“Banner” Pengertian & ( Tujuan – Jenis Ukuran – Pembuatan – Fungsi )

Posted on
“Banner” Pengertian & ( Tujuan – Jenis Ukuran – Pembuatan – Fungsi )
3 (60%) 2 votes

“Banner” Pengertian & ( Tujuan – Jenis Ukuran – Pembuatan – Fungsi )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Banner yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tujuan, jenis ukuran, pembuatan, dan fungsi, nah untuk dapat memahami dan mengerti simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Banner

Banner ialah sebagai identitas sebuah blog atau website selain itu fungsi dari banner ialah sebagai media iklan, promosi, publikasi, menjalin persahabatan dan berbagai kepentingan lainnya. Berbagai jenis dan ukuran standar banner yang biasanya dipergunakan dalam blog atau site di media internet. Banner itu artinya ialah gambar, kebanyakan dibuat dengan ukuran kecil yang biasanya dimasukkan atau disisipkan di sebuah halaman web.

Banner dilengkapi sebuah link, yang kalau di klik akan menuju ke suatu situs yang telah ditentukan oleh si pembuat banner tersebut. Misalnya banner iklan di suatu blog, kalau ada yang meng-klik maka si pengujung akan dibawa ke situs yang dituju.

Tujuan Banner

Untuk tujuan dari banner ialah untuk mengiklankan produk tertentu dan menarik orang sebanyak mungkin/lalu lintas mungkin untuk produk tertentu. Adapun banner yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk saling bertukar link, sedangkan banner yang ukuran sedang untuk media iklan.

Sebaiknya banner tersebut jangan meniru punya orang lain, jadi buatlah banner ciptaan sendiri yang menarik supaya siapa saja yang melihat banner tersebut merasa tertarik dan akan mengklik link tautan kita.

Jenis Ukuran Banner

Berbagai ukuran utama banner. Banner ukuran standar pada umumnya untuk kepentingan iklan atau promosi “window pop-up” sebagai contoh yaitu:

  • 300 x 250 IMU / Pixel “Medium Rectangle”
  • 250 x 250 IMU / Pixel “Square Pop-up”
  • 240 x 400 IMU / Pixel “Vertical Rectangle”
  • 336 x 280 IMU / Pixel “Large Rectangle”
  • 180 x 150 IMU / Pixel “Rectangle”

Banner dan buttons merupakan jenis banner yang dipergunakan pada blog atau situs di media internet ukurannya antara lain yaitu:

  • 468 x 60 IMU / Pixel “Full Banner”
  • 234 x 60 IMU / Pixel “Half Banner”
  • 88 x 31 IMU / PIxel “Micro Bar”
  • 120 x 90 IMU / Pixel “Button 1”
  • 120 x 60 IMU / Pixel “Button 2”
  • 120 x 240 IMU / Pixel “Verical Banner”
  • 125 x 125 IMU / Pixel “Suara Button”
  • 728 x 90 IMU / Pixel “Leaderboard”

Pembuatan Banner

Pembuatan banner dapat dilakukan di perusahaan advertising, perusahaan jasa desain ataupun di desain sendiri dan dibawa ke perusahaan percetakkan. Banyak perusahaan advertising yang menawarkan jasa pembuatan banner hingga siap jadi. Anda pun bisa memanfaatkan jasa advertising tersebut untuk membuat banner yang diinginkan.

Fungsi Banner

Adapun untuk fungsi banner sendiri yaitu:

Menambah Daya Tarik Web/Blog

Banner yang kita pasang di web/blog bisa menambah tampilan web/blog lebih menarik, sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog anda, anda dapat menempatkan banner di bagian header web/blog.

Sebagai Ciri Khas/Identitas Anda

Dengan membuat banner anda berusaha untuk menunjukkan kepada pengujuang tentang siapa anda dan apa yang anda tulis dalam blog anda, itu artinya anda menciptakan brand bagi anda dan web/blog anda.

Sebagai Alat Promosi

Banner merupakan alat promosi yang efektif dengan menitipkan banner anda di web/blog yang sudah terkenal dan banyak pengunjunganya, dan bisa berharap mereka akan mampir blog anda dengan meng-klik banner itu.

Menonjolkan Isi Blog Anda

Banner juga bisa digunakan untuk menonjolkan isi dari web/blog anda, pengunjung bisa mengetahui atau paling tidak membayangkan isi web/blog anda dari banner anda.

Demikianlah pembahasan mengenai “Banner” Pengertian & ( Tujuan – Jenis Ukuran – Pembuatan – Fungsi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:

loading...