahun 2005 mereka mendefinisikan Teknologi Informasi adalah kombinasi dari teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melaksanakan distribusi informasi.

Sejarah Teknologi Informasi

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Jadi bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi tidak bertahan selama Setelah pidato selesai, maka informasi yang berada di tangan penerima akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu, rentang suara juga terbatas.

Setelah teknologi untuk memberikan informasi melalui gambar. Dengan gambar jangkauan bisa lebih lanjut informasi. Gambar ini dapat dilakukan dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu ada informasi yang akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat mencoba memahami informasi yang ingin disampaikan produsen.

Penemuan alfabet dan angka arab memfasilitasi penyampaian informasi yang lebih efisien daripada metode sebelumnya. Sebuah gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer menjadi lebih cepat sehingga informasi yang tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Informasi Umum Teknologi Informasi

TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa pemrograman, dan data konstruksi.

Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. IT menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: otomatisasi proses bisnis, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.

TI melakukan berbagai fungsi TI Disiplin / Kompetensi dari menginstal aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan database informasi. Beberapa tugas TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan.

Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari komputer dan teknologi jaringan pribadi konvensional, dan lainnya integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan.

Di masa lalu, Badan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan kurikulum standar untuk gelar dalam program Teknologi Informasi dibandingkan dengan bidang studi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi. SIGITE Special Interest Group untuk IT Pendidikan adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 di tahun 2009.

Pertumbuhan dan kapasitas teknologi

Hilbert dan Lopez mengidentifikasi kecepatan eksponensial perubahan teknologi semacam hukum Moore informasi aplikasi-spesifik mesin ‘untuk menghitung kapasitas per-kapita memiliki sekitar dua kali lipat setiap 14 bulan antara 1986-2007, kapasitas per-kapita di komputer tujuan umum telah dua kali lipat dunia setiap 18 bulan selama dua dekade yang sama.

Kapasitas telekomunikasi global yang per kapita dua kali lipat setiap 34 bulan, kapasitas penyimpanan dunia per kapita yang dibutuhkan sekitar 40 bulan untuk menggandakan setiap 3 tahun, dan informasi siaran per kapita telah dua kali lipat sekitar setiap 12,3 tahun.

Demikian Ulasan Tentang 6 Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Sahabat Setia DosenPendidikan.Com Amin … 😀