Ciri-Ciri Bakteri Beserta Penjelasannya

Posted on
Ciri-Ciri Bakteri Beserta Penjelasannya
Rate this post

DosenPendidikan.Com – Bakteri ini juga disebut dengan nama Eubacteria. Untuk ciri-ciri bakteri sebenarnya mempunyai perbedaan diantara jenis-jenis bakteri yang ada, namun untuk kali kita akan membahas dari ciri-ciri umum bakteri tersebut.

Ciri-Ciri Bakteri

Bakteri merupakan organisme prokariota uniseluler yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan alat mikroskop. Pada bakteri ada di sekitar kita dan dalam tubuh kita. Bakteri berasal dari istilah kata yaitu Bakterion. Bakterion ialah batang kecil yang dimana pada umumnya bakteri memiliki dinding sel namun tidak berklorofil.

Sejarah penemuan bakteri itu sendiri bakteri ditemukan oleh seorang yang bernama Antony van Leeuwenhoek yang pertama kali pada tahun 1674. Antony van Leeuwehoek merupakan seorang ilmuan yang berasal dari negara Belanda. Antony van Leeuwenhoek tidak hanya penemu bakteri namun dia juga penemu alat mikroskop lensa tunggal. Dalam pemberian nama bakteri ialah Ehrenberg dengan istilah bakteri yang diperkenalkan pada tahun 1828. Ilmu yang mempelajari tentang bakteri ialah Bakteriologi.

Pembahasan Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum

Setelah membahas sedikit asal-usul bakteri, nah sekarang kita menuju ke pembahasan kita yakni ciri-ciri bakteri secara umum, simak dibawah ini.

  • Organisme prokariota ( tidak memiliki membrane inti sel ) dan uniseluler ( bersel satu ).
  • Pada umumnya bakteri berukuran sekitar 0.5 um dan ada juga yag bisa berukuran lebih yakni 10-100 um. Misalnya bakteri berukuran besar yaitu Epulopiscium fishelsoni ( kurang lebih 0,5 mm ), dan Thiomargarita ( kurang lebih 0,75 mm ), sedangkan bakteri yang berukuran kecil ialah Mycoplasma ( kurang lebih 0,12 um ).
  • Pada umumnya tidak berklorofil.
  • Bentuk-bentuk sel bervariasi seperti basil ( batang ), kokus ( bola ), spirilum ( spiral ), kokobasil ( bulat dan batang ), dan vibrio ( tanda baca koma ).
  • Pada dinding sel bakteri tersusun atas mukopolisakarida dan peptidoglikan. Peptodoglikan terdiri dari polimer besar yang tersusun atas N-asetil glukosamin dan N-asetil muramat yang saling berikatan kovalen.
  • Sel bakteri mempunyai kemampuan dengan dapat mensekresikan lendir ke permukaan dinding sel dalam membentuk kapsul yang berfungsi sebagai perlindungan.
  • Bakteri hidup dengan bebas atau parasit.
  • Membrane sitoplasma terdiri atas 8-10% fospolipid dan protein.
  • Dalam kondisi yang tidak menguntungkan, bakteri akan membentuk endospora dengan fungsi perlindungan bakteri terhadap panas dan gangguan alam.
  • Bakteri ada yang bergerak dengan flagella dan ada juga yang bergerak dengan berguling ( tanpa flagella ).
  • Dalam dinding sel bakteri tidak mengandung peptidoglikan yang hidup pada lingkungan buruk ( ekstrim ) seperti air panas, kawah, gambut. Sedangkan bakteri yang mengandung peptidoglikan ialah bakteri yang hidupnya kosmolipit.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri-Ciri Bakteri Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...