Ada Banyak Macam Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Rate this post

DosenPendidikan.Com – Dalam pernyataan dari suatu kejadian dengan sistem biologi dan ekologi, suatu organisme (Yunani: Organon, yang berarti instrument) adalah kumpulan molekul yang saling mempengaruhi sehingga dapat berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup.

Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Istilah ini mengacu pada organisme kompleks organisme yang memiliki lebih dari satu sel. Nama-nama lain yang sering disebut selain organisme adalah sesuatu yang hidup terdiri dari organisme manusia, tanaman, hewan dan mikro-organisme.

Karakteristik Umum Makhluk Hidup

Karakteristik yang umum di banyak organisme adalah sebagai berikut :

  • Membutuhkan nutrisi / makanan
  • Bernafas
  • Bergerak
  • Tumbuh
  • Berkembang biak
  • Sensitif terhadap rangsangan
  • Beradaptasi, dan ada komposisi kimia
  • Mengeluarkan zat sisa

Namun, sifat-sifat ini tidak universal. Mikroorganisme seperti bakteri tidak bernapas, tetapi penggunaan jalur kimia lainnya. Banyak organisme tidak dapat bergerak secara independen dan banyak organisme tidak dapat berkembang biak, meskipun spesies ini mampu.

Individu

Dalam suatu ekosistem akan menemukan beberapa jenis makhluk hidup. Misalnya, Anda menemukan seekor semut dan batang pohon. Jumlah karena menunjukkan semacam makhluk yang sebesar satu dan yang disebut individu hidup. individuum individu berasal dari bahasa Latin yang berarti tidak dapat dibagi.

Populasi

populasi adalah kumpulan individu sejenis yang berada di daerah tertentu pada waktu yang sama. Contoh dari populasi yang dua ayam di taman, tiga ekor jerapah di padang rumput, sekelompok semut di pohon jambu dan lima pohon durian di kebun. Sifat dari populasi adalah kepadatan penduduk dan populasi ukuran perubahan dari waktu ke waktu.

Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk berarti jumlah makhluk hidup individu yang sama per satuan luas yang menempati tempat pada waktu tertentu.

Misalnya di taman Pak Haji yang meliputi 500 Mdihuni oleh 20 pohon mangga dan empat ekor ayam. Kepadatan dari dua populasi adalah:

  • Kepadatan Populasi pohon mangga = 20 pohon / 500  M = 1 pohon / 25  Matau 25  M adalah 1 pohon mangga.
  • Kepadatan Populasi ayam = 4 individu / 500  M = 1 ikan / 125  M atau 125  M adalah 1 ayam.

Perubahan Populasi

Kepadatan penduduk di suatu ekosistem dapat berubah dari waktu ke waktu. perubahan populasi adalah tambahan bisa disebabkan oleh kelahiran (kelahiran) dan adanya organisme yang berasal dari tempat lain (imigrasi).

perubahan populasi yang disebabkan oleh pengurangan kematian mereka (mortalitas) dan organisme pindah ke tempat lain (emigrasi).

Komunitas

Di kebun atau padang rumput ada beberapa hewan dan tumbuhan yang hidup di waktu yang sama. Beberapa populasi ini berinteraksi untuk membentuk sebuah komunitas. Sebuah komunitas terdiri dari beberapa populasi yang hidup dan berinteraksi di daerah tertentu pada suatu waktu.

Nama komunitas biasanya menunjukkan makhluk hidup dominan yang menempati habitat ini. Dalam masyarakat hutan mangrove, populasi yang sebagian besar pohon bakau. Demikian juga hutan bambu masyarakat, populasi terbesar adalah pohon bambu.

  • Berbagai unit Makhluk di Ekosistem
  • Bagan: Satuan-satuan makhluk hidup di bumi yang membentuk ekosistem.

Lingkungan Hidup

makhluk hidup tidak dapat hidup sendiri. Organisme hidup, selalu di antara makhluk hidup lainnya. Semua makhluk hidup dengan lingkungan tertentu disebut lingkungan. Jadi lingkungan terdiri dari makhluk hidup disebut lingkungan lingkungan atau biotik.

Selain komponen hidup, makhluk hidup juga membutuhkan komponen non-hidup. Antaralain tak hidup komponen tanah, air, dan udara. Komponen tidak hidup yang mendukung kelangsungan hidup makhluk hidup disebut lingkungan tidak hidup atau lingkungan non-hidup. Abiotik dan lingkungan biotik membentuk unit yang disebut ekosistem.

Lingkungan Dunia

Sebuah koleksi berbagai ekosistem di Bumi membentuk satu kesatuan yang disebut ekosistem dunia (biosfer). Berdasarkan proses pembentukan, ekosistem dibagi menjadi dua macam, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. ekosistem alam adalah ekosistem yang terjadi secara alami, seperti danau, sungai, lautan, hutan, padang rumput, dan rawa-rawa.

ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia, seperti kolam ikan, waduk, perkebunan, dan akuarium. ekosistem alam dapat dibagi menjadi beberapa jenis, ekosistem darat yaitu, ekosistem air tawar, ekosistem laut, dan ekosistem pesisir. habitat ekosistem darat dibagi menjadi beberapa daerah (bioma), seperti padang pasir, padang rumput, hutan tropis, hutan gugur, taiga, dan tundra.

Ekosistem dan Biosfer

Setiap makhluk hidup yang menempati tempat untuk mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan yang mereka tempati.

Hal ini bertujuan agar setiap organisme mampu bertahan. hubungan timbal balik yang kompleks antara organisme dan lingkungannya disebut ekosistem.

Itulah Pembahasan Tentang Ada Banyak Macam Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Jelas kah kawan ????