“Akuntansi Pajak” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Teori – Peranan )

Posted on
“Akuntansi Pajak” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Teori – Peranan )
5 (100%) 1 vote

“Akuntansi Pajak” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Teori – Peranan )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini sebagai suatu system informasi, akuntansi dibutuhkan oleh berbagai pihak baik pihak baik pihak internal suatu organisasi tersebut maupun pihak eksternal, seperti manajer, pemerintah masyarakat dan sebagainya. Maka akan dihasilkan suatu akuntansi pajak yang menjadi dasar untuk menghitung pajak yang terutang.

Sehingga perlu diingat disini, bahwa akuntansi pajak bukan merupakan “buku kedua”. Maka dapat memahami akuntansi pajak harus memahami terlebih dahulu proses akuntansi serta didukung kemampuan dalam memahami peraturan perpajakan.

Pengertian Akuntansi Pajak

Akuntansi bukan hanya kegiatan pencatatan transaksi bisnis perusahaan saja. Pengertian akuntansi lebih luas dari sekedar pencatatan. Akuntasi juga meliputi kegiatan menganalisa dan meninterpretasi akitivitas ekonomi suatu perusahaan untuk kemudian dikomunikasikan kepada pengguna laporan akuntansi sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk pengambilan keputusan secara tepat secara singkat, tujuan utama akuntansi ialah menyajikan informasi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Secara sederhana akuntansi pajak dapat didifinisikan sebagai sistem akuntansi yang mengkalkulasi, manangani, mencatat, bahkan menganalisa dan membuat strategi perpajakan sehubungan dengan kejadian-kejadian ekonomi “transaksi” perusahaan. Akuntansi pajak ialah akuntansi yang berkaitan dengan perhitungan perpajakan dan mengacu pada peraturan dan perundang-undangan perpajakan beserta aturan pelaksanaannya.

Fungsi Akuntansi Pajak

Fungsi akuntansi pajak ialah mengolah data kuantitatif yang akan digunakan untuk menyajikan keputusan. Oleh sebab itu maka akuntansi harus memenuhi tujuan kualitatif. Adapun fungsi akuntansi perpajakan ialah mengolah data kuantitatif yang akan digunakan untuk menyajikan laporan keuangan yang memuat perhitungan perpajakan.

Tujuan Akuntansi Pajak

Adapun tujuan kualitatif akuntansi perpajakan antara lain sebagai berikut:

  • Relevan
  • Dapat dimengerti
  • Daya uji/verifiability
  • Netral
  • Tepat waktu
  • Daya banding/Comparability
  • Lengkap

Teori Akuntansi Pajak

Teori akuntansi pajak ialah suatu penalaran logis dalam bentuk seperangkat azaz atau prinsip yang diakui dalam ketentuan peraturan perpajakan yang merupakan:

  • Kerangka acuan umum untuk menilai praktek-praktek akuntansi.
  • Pedoman bagi pengambangan praktek-praktek dan prosedur baru
  • Dapat dipergunakan untuk menjelaskan praktek-praktek yang sekarang, sedang berjalan tetapi tujuan utamanya ialah mengadakan suatu kerangka acuan untuk menilai dan mengembangkan praktek akuntansi yang sehat.

Peranan Akuntansi Pajak

Peranannya didalam perusahaan ialah signifikan yaitu:

  • Memberikan membuat perencanaan dan strategi perpajakan “dalam artian positif”.
  • Memberikan analisa dan prediksi mengenai potensi pajak perusahaan di masa yang akan datang.
  • Dapat menerapkan perlakukan akuntansi atas kejadian perpajakan “mulai dari penilaian/penghitungan, pencatatan “pengakuan” atas pajak dan dapat menyajikannya di dalam laporan komersial maupun laporan fiskal perusahaan.
  • Dapat melakukan pengarsipan dan dokumentasi perpajakan dengan lebih baik sebagai bahan untuk melakukan pemeriksaan dan avaluasi.

Demikianlah pembahasan mengenai “Akuntansi Pajak” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Teori – Peranan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...