Aqidah Islam

Apa Itu Aqidah ?? Cari Tau Pengertian Akidah Islam

Posted on
Apa Itu Aqidah ?? Cari Tau Pengertian Akidah Islam
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Aqidah Menurut bahasa berasal dari kata عقيدة , عقدا, يعقد, عقد yang berarti simpul, ikatan, perjanjian dan kokoh.

Sementara itu, menurut istilah aqidah adalah keyakinan teguh yang tidak tercampur keraguan dengan sesuatu apapun.

Jadi aqidah Islam dapat didefinisikan sebagai berikut : percaya benar-benar yakin dan mengikuti ajaran-ajaran yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad sebagai teladan baik melalui moral atau petunjuk dia dari Qur’an dan Al-Hadits.

Aqidah Islam

Sedangkan dalam istilah (terminologi), keyakinan adalah iman yang teguh dan yakin, bahwa tidak ada sedikit pun keraguan bagi mereka yang percaya di dalamnya.

Jadi, keyakinan Islamiyyah adalah iman yang teguh dan terikat kepada Allah dengan semua pelaksanaan kewajiban, tauhid dan menaati-Nya, percaya pada malaikat-Nya, rasul, kitab, Hari Akhir, takdir baik dan buruk dan percaya keseluruhan apa-apa telah yang telah shahih tentang prinsip-prinsip Agama (Ushuluddin).

Kasus-kasus yang tak terlihat, iman dalam apa yang ijma ‘(konsensus) dari Salafush Shalih, dan semua berita qath’i (pasti), baik secara ilmiah dan amaliyah yang telah ditentukan menurut Al-Qur’an dan Sunnah otentik dan ijma ‘salaf as-Salih.

Aqidah Tauhid

Walaupun masalah qadha’ dan qadar menjadi perselisihan bagi kalangan umat Islam, tetapi Allah telah membuka hati hamba-Nya yang beriman, bahwa Salaf Shalih bahwa mereka selalu mengikuti jalan kebenaran dalam pemahaman dan pendapat. Menurut mereka membuat up ‘dan Qadar termasuk rububiyah Allah bagi ciptaan-Nya. Kemudian masalah ini termasuk dalam salah satu dari tiga jenis tauhid menurut pembagian ulama :

Tauhid Al-Uluhiyyah, (al-Fatihah ayat 4 dan an-Nas, ayat 3)

  • Keesaan Allah dalam ibadah, ibadah hanya Allah dan karenanya saja.

Tauhid Ar-rububiyyah, (al-Fatihah ayat 2, dan an-Nas, ayat 1)

  • Keesaan Tuhan dalam tindakan, yaitu iman dan percaya bahwa hanya Allah yang dapat membuat, kontrol dan mengatur alam semesta.

Tauhid Al-Asma’ was-Sifat

  • Keesaan Allah dalam asma dan sifat-Nya, berarti percaya bahwa tidak ada yang mirip dengan Allah, Dzat, asma dan sifat.

Demikian Pembahasan Tentang Apa Itu Aqidah ?? Cari Tau Pengertian Akidah Islam Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀

loading...