“Artikel” Pengertian & ( Ciri – Tujuan – Manfaat – Jenis )

Posted on
Rate this post

“Artikel” Pengertian & ( Ciri – Tujuan – Manfaat – Jenis )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini artikel yang istilah mungkin langsung terbayang di benak kita sebuah karya (bentuk) tulisan yang untuk menyampaikan informasi ke masyarakat luas, mungkin sebagian dari kita masih bingung/kurang paham tentang apa itu artikel dan apa saja ciri-ciri dan berapa jenisnya, nah untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini.

"Artikel" Pengertian & ( Ciri - Tujuan - Manfaat - Jenis )

Pengertian Artikel

Secara umum artikel di artikan sebagai karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan “melalui koran, majalah, buletin, dan sebagainya” dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Ciri-Ciri Artikel

Adapun ciri-ciri artikel yang perlu diketahui diantaranya yaitu:

  • Isi tulisan didasari oleh fakta bukan sekedar mitos yang belum terjamin kebenarannya.
  • Bersifat faktual dan informative, mengungkapkan informasi yang berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  • Artikle ilmiah juga memiliki opini atau analisa pemikiran-pemikiran penulis, akan tetapi, pemikiran itu dikuatkan/didasari oleh data valid berupa hasil penelitian sebelumnya, teori, maupun fakta yang ditulis ke dalam artikel.
  • Menggunakan metode penulisan yang sistematis, dengan tujuan agar semua informasi dalam artikel dapat diterima oleh masyarakat luas.
  • Menggunakan ragam bahasa yang resmi dan baku, hal ini dikarenakan dengan menggunakan bahasa resmi yang bercirikan lugas, logis, denotatif dan efektif akan membuat bahasa artikel ilmiah terasa padat dan berisi.

Tujuan Artikel

Tujuan penulisan artikel ilmiah dimaksudkan bukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh seseorang, tetapi lebih mengarah pada apa yang ingin dicapai dalam penulisan artikel imiah tersebut, tujuan dalam penulisan artikel ilmiah.

  • Mendeskripsikan cara menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan dan diteliti.
  • Mendeskripsikan pembatasan ruang lingkup artikel ilmiah tersebut.

Manfaat Artikel

Manfaat menulis artikel ilmiah ialah sebagai berikut:

  • Sarana untuk menyampaikan ide penulis dalam mengembangkan daya imajinasi serta kreatif.
  • Berpikir sistematis serta berbahasa secara tertib dan teratur.
  • Memahami tujuan menulis yang nantinya akan mampu menguasai kompetensi menulis yang harus dicapai.
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Memberi dampak akademis bagi pembaca.

Jenis-Jenis Artikel

Adapun jenis-jenis artikel yang diantaranya yaitu:

Narasi

Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita, pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu, didalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik, narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

Deskripsi

Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar atau merasakan hal tersebut.

Argumentasi

Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/kesimpulan dengan data/fakta sebagai alasan/bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca, adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

Persuasi

Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu, dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Artikel” Pengertian & ( Ciri – Tujuan – Manfaat – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: