“Bercerita” 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis – Manfaat – Tujuan )

Posted on

“Bercerita” 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis – Manfaat – Tujuan )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini bercerita merupakan kegiatan berbahasa yang bersifat produktif, artinya dalam bercerita seseorang melibatkan pikiran, kesiapan mental, keberanian, perkataan yang jelas sehingga dapat dipahami oleh orang lain.

"Bercerita" 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis - Manfaat - Tujuan )

Pengertian Bercerita Menurut Para Ahli

Adapun bercerita beberapa para ahli memberikan definisi yang diantaranya yaitu:

Menurut Burhan Nurgiyantoro “2001:278”

Ada beberapa bentuk tugas kegiatan berbicara yang dapat dilatih untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan bercerita pada siswa yaitu:

  • Bercerita berdasarkan gambar,
  • Wawancara,
  • Bercakap-cakap,
  • Berpidato,
  • Berdiskusi.

Bercerita merupakan salah satu kebiasaan masyarakat sejak dahulu sampai sekarang. Hampir setiap siswa yang telah menikmati suatu cerita akan selalu siap untuk menceritakannya kembali, terutama jika cerita tersebut mengesankan bagi siswa.

Menurut Burhan Nurgiyantoro “2001:289”

Bercerita merupakan salah satu bentuk tugas kemampuan berbicara yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan berbicara yang bersifat pragmatis. Ada dua unsur penting yang harus dikuasai siswa dalam bercerita yaitu linguistik dan unsur apa yang diceritakan. Ketepatan ucapan, tata bahasa, kosakata, kefasihan dan kelancaran, menggambarkan bahwa siswa memiliki kemampuan berbicara yang baik.

Menurut Tarigan “1981:35”

Menyatakan bahwa bercerita merupakan salah satu ketarmpilan berbicara yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Dikatakan demikian karena berbicara termasuk dalam situasi informatif yang ingin membuat pengertian-pengertian atau makna-makna menjadi jelas. Dengan bercerita seseorang dapat menyampaikan berbagai macam cerita, ungkapan berbagai perasaan sesuai dengan apa yang dialami, dirasakan, dilihat, dibaca dan ungkapan kemauan dan keinginan membagikan pengalaman yang diperolehnya.

Menurut Echols “Dalam Aliyah, 2011”

Storytelling terdiri atas dua kata yaitu story berarti cerita dan telling berarti penceritaan, Penggabungan dua kata storytelling berarti penceritaan cerita atau menceritakan cerita. Selain itu, storytelling disebut juga bercerita atau mendongeng seperti yang dikemukan oleh Malan, mendongeng ialah bercerita berdasarkan tradisui lisan. Storytelling merupakan usaha yang dilakukan oleh pendongeng dalam menyampaikan isi perasaan, buah pikiran atau sebuah cerita kepada anak-anak serta lisan.

Menurut Loban “Dalam Aliyah, 2011”

Menyatakan bahwa storytelling dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan daya kesadaran, memperluas imajinasi anak, orangtua atau menggiatkan kegiatan storytelling pada berbagai kesempatan seperti ketika anak-anak sedang bermain, anak menjelang tidur atau guru yang sedang membahas tema digunakan metode storytelling.

Menurut Pellowski “Dalam Nurcahyani, 2010”

Mendefinisikan storytelling sebagai sebuah seni atau seni dari sebuah keterampilan bernarasi dari cerita-cerita dalam bentuk syair atau prosa yang dipertunjukkan atau dipimpin oleh satu orang dihadapan audience secara langsung dimana cerita tersebut dapat dinarasikan dengan cara diceritakan atau dinyanyikan dengan atau tanpa musik, gambar ataupun dengan iringan lain yang mungkin dapat dipelajari secara lisan, baik melalui sumber tercetak atau[un melalui sumber rekaman mekanik.

Menurut Dhieni, “2008:6.3”

Bercerita ialah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain dengan alat atau tanpa alat tentang apa yang harus disampaikan dalam bentuk pesan, informasi atau hanya sebuah dongeng yang untuk didengarkan dengan rasa menyenangkan oleh karena itu orang yang menyajikkan cerita tersebut menyampaikannya dengan menarik.

Menurut Bachir “2005:10”

Becerita ialah menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau sesuatu kejadian dan disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia “2003:210”

Cerita merupakan tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal atau peristiwa atau karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman kebahagiaan atau penderitaan orang, kejadian tersebut sungguh-sungguh atau rekaan.

Menurut Musfiroh et al, “2005:59”

Berdasarkan pengertian di atas maka cerita anak dapat didefinisikan “tuturan lisan, karya bentuk tulis atau pementasan tentang suatu kejadian, peristiwa dan sebagainya yang terjadi diseputar dunia anak.

Jenis-Jenis Bercerita

Menurut Asfandiyar “2007” berdasarkan isinya bercerita dapat digolongkan ke dalam berbagai jenis, namun dalam hal ini peneliti membatasi jenis tersebut dalam:

  • Bercerita Pendidikan
    Dongeng pendidikan ialah dongeng yang diciptakan dengan suatumisi pendidikan bagi dunia anak-anak, misalnya menggugah sikap hormat kepada orang tua.
  • Fabel
    Fabel ialah dongeng tentang kehidupan binatang yang digambarkan dapat bicara seperti manusia. Cerita-cerita fabel sangat luwes digunakan untuk menyindir perilaku manusia tanpa membuat manusia tersinggung, misalnya dongeng kancil, kelinci dan kura-kura.

Manfaat Bercerita

Bebicara mengenai bercerita sungguh banyak manfaatnya, tak hanya bagi anak-anak tetapi juga bagi orang yang mendongengkannya. Menurut Hibana “Dalam Kusmiadi, 2008”, manfaat dari kegiatan mendongeng ini antara lain ialah:

  • Mengembangkan fantasi, empati dan berbagai jenis perasaan lain.
  • Menumbuhkan minat baca.
  • Membangun kedekatan dan keharmonisan.
  • Media pembelajaran.
  • Dan lain-lain

Tujuan Bercerita

Metode ini bertujuan untuk memberi pengalaman pelajaran agar anak memperoleh penguasaan isi cerita yang disampaikan lebih baik, melalui bercerita anak menyerap pesan-pesan yang dituturkan melalui kegiatan bercerita. Penuturan cerita yang sarat informasi atau nilai-nilai itu dihayati anak dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah pembahasan mengenai “Bercerita” 10 Pengertian Menurut Para Ahli & ( Jenis – Manfaat – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga:


loading...