7 Macam Indeks Harga Di Bursa Efek

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Suatu indikator yang menunjukkan dalam pergerakan harga saham dalam suatu periode. Indeks yang berfungsi sebagai indikator trens pasar yang artinya suatu pergerakan indeks yang menggambarkan suatu kondisi pasar pada suatu saat, apakah keadaan pasar tersebut dalam keadaan sedang aktif atau sedang turun. Dengan adanya suatu indeks kita bisa mengetahui trend dalam pergerakan saham pada saat ini, apakah kondisinya sedang dalam keadaan naik, stabil ataukah dalam keadaan turun. Contohnya bila diawal bulan nilai indeks 350 dan saat ini diakhir bulan menjadi 410 maka kita bisa mengatakan bahwa dengan rata-rata harga saham mengalami peningkatan yang sebesar 20%.

bursa efek

Dengan adanya pergerakan indeks hal ini bisa menjadi indikator yang penting bagi para investor untuk menentukan apakah mereka akan menjual, menahan atau membeli suatu atau beberapa saham, sebab harga-harga saham bergerak dalam hitungan detik dan menit maka nilai pun bergerak turun naik dalam hitungan waktu yang sangat cepat sekali.

Di Bursa Efek Indonesia Terdapat 7 Macam Indeks Sebagai Berikut :

Indeks Individual

yang menggunakan indeks harga masing-masing saham harga dasarnya atau indeks masing-masing yang tercatat di BEI.

Indeks Harga Saham Sektoral

yang menggunakan semua saham yang termasuk dalam masing-masing sektor, contohnya sektor keuangan, pertambangan dan lain-lain. Di BEI indeks sektoral terbagi atas sembilan sektor yakni pertambangan, pertanian, industri dasar, aneka industri, konsumsi, properti, infrastruktur, keuangan, perdagangan dan jasa dan manufaktur.

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG “ Composite Stock Price Index ”

yang menggunakan semua saham yang tercatat sebagai komponen penghitungan indeks.

Indeks LQ 45

indeks yang terdiri dari 45 saham yang termasuk pilihan dengan mengacu kepada 2 variable yakni likuiditas perdagangan dan kapitalisasi pasar, setiap 6 bulan terdapat saham-saham baru yang masuk kedalam LQ 45 tersebut.

Indeks Syariah atau JII ( Jakarta Islamic Index )

yang merupakan indeks yang memiliki terdiri dari 30 saham mengakomodasi syariat investasi dalam Islam atau Indeks yang berdasarkan syariah Islam. Dengan kata lain dalam Indeks ini dimasukkan saham-saham yang memenuhi kriteria investasi dalam syariat Islam. Saham-saham yang masuk dalam Indeks syariah ialah emiten yang kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan syariah.

Indeks Papan Utama dan Papan Pengembangan

Indeks harga saham yang secara khsus didasarkan pada kelompok saham yang tercatat di BEI yakni kelompok Papan Utama dan Papan Pengembangan.

Indeks Kompas 100

Indeks harga saham yang hasil kerjasama bursa efek indonesia dengan harian kompas, indeks ini meliputi 100 saham dengan proses penentuan.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Macam Indeks Harga Di Bursa Efek ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂