Bagian-Bagian Sel Dalam Ilmu Biologi ( Sitologi )

Biologi hisam sam

DosenPendidikan.Com – Sel ialah suatu organisasi dalam kehidupan yang terkecil dan lengkap atau unit struktural dan unit fungsional yang menjadi satu kesatuan hereditas dalam pertumbuhan makhluk hidup. Dalam ilmu biologi ada cabang yang secara khusus yang mempelajari tentang sel, mulai dari struktur sel, fungsi sel dan pada bagian-bagian sel. Cabang ilmu biologi tersebut terkenal dengan sebutan biologi sel atai sitologi.

bagian sel

Sebuah sel yang merupakan bagian terkecil dalam kehidupan sudah mewakili kehidupan pada organisasi kehidupan yang lebih tinggi. Sebuha sel dapa berkembang biak, memperoleh nutrisi, menghasilkan energi dan melakukan fungsi kehidupan yang lainnya. Sehingga setiap makhluk hidup pastinya memiliki sel, minimal satu sel saja, sehingga makhluk tersebut dapat hidup secara mandiri. Bila makhluk telah kehilangan fungsi selnya maka makhluk tersebut telah berubah menjadi makhluk mati.

Secara umum bagian-bagian sel telah dibagi atas tiga bagian utama yakni membran sel, sitoplasma dan inti sel, nah berikut ini ialah masing-masing penjelasan dari ketiga sel sebagai berikut :

Membran Sel

Bagi makhluk hidup seperti manusia maupun hewan bagian ini disebut dengan membran sel, namun untuk makhluk hidup seperti tumbuhan bagian ini disebut sebagai dinding sel. Membran sel merupakan bagian terluar dari sel sitoplasma yang berfungsi untuk mengatur pertukaran subsransi zat dan melindungi bagian-bagian didalam sel. Pada tumbuhan dinsing sel berfungsi untuk melindungi bagian sel yang terletak dibagian yang lebih dalam, memperkokoh sel, mencegah supaya sel tidak pecah dan menjadi tempat berpindahnya air dan mineral.

Sitoplasma

Sitoplasma ialah massa protoplasma yang terletak dibagian dalam sel dan nukleus, sitoplasma terdiri dari dua bagian yaitu bagian luar ( ektoplasma ) dan bagian dalam ( endoplasma ) didalam sitoplasma terdapat organel-organel sel yang memiliki fungsi-fungsi tertentu.

Inti sel

Inti sel atau nukleus ialah salah satu organel terbesar yang dilindungi oleh membran nukleus yang disebut sebagai nukleus fungsinya ialah sebagai pusat untuk mengatur seluruh kegiatan sel, mengendalikan reproduksi sel dan mengatur sintesis protein didalam nukleus terdapat nukleous.

Demikianlah pembahasan mengenai Bagian-Bagian Sel Dalam Ilmu Biologi ( Sitologi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih atas kunjungannya. 🙂

Most popular articles related to Bagian-Bagian Sel Dalam Ilmu Biologi ( Sitologi )
Shares