80 Ragam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia dosenpendidikan

80 Ragam Bahasa Indonesia. – dosenpendidikan.comBahasa indonesia adalah bahasa yang wajib di gunakan dan di mengerti oleh warga negara indonesia. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.

80 Ragam Bahasa Indonesia

80 Ragam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sendiri diresmikan dalam penggunaannya setelah keluarnya Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia, lebih tepatnya sehari setelahnya. Penggunaan bahasa indonesia sangat banyak dan beragam. Ragam Bahasa di bedakan berdasarkan cara pandang pembicara, media yang di gunakan dan topik yang sedang di bicarakan.

1. Ragam Bahasa Berdasarkan Cara Pandang Pembicara (Penutur).

Dalam ragam bahasa ini terdiri dari Bahasa Daerah (dialek), Bahasa Pendidikan dan Bahasa yang formal dan non formal.

– Bahasa Daerah
Bahasa indonesia yang di gunakan di daerah biasanya terbawa dengan lingkungan daerahnya. Seperti misalnya cara bicara bahasa indonesia yang di gunakan oleh masyarakat di daerah jawa berbeda dengan cara bicara bahasa indonesia yang di gunakan oleh masyarakat di daerah sumatra.

– Bahasa Pendidikan
Bahasa yang di gunakan oleh masyarakat yang berpendidikan pasti berbeda dengan masyarakat yang tidak berpendidikan. Bisa di bandingkan cara pelafalan katanya misalnya seperti masyarakat yang berpendidikan sering menggunakan kata mencuci, mengunci, vidio dan tv. Beda dengan masyarakat yang tidak melalui pendidikan akan melafalkan kata nyuci, ngunci, pidio dan tipi.

– Bahasa Formal dan Non Formal
Bahasa formal sering di gunakan dalam acara-acara resmi, seperti upacara pelantikan, seminar dan rapat. Sedangkan bahasa non formal sering di gunakan pada kegiatan kita sehari-hari di luar acara-acara resmi, seperti ketika berbicara dengan teman dan dengan keluarga.

 

2. Ragam Bahasa Berdasarkan Media Yang Di Gunakan.

Ragam bahasa berdasarkan media yang di gunakan terbagi menjadi 2 yaitu

1. Ragam Bahasa Secara Lisan

Bahasa ini adalah bahasa yang di keluarkan secara lisan atau dengan media lisan. Dalam ragam bahasa ini sering memakai bahasa yang baku. Cara menyampaikan pembicaraan secara lisan dapat berbeda sesuai dengan lingkungannya, seperti pembicara yang di lakukan dalam keadaan formal jelas berbeda dengan pembicaraan yang di lakukan dalam keadaan santai atau tidak formal. Ragam bahasa lisan yang di tuangkan ke dalam bentuk tulisan tidak dapat di sebut ragam bahasa tulis, tetapi tetap sebagai ragam bahasa lisan yang di tuangkan ke dalam bentuk tulisan.

Ciri-ciri Ragam Bahasa Lisan

–  Memerlukan beberapa teman berbicara (tidak sendiri).

–  Menyesuaikan dengan keadaan yang ada, situasi dan juga waktu.

–  Perlunya intonasi dalam berbicara dan bahasa tubuh yang di gunakan.

–  Berlangsungnya dengan gesit dan cepat.

–  Seringnya pembicaraannya berlangsung dengan tidak menggunakan alat bantu.

–  Kesalahan dalam berbicara dapat di ketahui dan di perbaiki.

–  Gerakan pada tubuh dan juga mimik wajah serta intonasi yang di gunakan dalam penyampaiannya sangatlah membantu.

Contoh dari ragam bahasa yang sering kita dengar yaitu ceramah, pidato, penyampaian pendapat dalam diskusi dan masih banyak lagi yang lainnya. Ragam bahasa lisan sering sekali kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya berbincang-bincang dengan teman ataupun masyarakat.

2. Ragam Bahasa Secara Tulis

Ragam Bahasa Tulis menggunakan media huruf untuk mengutarakannya atau mengungkapkannya. Ragam bahasa ini menggunakan ejaan untuk menata kosa kata dan bahasanya. Contoh ragam bahasa tulis, yakni koran atau surat kabar, laporan pekerjaan, karya ilmiah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ciri-ciri ragam bahasa tulis adalah

–  Tidak di perlukannya adanya kehadiran orang lain.

–  Tidak terpengaruh dengan adanya ruang dan waktu.

–  Kosa kata yang di gunakan harus di pilih dengan cermat dan teliti.

–  Dalam membentuk kata dan kalimat haruslah sesempurna mungkin.

–  Struktur kalimat yang terbentuk haruslah lengkap.

–  Paragraf yang ada di kembangkan dengan lengkap.

–  Biasanya berlangsungnya sangatlah lambat.

–  Memerlukan alat bantu sebagai medianya.

 

3. Ragam Bahasa Menurut Topik Yang Sedang Di Bicarakan.

Di kehidupan sehari-hari pasti kita dapat menemukan banyak topik yang sering di bicarakan. Dalam membahas topik permasalahan yang berbeda-beda kita menggunakan ragam bahasa yang berbeda juga. Seperti ketika kita sedang berada di lingkungan agama jelas berbeda bahasa yang di gunakan ketika berada di lingkungan hukum atau lingkungan kedokteran. Ragam bahasa yang sedang di gunakan menurut bidang pemakaian di kenal juga dengan sebutan atau istilah laras bahasa.

 

Bahasa sangatlah banyak dan beragam. Bahasa adalah media yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain ataupun masyarakat luas sebagai bentuk bersosialisasi. Sekianlah 80 Ragam Bahasa Indonesia semoga bermanfaat.

 

 

 

Most popular articles related to 80 Ragam Bahasa Indonesia
Shares