“Benua Australia” Keterangan & ( Keadaan Alam – Penduduk – Karakteristik )

Posted on

“Benua Australia” Keterangan & ( Keadaan Alam – Penduduk – Karakteristik )

DosenPendidikan.Com – Benua Australian yang dalam hal ini pada peta dunia atau globe, Benua Australia mudah teridentifikasi karena yang letaknya menyendiri di belahan Bumi selatan dan berdekatan dengan Indonesia. Dibanding dengan benua lain, Benua Australia memiliki topografi paling rata, perubahan ketinggian tempat tidak terjadi sampai jarak ratusan kilometer. Sebagian besar bentang alam benua ialah plato rendah. Pada sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai. Nah untuk kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Benua Australia, kalau begitu simak saja ulasannya dibawah ini.

Keadaan Alam

Dalam hal ini secara astronomis Benua Australia terletak di antara 113’BT – 155’BT dan 10’LS – 43’LS. Luas wilayahnya ialah 8.945.000 km2 dengan lebar wilayah sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km. Berikut ini batas-batas geografis wilayah Australia.

  • Sebelah utara berbatasa dengan Laut Timor, Laut Arafuru dan selat Torres.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik, Laut Tasman dan Laut Coral.

Bentang alam Australia sebagian besar berupa dataran dengan beberapa gunung dan pegunungan yang tidak terlalu tinggi. Beberapa gunung yang ada di Australia antara lain Gunung Brockman “1.114 m”, Gunung Bruce “1.235 m”, Gunung Ziel “1.510 m”, Gunung Kosciusko “2.230 m” dan Gunung Round “1.615 m”. Pegunungan di Australia antara lain Pegunungan pemisah besar “great dividing” yang membujur di Australia bagian timur, pegunungan Hamersley di Australia Barat dan pegunungan Mc. Donal di Australia Utara. Di Australia juga terdapat beberapa gurun besar, di antaranya Gurun Gibson di Australia Barat, Gurun Victoria yang membentang dari Australia Barat hingga Australia Selatan, Gurun Tanami di Australia Utara dan Gurun Pasir Besar di Australia Barat.

Sungai-sungai yang ada di Australia antara lain Sungai Dawson di Queensland, Sungai Darling di New South Wales, Sungai Fritzroy di Australia Barat, dan Sungai Victoria di Australia Utara. Selain sungai di Australia juga terdapat beberapa danau yang cukup besar. Danau-danau yang ada di Australia antara lain Danau Eyre, Gairdner dan Torrons di Australia Selatan, Danau Carnegic dan Danau Barlec di Australia Barat, serta Danau Mackay di perbatasan Australia Barat dan Australia Utara.

Keadaan Iklim

Apabila ditinjau dari garis lintangnya, Australia memiliki 3 wilayah iklim, diantaranya yaitu:

  • Iklim tropis, terletak di 10’LS – 23’LS terdapat di Australia bagian utara.
  • Iklim subtropis, terletak di 23’LS – 35’LS terdapat di Australia bagian selatan.
  • Iklim sedang, terletak di 35’LS – 44’LS terdapat di selatan Victoria dan Tasmania.

Iklim di Australia juag dipengaruhi oleh arus samudra, jarak dari laut dan bentang alam. Di sekitar pantai utara, barat dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalirnya arus panas. Sedangkan di sepanjang pantai selatan dan Tasmanias suhu udara relatif dingin akibat mengalirnya arus dingin. Daerah-daerah yang terletak dekat pantai udaranya lembab, sedangkan wilayah tengah Australia, karena letaknya jauh dari laut dan wilayahnya berupa gurun, udaranya sangat kering.

Penduduk

Penduduk Australia ialah suku Aborigin, ciri-ciri penduduk Aborigin yakni berkulit hitam, rambut keriting, bibir tebal dan kelopak mata lurus. Diperkirakan suku Aborigin telah menetap di Australia sejak 60.000 tahun lalu. Jumlah penduduk Aborigin sangat kecil jika dibandingkan dengan para pendatang.

Pada tahun 1770 Kapten Cook menyatakan hak Kerajaan Inggris atas Benua Australia, para pendatang pertama Inggris tiba pada tanggal 26 Januari 1788. Mereka umumnya ialah para tahanan yang dihukum atas kejahatan yang mereka lakukan, pelaut dan tentara. Orang-orang berdatangan dari sleuruh pelosok dunia ke Australia sampai tahun 1861 dan jumlah penduduknya mencapai 1.200.000 orang, mereka berdatangan untuk mencari emas yang pertama kali ditemukan pada tahun 1851, para pendatang tersebut juga berasal dari Cina.

Perekonomian

Dalam bidang pertanian Australia antara lain menghasilkan gandum, padi, anggur, buah-buahan. Australia juga penghasil gula terbesar ketujuh dan pengekspor gula terbesar ketiga di dunia. Usaha peternakan di Australia, meliputi sapi, domba. Hasil pertambangan meliputi, emas, bijih besi, bauksit dan aluminium, uranium, batu bara, minyak dan gas alam.

Karakteristik Benua Australia

Karakteristik Benua Australia yang membedakan dengan benua-benua lainnya ialah sebagai berikut.

  • Merupakan benua terkecil di dunia.
  • Benua yang hanya ditempati oleh satu negara.
  • Seluruh wilayahnya terdapat di belahan Bumi selatan.
  • Terdapat deretan pulau karang yang terbesar di dunia yaitu The Great Barrier Reef di perairan sebelah timur Australia.
  • Terdapat batu granit yang terbesar di dunia yaitu Ayers Rock.
  • Terdapat penduduk asli Aborigin yang mempunyai senjata khas bumerang, senjata ini akan kembali apabila setelah dilempar tidak mengenai sasaran.
  • Banyak memiliki jenis hewan yang berkantung seperti kanguru.

Pembagian Wilayah Administratif

Benua Australia, karena hanya ditempati oleh satu negara, maka tidak memiliki pembagian kawasan geografis seperti empat benua yang lain. Australia sebagai sebuah negara terbagi ke dalam enam negara bagian dan dua wilayah “teritorial”. Keenam negara bagian tersebut ialah New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Barat, Australia Selatan dan Tasmania, serta dua wilayah khusus yaitu Wilayah Australia Utara dan Wilayah Ibukota Australia.

Demikianlah pembahasan mengenai “Benua Australia” Keterangan & ( Keadaan Alam – Penduduk – Karakteristik ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: