8 Pemanfaatan Air Laut Bagi Manusia Beserta Penjelasannya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Air laut ialah air dari laut atau samudera, air laut mempunyai kadar garam yang rata-rata 3,5%. Yang artinya dalam 1 liter ( 1000 ml ) air laut terdapat 35 gram garam ( terutama, namun tidak semuanya garam dapur/NaCI ). Meskipun kebanyakan air laut didunia memiliki kadar garam sekitar 3,5% air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya.

Yang paling tawar ialah ditimur Teluk Finlandia dan di daerah Utara Teluk Bothnia, kdeuanya termasuk bagian dari Laut Baltik. Dan yang paling asin ialah di Laut Merah di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai. Kadar garam di beberapa danau bisa lebih tinggi lagi.

air laut tenaga listrik

Air laut mempunyai kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Contoh : natrium, kalium, kalsium dan lain-lain. Bila air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga bisa menghasilkan garam terdapat pada batu-batuan. Lama-kelamaan air laut menjadi asin karena banyak mengandung garam, air tawar lebih ringan dari asin.

Untuk mendapatkan air tawar dari air laut dapat dilakukan dengan cara osmosis terbalik, suatu proses penyaringan air laut dengan menggunakan tekanan dialirkan melalui suatu membran saring. Sistem ini disebut SWRO ( Seawater Reverse Osmosis ) dan banyak digunakan pada kapal laut atau instalasi air bersih di pantai dengan bahan baku air laut.

Perairan laut bagi manusia bisa dimanfaatkan manusia antara lain untuk hal-hal sebagai berikut :

Laut Sebagai Alat Perhubungan Dan Pengangkutan

Laut bisa dimanfaatkan sebagai jalur lalu lintas kapal-kapal angkutan dari pulau yang satu ke pulau yang lain sehingga arus transportasi barang dan manusia dapat berlangsung dengan cukup baik. Disamping itu, akan terjadi hubungan timbal balik antara negara yang satu dengan negara yang lain, baik dalam lapangan sosial, ekonomi, politik dan lain-lain.

Laut Sebagai Sumber Tenaga

Arus laut bisa memperingan tenaga perahu, sebab dengan adanya arus laut tersebut perahu bisa meluncur dengan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Selain itu gerak pasang surut air laut juga bisa dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik.

Laut Sebagai Daerah Perikanan

Sumber daya hewan dari laut bisa memberi kehidupan kepada penduduk. Sumber daya hewan tersebut berupa berbagai jenis ikan, kerang, kepiting, udang, mutiara dan lain-lain. Hasil ikan di Indonesia per tahun ± 1,7 ton. Jenis ikan yang ditangkap antara lain seperti tongkol, tenggir, cucut, paus kecil, dan tuna. Untuk daerah penangkapan ikanlaut berada di Dengkalan Sahul, Dangkalan Sunda, Laut Jawa, Selat Bali dan Selat Malaka. Daerah perikanan di Indonesia yang terbesar terdapat di Bagian Siapiapi, Riau.

Laut Sebagai Daerah Pertanian

Usaha pertanian laut bisa dilakukan dengan memanfaatkan pasang naik dan pasang surut untuk persawahan ( sawah pasang surut ) contoh : dimaura sungai Musi hingga Sungai Rokan. Selain itu, budi daya rumput laut bisa diusahakan di wilayah laut dangkal seperti Sumba dan Maluku, hasilnya digunakan untuk bahan pembuatan agar-agar.

Laut Sebagai Tempat Rekreasi/Pariwisata

Kawasan laut dengan relief pantainya yang sangat indah banyak didatangi para wisatawan. Objek wisata laut di Indonesia yang terkenal, yaitu pantai pangandaran ( Jawa Barat ), Maluku. Laut Banda, Parangtritis ( Yogyakarta ), Ancol ( Jakarta ) dan lain-lain.

Laut Sebagai Tempat Pertahanan Dan Keamanan

Pemanfaatan laut sebagai tempat pertahanan dan keamanan terutama bagi negara-negara yang dikelilingi lautan atau negara yang bersifat maritim.

Laut Sebagai Sumber Minyak Bumi

Sumber minyak bumi banyak terdapat dibawah dasar laut. Sumber minyak bumi lepas pantai ditemukan diselat Malaka, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi dan Laut Jawa. Pengeboran minyak bumi dari sumur bawah laut dengan sistem subseawell yakni dengan peralatan bangunan terapung yang dijangkar vertikal dengan garis tegangan yang dapat menahan keseluruhan struktur pada tempatnya.

Laut Sebagai Pengatur Iklim

Perbedaan sifat air laut dan sifat fisik daratan bisa menimbulkan gerakan udara ( angin ). Bersama-sama dengan angin tersebut maka uap air laut terbawa dan bisa menyejukkan atau memanaskan tempat yang dilalui, serta bisa menimbulkan turun hujan.

Demikianlah pembahasan mengenai 8 Pemanfaatan Air Laut Bagi Manusia Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂


loading...