“Akomodasi” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Contoh )

Posted on

“Akomodasi” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai akomodasi yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, macam dan contoh, agar lebih jelas untuk dapat dipahami simak ulasannya berikut ini.

"Akomodasi" Pengertian & ( Tujuan - Macam - Contoh )

Pengertian Akomodasi

Dalam hal apakah yang dimaksud dengan akomodasi..?? Akomodasi merupakan suatu proses atau upaya yang dilakukan untuk meredakan konflik atau ketegangan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Tujuan Akomodasi

Tujuan dari akomodasi sendiri ialah untuk dapat mengurangi dan menyelesaikan konflik antarindividu atau kelompok masyarakat sebagai akibat adanya perbedaan paham sehingga diharapkan akan timbul kerja sama diantara individu yang sedang konflik tersebut.

Macam-Macam Bentuk Akomodasi

Adapun bentuk-bentuk akomodasi sebagai suatu proses biasanya terdiri atas sebagai berikut:

Mediasi “Mediation”

Mediasi ialah akomodasi yang dilakukan dengan menggunakan bantuan pihak ketiga yang netral.

Bentuk mediasi mirip arbitrasi, namun pihak ketiga ini hanya membantu dan tidak memiliki wewenang untuk memaksakan sesuatu kepada kedua pihak yang bertikai.

Bantuan tersebut berupa saran atau pendapat. Contoh mediasi ialah pemerintah Finlandia yang membantu menyelesaikan konflik antara pemerintah Indonesia dan G4M.

Kompromi (Compromise)

Kompromi ialah akomodasi yang dilakukan denga masing-masing pihak yang berkonflik saling mengurangi tuntutannya hingga masalah dapat diselesaikan.

Dalam melakukan kompromi, kedua pihak harus saling memahami keadaan masing-masing pihak satu sama lain. Contoh kompromi ialah antara partai politik saat terjadi pemilihan umum.

Toleransi (Toleration)

Toleransi ialah akomodasi yang dilakukan dengan cara masing-masing pihak saling menerima satu sama lain sehingga perselisihan dapat dihilangkan. Biasanya toleransi tidak terjadi secara langsung dan tanpa ada paksaan, karena toleransi biasanya terjadi karena kesadaran masing-masing pihak. Contoh toleransi ialah toleransi antar umat agama.

Koersi (Coercion)

Koersi ialah akomodasi yang dilaksanakan karena ada paksaan, koersi dapat dilakukan ketika salah satu pihak lebih lemah. Paksaan yang dilakukan dapat secara fisik maupun psikologis. Contoh koersi ialah perbudakan dimana budak ialah seseorang yang dianggap lebih lemah dari pada tuannya sehingga tuannya dapat melakukan apa saja kepada budaknya.

Arbitrasi (Arbitration)

Arbitrasi ialah akomodasi yang dilakukan dengan menggunakan pihak ketiga yang tidak terlibat secara langsung dalam konflik. Pihak ketiga ini haruslah memiliki wewenang lebih untuk menyelesaikan masalah antar pihak-pihak yang bertikai. Pemerintah ialah salah satu pihak ketiga ini. Contoh arbitrasi ialah penyelesaikan masalah antar buruh dan pengusaha oleh pemerintah.

Pengadilan (Ajudication)

Ajudikasi ialah penyelesaian pertikaian antar kedua pihak dipengadilan. Dalam pengadilan, hakim akan mengadili sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setiap pihak harus menerima keputusan pengadilan atau mengajukan banding sesuai peraturan. Contoh ajudikasi ialah penyelesaian kasus sengketa tanah di pengadilan.

Stalemate

Stalemate ialah suatu keadaan dimana perselisihan terhenti karena tidak ada yang mau berusaha melakukan akomodasi dan kedua pihak memiliki kekuatan yang sama (seimbang). Keadaan ini terjadi karena kedua pihak tidak mungkin maju (karena kekuatan seimbang) ataupun mundur (karena harga diri dan keinginan belum terpenuhi). Contoh keadaan stalemate ialah antara Amerika Serikat dan Rusia tentang nuklir.

Konsiliasi (Conciliation)

Konsilasi ialah akomodasi yang dilakukan dengan mempertemukan keinginan-keinginan dari kedua pihak untuk mencapai tujuan bersama. Pertemuan seperti ini hanya dapat dilakukan dalam lingkungan formal. Contoh konsilasi ialah pertemuan antara pemerintah, pengusaha, dan buruh dalam hal menentukan UMR.

Demikianlah pembahasan mengenai “Akomodasi” Pengertian & ( Tujuan – Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: