7 Pengertian Citra (Image) Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

7 Pengertian Citra (Image) Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

Posted on

7 Pengertian Citra (Image) Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya

DosenPendidikan.Com – Citra merupakan tujuan pokok bagi suatu organisasi atau perusahaan, dalam hal ini pengertian citra itu sendiri abstrak atau intangible, tetapi wujudnya dapat dirasakan dari penilaian, baik semacam tanda respek dan rasa hormat dari publik. Sekelilingnya atau masyarakat luas terhadap organisasi atau perusahaan tersebut dilihat sebagai sebuah badan usaha yang dipercaya, professional dan dapat diandalkan dalam pembentukan pelayanan yang baik. Tugas PR itu sendiri ialah menciptakan, citra organisasi yang diwakilinya sehingga tidak menimbulkan isu-isu yang merugikan. Nah berikut ini beberapa pengertian citra (image) menurut para ahli, untuk lebih jelasnya simak saja ulasan dibawah ini.

Pengertian Citra (Image) Menurut Para Ahli

Adapun pengertian citra (image) menurut para ahli yang diantaranya:

Menurut Linggar “Dalam Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya, 2000:69”

Bahwa citra humas yang ideal ialah kesan yang benar, yakni sepenuhnya berdasarkan pengalaman, pengetahuan serta pemahaman atas kenyataan yang sesungguhnya.

Menurut G. Sach “Dalam Soemirat Dan Elvinaro Ardianto, 2007:171”

Citra ialah pengetahuan mengenai kita dan sikap-sikap terhadap kita yang mempunyai kelompok-kelompok yang berbeda.

Menurut Effendi “Dalam Soemirat Dan Elvinaro Ardianto, 2007:171”

Yang Kemudian Di Sitir olehnya bahwa citra ialah dunia sekeliling kita yang memandang kita.

Menurut KBBI “1990:667”

Citra ialah pemahaman kesan yang timbul karena pemahaman akan suatu kenyataan.

Menurut Frank Jefkins “Dalam Soemirat Dan Elvinaro Ardianto, 2007:114”

Citra diartikan sebagai kesan seseorang atau individu tentang sesuatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya.

Menurut Jalaludin Rakhmad “Dalam Soemirat Dan Elvinaro Ardianto, 2007:114”

Mendefinisikan citra sebagai gambaran tentang realitas dan tidak harus sesuai dengan realitas, citra ialah dunia menurut persepsi.

Menurut Ruslan “Dalam Bukunya Manajemen Humas Dan Manajemen Komunikasi Dan Aplikasi, 1998:63”

Menyebutkan bahwa landasan citra berakar dari: “Nilai-nilai kepercayaan yang konkritnya diberikan secara individual dan merupakan pandangan atau persuasi.

Serta terjadinya proses akumulasi dari individu-individu tersebut akan mengalami suatu proses cepat atau lambat untuk membentuk suatu opini publik yang lebih luas dan abstrak yaitu sering dinamakan citra atau image”.

Jenis-Jenis Citra

Frank Jefkins “Dalam Soemirat Dan Elvinaro Ardianto, 2007:117” membagi citra dalam beberapa jenis yang diantaranya yaitu:

  • The mirror image “cerminan citra” yaitu bagaimana dugaan “citra” manjemen terhadap public eksternal dalam melihat perusahaannya.
  • The current image “citra masih hangat” yaitu citra yang terdapat pada publik eksternal yang berdasarkan pengalaman atau menyangkut miskinnya informasi dan pemahaman publik, eksternal citra ini bisa saja bertentangan dengan mirror image.
  • The wish image “citra yang diinginkan” yaitu manajemen menginginkan pencapaian prestasi tertentu, citra ini diaplikasikan untuk sesuatu yang baru sebelum public eksternal memperoleh informasi secara lengkap.
  • The multiple image “citra yang berlapis” yaitu sejumlah individu, kantor cabang atau perwakilan perusahan lainnya dapat membentuk citra tertentu yang belum tentu sesuai dengan keseragaman citra seluruh organisasi atau perusahaan.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Pengertian Citra (Image) Menurut Para Ahli Beserta Jenisnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: