7 Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on
7 Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli Lengkap
Rate this post

7 Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli Lengkap

DosenPendidikan.Com – Ekonometrika merupakan ilmu yang membahasa masalah pengukuran hubungan ekonomi. Yang dengan demikian, ekonometrika ialah ilmu yang mencakup teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam satu kesatuan sistem yang bulat, menjadi suatu ilmu yang berdiri sendiri dan berlainan dengan ilmu ekonomi, matematika maupun statistika. Ekonometrika digunakan sebagai alat analisis ekonomi yang bertujuan untuk menguji kebenaran teorama-terorama teori ekonomi yang berupa hubungan antar variable ekonomi dengan data empirik.

Teorama-teorama yang bersifat apriori pada ilmu ekonomi dinyatakan terlebih dahulu dalam bentuk matematika sehingga dapat dilakukan pengujian terhadap teorama-terorama itu. Bentuk matematik terorama ekonomi ini disebut model. Yang pembuatan model ekonometri merupakan salah satu sumbangan ekonometrika di samping pembuatan prediksi “peramalan atau forecasting” dan pembuatan berbagai keputusan alternatif yang bersifat kuantitatif sehingga dapat mempermudah para pengambil keputusan untuk menentukan pilihan.

Yang salah satu bagian paling penting dari ekonometri ialah analisis regresi, analisis ini digunakan untuk mengetahui kaitan antar satu variable dengan variable yang lain. Berdasarkan data yang digunakan, ekonometri dibagi menjadi tiga analisis yaitu analisis runtun waktu “time series”, antar wilayah “cross section” dan analisis data panel. Analisis runtun waktu menjelaskan mengenai perilaku suatu variable sepanjang beberapa waktu berturut-turut berbeda dengan analisis antar-wilayah yang menjelaskan antara beberapa daerah dalam satu waktu tertentu “snapshot”. Sementara itu analisis data panel menggabungkan antara data runtun waktu dengan data antar-wilayah.

Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli

Adapun pengertian ekonometrika menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Menurut J Scumpeter

Ekonometrika merupakan aplikasi dari metode spesifik dalam ilmu ekonomi “disegala bidang” yang berusaha untuk memperoleh hasil dalam rangka “numerical result” dan membuktikan “verification” teori-teori ekonomi.

Menurut Jan Tinbergen

Ekonometrika merupakan sebagai pengamatan statistik terhadap konsep-konsep yang dihasilkan secara teoritas atau dapat dikatakan sebagai ilmu ekonomi matematik yang bekerja dengan data kuantitatif.

Menurut P.A Samuelson Dan T.C. Koopmans

Ekomometrika merupakan analisis kuantitatif dari fenomena-fenomena ekonomi yang sebenarnya “aktual” yang didasarkan pada pengembangan yang bersamaan antara teori dengan pengamatan yang dihubungkan dengan metode inferensi yang sesuai.

Menurut Arthur S. Goldberger

Ekonometrika merupakan sebagai ilmu sosial dimana alat-alat teori ekonomi, statistik dan matematika inferensi diterapkan untuk menganalisis fenomena-fenomena ekonomi.

Menurut Gerhard Tintner

Ekonometrika merupakan hasil dari suatu pandangan khusus atas peranan ilmu ekonomi yang terdiri atas penerapan statistik matematik atas data ekonomi untuk memberikan dukungan empiris terhadap model-model yang disusun dengan ilmu ekonomi matematis dan untuk memperoleh hasil dalam angka.

Menurut C.E.V Leser

Ekonometrika merupakan disiplin ilmu yang berusaha membuat hubungan kuantitatif diantara variable-variable ekonomi dengan bantuan metode statistik.

Menurut Michael D. Intriligator

Ekonometrika merupakan cabang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan penaksiran “estimation” empiris dari hubungan-hubungan ekonomi.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Pengertian Ekonometrika Menurut Para Ahli Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...