Beberapa Fungsi Inti Sel Beserta Penjelasannya

Posted on
Beberapa Fungsi Inti Sel Beserta Penjelasannya
4.33 (86.67%) 3 votes

DosenPendidikan.Com – Inti sel atau yang disebut juga dengan Nukleus ini merupakan bagian dari sel yang menampung materi genetik seperti DNA dan RNA. Fungsi inti sel yang paling utama ialah untuk melindungi atau menjaga integritas gen dan untuk memimpin kegiatan didalam sel dengan cara mengatur proses atau fungsi gen.

Screenshot_7

Pada sel eukariotik bisa ditemukan selaput tipis yang membungkus inti sel. Selaput tipis tersebut merupakan membran inti yang berfungsi dalam proses pertukaran materi antara cairan inti sel ( nukleoplasma ) dengan sitoplasma. Selain itu inti sel juga mempunyai bagian-bagian yang menyusunnya. Didalam sebuah inti sel selalu terdapat anak inti atau nukleous yang berguna untuk mengatur kinerja inti sel, inti sel memiliki fungsi yang sangat penting bagi perkembangan sel pada makhluk hidup.

Inilah beberapa fungsi sel yang perlu untuk diketahui simak dibawah ini.

Inti Sel Sebagai Media Penyimpanan Informasi Genetik

Inti sel berguna untuk media penyimpanan informasi genetik sebab didalam hati sel terdapat membran inti yang bertugas untuk mempertahankan DNA didalam wajahnya. Rangkaian DNA ini merupakan rangkaian yang terbilang sangat rumit sebab terdiri atas banyak gen yang mewakili tiap-tiap spessiesnya.

Inti Sel Sebagai Wadah Replikasi Dan Transkripsi

Dalam hal ini, inti sel berfungsi sebagai tempat yang dimana DNA melaksanakan replikasi. Replikasi tersebut didalam siklus sel terjadi pada fase G1. Sehingga dengan adanya replikasi DNA tersebut maka akan terjadi protes mitosis setelahnya.

Inti Sel Sebagai Pengatur Siklus Sel

Dalam hal ini inti sel berguna untuk mengatur siklus sel, mulai dari menentukan kapan suatu sel harus membelah, dan kapan sel tidak perlu membelah, dan juga kapan sel hanya perlu membesar saja. fungsinya ialah untuk semua jenis sel secara umum, kecuali sel kanker yang telah terkodekan didalam gen yang berada pada inti sel.

Inti Sel Untuk Mengendalikan Metabolisme Selular

Dalam hal yang demikian fungsi ini bisa terjadi karena adanya proses menghasilkan protein yang dilakukan yang melalui proses transkripsi dan translasi. Setiap gen akan menjadi protein yang dihasilkan melalui cetakan DNA. Protein tersebut nantinya akan menjadi enzim yang berperan dalam metabolisme sel atau metebolisme indivindu ( multiselular ).

Demikianlah pembahasan mengenai Beberapa Fungsi Inti Sel Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂