“Akuntansi Keperilakuan” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Manfaat – Masalah )

Posted on

“Akuntansi Keperilakuan” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Manfaat – Masalah )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Akuntansi Keperilakukan yang dimana dalam hal ini meliputi ruang lingkup, manfaat, dan masalah. Nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Keperilakukan

Akuntansi keperilakukan ialah ilmu akuntansi yang dikomninasikan dengan ilmu sosial. Akuntansi keperilakukan ialah ilmu yang mempelajari efek dari perilaku manusia sehingga bisa mempengaruhi data-data akuntansi serta pengambilan keputusan usaha/bisnis. juga sebaliknya bagaimana akuntansi bisa mempengaruhi perilaku manusia serta pengambilan keputusan bisnis.

Ruang Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi keperilakukan juga bagian dari akuntansi tradisional yang berperan untuk pengumpulan, pengukuran, pencatatan serta pelaporan tentang informasi keuangan. Ini merupakan dimensi akuntansi yang secara khusus pada perilaku manusia serta hubungannya dengan penerapan sistem informasi akuntansi.

Dalam akuntansi keperilakukan perilaku manusia menjadi salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan, karena didalamnya terdapat dimensi sosial dari organisasi tersebut. Sehingga hal ini menjadi salah satu elemen penting yang harus ada pada setiap laporan oleh akuntan. Nah berikut ini ialah ruang lingkup akuntansi keperilakukan yaitu:

  • Aplikasi ponsel ilmu keperilakuan/sosial terhadap desain serta konstruksi sistem akuntansi.
  • Studi/pembelajaran atas efek terhadap format serta isi laporan akuntansi/keuangan.
  • Bagaimana cara untuk mengolah/memproses informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
  • Pengembangan teknik laporan untuk mengkomunikasikan antara perilaku data kepada user.
  • Mengembangkan strategi yang efektif untuk bisa memotivasi serta mempengaruhi terhadap perilaku, aspirasi serta tujuan dari setiap personal yang ada dalam organisasi.

Manfaat Akuntansi Keperilakuan

Kalau ditanya tentang manfaat ilmu akuntansi keperilakuan atau aplikasinya tentunya sangatlah banyak. Karena akuntansi keperilakuan sangat berkaitan erat dengan sektor ekonomi. Pada intinya ialah akuntansi keperilakukan sangat dibutuhkan pada saat pengambilan keputusan.

Dalam hal ini manfaat yang paling banyak dirasakan oleh seorang manajer atau tim manajemen. Dimana emosi/habit mereka terhadap data-data akuntansi memberikan efek terhadap keputusan yang akan diambil.

Masalah-Masalah Dalam Akuntansi Keperilakuan

Dalam aplikasinya ada banyak masalah-masalah yang dapat dipecahkan/disebabkan oleh akuntansi keperilakukan. Pada intinya ada 3 masalah yang berhubungan pada saat riset akuntansi keperilakukan yaitu:

  • Pengambilan keputusan oleh auditor dan akuntan.
  • Pengaruh terhadap fungsi sistem akuntansi seperti penyusunan anggaran, audit, dll.
  • Pengaruh hasil/ouput misalkan informasi akuntansi, dll.

Demikianlah pembahasan mengenai “Akuntansi Keperilakuan” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Manfaat – Masalah ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: