7 Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli Lengkap

7 Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

7 Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli Lengkap

DosenPendidikan.Com – Untuk hal ini sebuah perusahaan, elemen yang cukup penting dalam menjalankan bisnisnya ialah sumber daya manusia atau dapat disebut dengan karyawan dalam perusahaan. Karyawan merupakan kekayaan utama dalam suatu perusahaan, karena tanpa adanya keikutsertaan mereka, aktifitas perusahaan tidak akan terlaksana.

Mengenai kinerja karyawan ini ada beberapa ahli yang juga mengemukakan pendapat tentang definisi atau pengertian kinerja karyawan yang dapat dijadikan referensi dan pengetahuan untuk dapat mengetahui lebih lanjut seputar kinerja karyawan. Nah berikut ini beberapa pengertian kinerja karyawan menurut para ahli, simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian karyawan menurut para hali diantaranya yaitu:

Menurut Hasibuan “Dalam Manulang, 2002”

Karyawan merupakan orang penjual jasa “pikiran atau tenaga” dan mendapat kompensasi yang besarnya telah ditetapkan telebih dahulu.

Menurut Subri “Dalam Manulang, 2002”

Karyawan merupakan penduduk dalam usia kerja “berusia 15-64 tahun” atau jumlah seluruh penduduk dalam suatu negara yang memproduksi barang dan jasa jika ada permitaan terhadap tenaga mereka, dan jika mereka mau berpartisipasi dalam aktivitas tersebut.

Menurut Gilbert “1977”

Kinerja ialah apa yang dapat dikerjakan oleh seseorang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Menurut Sedarmayanti “2011:260”

Menyatakan bahwa kinerja merupakan terjemahan dari kata performance yang memiliki arti sebagai sebuah hasil kerja seorang pegawai atau pekerja, sebuah proses manajemen yang mana hasil kerja tersebut harus memiliki sebuah bukti konkret yang juga dapat diukur.

Menurut Wibowo

Memberikan pengertian mengenai kinerja sebagai suatu hal tentang melakukan suatu pekerjaan beserta dengan pencapaian hasil dari pekerjaan tersebut.

Menurut KBBI

Karyawan merupakan orang yang bekerja pada suatu lembaga “kantor, perusahaan, dan sebagainya” dengan mendapat gaji “upah”, pegawai, pekerja.

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara

Kinerja juga memiliki indikator tersendiri dalam penilainnya seperti yang diungkapa Anwar Prabu Mangkunegara yakni diantaranya ialah kualitas dan kuantitas, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Kualitas-kualitas disini ialah bagaimana seorang pegawai atau karyawan dalam menjalankan tugasnya apakah baik atau tidak.
  • Kuantitas-kuantitas ialah waktu yang dihabiskan oleh pegawai dalam menjalankan tugasnya dalam satu hari dan bisa diukur berdasarkan kecepatan kerja dari pergawai tersebut.
  • Tanggung jawab, dalam hal ini merupakan kesadaran pegawai akan tanggung jawabnya dalam melaksanakan tugas yang sudah diberikan oleh perusahaan.
  • Pelaksanaan tugas merupakan kemampuan pegawai atau karyawan untuk melakukan tugasnya apakah dikerjakan dengan akurat tanpa melakukan kesalahan atau tidak. Kinerja karyawan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor kemampuan dan faktor motivasi.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 Pengertian Karyawan Menurut Para Ahli Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: