“Alenia” Pengertian & ( Unsur – Struktur – Syarat – Macam )

Posted on

“Alenia” Pengertian & ( Unsur – Struktur – Syarat – Macam )

DosenPendidikan.Com – Dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia tentu sudah tidak asing lagi jika kita menemui alenia pada sebuah wacana atau teks. Pada artikel ini kita akan belajar mengulas kembali, kalau begitu simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Alenia ( Paragraf )

Untuk hal ini sebelum menyimpulkan apa itu alenia sebaiknya kita perlu merujuk pada pendapat para ahli tentang alenia sebagai berikut:

  • Menurut Lamuddin Finoza “2004:149”
    Mengemukakan bahwa Alenia atau paragraf ialah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.
  • Menurut Sabati Akhadiah, Maidar G. Arsjad, Sakura H. Ridwan
    Mengemukakan bahwa alenia atau paragraf merupakan inti penuangan buah pikiran dalam sebuah karangan “1988:144”.
  • Menurut Gorys Keraf “1979:62”
    Menyatakan bahwa alenia tidak lain dari suatu kesatuan pikiran yang lebih tinggi atau luas dari kalimat. Alenia merupakan himpunan dari kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alenia atau paragraf ialah bagian dari wacana, teks atau karangan yang didalamnya tersusun dari beberapa kalimat yang saling berhubungan satu sama lain sehingga menjadi kesatuan utuh yang membentuk satu gagasan utama.

Diantara beberapa kalimat yang tersusun di dalam paragraf, terdapat satu kalimat yang memuat pokok pikiran atau gagasan pokok, kalimat itu disebut dengan kalimat utama.

Unsur-Unsur Alenia ( Paragraf )

Dalam pembentukan sebuah paragraf dibutuhkan unsur-unsur yang membuatnya padu. Unsur-unsur tersebut diantaranya yakni:

  • Gagasan utama/ide pokok/gagasan pokok ialah ruh dari sebuah paragraf yang juga merupakan inti dari permasalahan yang ingin disampaikan oleh penulis, gagasan utama berada dalam kalimat utama.
  • Kalimat utama/pikiran utama/kalimat topik ialah kalimat yang memuat gagasan utama. Letak kalimat utama bisa berada di awal paragraf “deduktif”, diakhir paragraf “induktif” atau diawal dan akhir paragraf “deduktif-induktif”.

Struktur Alenia ( Paragraf )

Paragraf tersusun atas kalimat utama kalimat penjelas, kalimat utama merupakan kalimat inti yang memuat gagasan utama/ide pokok pada sebuah alinea. Sedangkan kalimat penjelas atau kalimat pendukung berfungsi untuk menjelaskan atau mendukung ide utama.

Syarat-Syarat Alenia ( Paragraf )

Adapun syarat-syarat alenia diantaranya yaitu:

Kesatuan

Setiap alenia/paragraf memiliki satu gagasan utama atau ide pokok. Alenia memiliki fungsi mengembangkan gagasan utama melalui kalimat penjelas. Dalam sebuah alenia tidak diperbolehkan adanya esensi yang bertentangan antara kalimat satu dengan lainnya. Alenia merupakan kesatuan esensi dari gagasan utama dan harus ada relevansi antara kalimat utama dengan kalimat penjelas.

Koherensi

Koherensi ialah kepaduan atau harmonisasi yang menggambarkan kesatuan sistematis antara kalimat utama dengan kalimat penjelas dalam sebuah alenia.

Macam-Macam Alenia ( Paragraf )

  • Eksposisi
    Berisi penjelasan dan pemberian informasi dengan tujuan tertentu terhadap suatu topik.
  • Argumentasi
    Berisi pendapat berdasarkan data dan fakta untuk menjelaskan sebuah kebenaran.
  • Deskripsi
    Berisi penjelasan/gambaran tentang suatu objek atau situasi sehingga pembaca seolah-olah menyaksikan atau merasakan sesuatu yang digambarkan.
  • Persuasi
    Berisi ajakan/sugesti untuk mengikuti pembaca tertarik terhadap isi dari teks yang disampaikan penulis.
  • Narasi
    Berisikan rangkaian kejadian yang sistematis, sehingga membentuk alur cerita.

Demikianlah pembahasan mengenai “Alenia” Pengertian & ( Unsur – Struktur – Syarat – Macam ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: