Tumbuhan Dikotil
Tumbuhan Dikotil

8 Pengertian, Ciri Dan Contoh Tumbuhan Dikotil

Posted on
8 Pengertian, Ciri Dan Contoh Tumbuhan Dikotil
2 (40%) 1 vote

8 Pengertian, Ciri Dan Contoh Tumbuhan Dikotil – Tumbuhan berbiji belah “atau tumbuhan berkeping biji dua/dikotil”, adalah kelas tanaman berbunga yang memiliki karakteristik yang sama: memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon). Daun lembaga ini terbentuk dari tahap benih benih sebagian besar anggota mudah terbelah dua. Klasik, tanaman berbunga dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu tanaman dua biji berlari dan berlari tumbuhan berbiji tunggal (monokotil).

Tumbuhan Dikotil
Tumbuhan Dikotil

Sejumlah sistem klasifikasi tanaman berpengaruh, seperti sistem Takhtajan dan sistem Cronquist mengakui ini sebagai kelompok dan diberi nama kelas Magnoliopsida takson. Nama ini dibentuk dengan mengganti akhiran -aceae dalam nama Magnoliaceae dengan akhiran -opsida (Pasal 16 ICBN).

Kelas Magnoliopsida dipakai sebagai nama takson bagi semua tumbuhan berbunga bukan monokotil. Magnoliopsida adalah nama yang digunakan untuk mengganti nama sistem klasifikasi yang digunakan lebih lama, Dicotyledoneae kelas (“tanaman berdaun dua lembaga” kelas atau “tanaman dikotil”).

Sistem APG II, yang perlahan-lahan mulai banyak digunakan, tidak mengakui kelompok ini lagi karena parafiletik: tidak utuh jika tanaman biji tunggal tidak termasuk. Selain itu, sistem ini menemukan bahwa dalam kelompok ini setidaknya ada tujuh clades genetik yang berbeda :

  • Suku Amborellaceae
  • Suku Chloranthaceae
  • Bangsa Nymphaeales
  • Bangsa Austrobaileyales
  • Magnoliids
  • Bangsa Ceratophyllales
  • Eudikotil (dikotil sejati)

Dari ketujuh klade ini, ada satu kelompok besar yang monofiletik yang memiliki ciri-ciri khas Magnoliopsida secara konsisten dan disebut Eudikotil (“dikotil benar/sejati”). Ironisnya, Magnoliaceae tidak termasuk di dalam dikotil sejati.

Tumbuhan dikotil memiliki beberapa suku, antara lain:

Suku getah – getahan (Euphorbiaceae), apabila dilukai bagian tubuhnya akan mengeluarkan getah berwarna putih.

  • Contoh : Manihot utilissima (ketela pohon), Havea Brasiliensis (karet)

Suku kacang – kacangan (Papilionaceace), cirinya mahkota bunga berbentuk kupu – kupu, buahnya polong dan sering ditemukan bintil akar.

  • Contoh : Arachis hypogaea (kacang tanah), Vigna sinensis (kacang panjang)

Suku terung terungan (Solanaceae), cirinya bunga berbentuk bintang, terompet, buah buni /buah kotak dengan lapisan dalam berair atau berdaging.

  • Contoh : Solanum lycopersicum (tomat), Capsicum annum (cabai).

Ciri-ciri Tanaman Dikotil

Tanaman dikotil berbeda dalam struktur benih mereka, daun dan bunga monokotil. Mereka dapat dengan mudah dibedakan dengan mempelajari karakteristik yang berbeda.

  • Biji

Perbedaan yang paling penting antara monokotil dan dikotil adalah jumlah daun embrio atau kotiledon. Ada dua kotiledon benih tanaman ini yang benar-benar muncul di lapangan, ketika benih berkecambah. Mereka kemudian berubah menjadi hijau dan membentuk dua pertama daun tanaman baru.

  • Daun

Daun tanaman memiliki pembuluh darah yang membentuk pola percabangan, seperti monokotil, di mana mereka berjalan paralel. Vena aktual atau jaringan membran di seluruh permukaan daun.

  • Struktur Vaskular

Batang memiliki ikatan pembuluh, yang terdiri dari dua struktur, xilem dan floem. Xilem akan membantu untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke bagian lain dari tanaman dan floem untuk mengangkut makanan yang dibuat di daun, ke organ penyimpanan. Ini ikatan pembuluh disusun dalam sebuah lingkaran di sekitar tepi bagasi.

  • Bunga 

Bagian bunga biasanya hadir dalam empat atau lima. Kadang-kadang, mereka ditemukan dalam kelipatan satu digit. Bagian bunga meliputi kelopak, sepal dan putik, atau bagian reproduksi tanaman.

  • Akar

Seringkali akar berserat dan percabangan. Mereka bercabang di banyak bagian yang lebih kecil yang membentuk jaringan padat sistem akar, tidak seperti tanaman monokotil, yang memiliki sistem akar tunggang.

Kunjungi Link Di Bawah Ini Untuk Artikel Lainya :

Demikian Ulasan Tentang 8 Pengertian, Ciri Dan Contoh Tumbuhan Dikotil Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Sahabat Setia DosenPendidikan.Com Amin … 😀

loading...