Ciri-Ciri Dan Peranan Pisces ( Ikan ) Beserta Penjelasannya

Posted on
Ciri-Ciri Dan Peranan Pisces ( Ikan ) Beserta Penjelasannya
3 (60%) 1 vote

DosenPendidikan.Com – Pisces ( Ikan ) diklasifikasikan dengan berbagai ciri-ciri dan manfaat atau peranan dari jenis-jenis Pisces ( Ikan ). Pada tubuh ikan memiliki bentuk pipih lateral ( misalnya ikan bandeng ) atau pipih dorsoventral ( misalnya ikan pari ) untuk memudahkan dalam bergerak di air. Yang anggota geraknya berupa sirip yang terdiri dari sepasang sirip dada dan juga sepasang sirip perut.

Ciri-Ciri Dan Peranan Pisces ( Ikan )

Selain dari itu juga terdapat sirip anal serta sirip punggung dimana bagian depannya dan belakang tidak berpasangan. Pada tubuh ikan ditutupi dari sisik-sisik yang tersusun dari zat kapur. Yang pada permukaan sisik berlendir untuk memudahkan gerakan ikan yang ada dalam air. Di sisi kiri kanan tubuhnya terdapat gurat dengan sisi yang berfungsi sebagai alat keseimbangan. Gurat isi tersebut berfungsi dalam menentukan arah arus air dan kedalaman ikan sewaktu berenang.

  • Sistem Pernapasan
    Ikan bernapas dengan insang, insang tersebut mengandung pembuluh darah sehingga memiliki warna merah. Air masuk melalui mulut yang melewati insang dan setelah terjadi pertukaran gas, air keluar melalui tutup insang ( operkulum ). Tutup insang yang senantiasa membuka dan menutup untuk mengatur keluar masuknya air. ada juga ikan yang bernapas dengan menggunakan paru-paru yakni ikan Dipnoi.
  • Sistem Transportasi
    Pada jantung ikan terdiri dari dua ruang yaitu serambi ( atrium ) dan biliki ( ventrikel ). Darah yang memiliki oksigen yang kurang yang ada pada bagian belakang mengalir ke depan menuju ke serambi kemudian ke biliki. Bilik yang berotot tebal memompa darah menuju ke insang. Di insang terjadi pertukaran gas, darah yang kaya oksigen mengalir ke seluruh tubuh.

Ciri-Ciri Pisces ( Ikan )

Pisces ( Ikan ) merupakan Vertebrata akuatik ( hidup di air ) yang memiliki ciri-ciri umum, nah berikut:

  • Pada tubuh terdiri dari kepala, badan dan ekor. Tubuh ditutupi oleh kulit yang umumnya bersisik dan berlendir. Terdapat empat tipe sisik yaitu ganoid, plakoid, stenoid dan sikloid. Pisces memiliki sirip untuk berenang. Endoskeleton tersusun tulang rawan atau tulang keras.
  • Pisces bernapas dengan insang, insang ditutupi oleh operkulum ( tutup insang ). Insang ada yang mengalami perluasan yang disebut dengan labirin, contohnya pada ikan Trichogaster sp, Helostoma sp, Anabas sp, dan Osphronemus goramy ( gurami ). Pisces memiliki organ tambahan yang berupa gelembung renag yang berfungsi sebagai pembantu pernapasan dan juga alat hidrostatis.
  • Pisces bersifat Poikilotern ( berdarah dingin/suhu tubuh yang dipengaruhi oleh suhu lingkungan ).
  • Sistem peredaran darah tertutup tunggal, artinya satu kali peredaran darah hanya satu kali melalui jantung. Jantung terdiri atas dua ruang yaitu satu ventrikel dan satu atrium.
  • Sistem pencenaan yang lengkap denga dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus dan anus.
  • Alat eksresi yang berupa ginjal dengan tipe pronefron dari mesonefron.
  • Sistem koordinasi yang terdiri atas sistem saraf pusat ( otak dan sumsum tulang belakang ) dan sistem hormone. Pisces juga memiliki alat indra dengan berupa sepasang mata, sepasang telinga dalam, indra pembau dan juga gurat sisi. Gurat sisi yang terdapat di sepanjang sisi tubuhnya yang berfungsi untuk mengetahui perubahan tekanan air.
  • Alat kelamin yang terpisah atau hermafrodit, Fertilisasi terjadi secara eksternal ( diluar tubuh ) atau internal ( di dalam tubuh ). Pisces yang bersifat ovipar, ovovivipar dan vivipar.

Peranan Pisces ( Ikan )

Pada pisces memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia. Peranan pisces ( ikan ) yaitu:

  • Yang pada daging ikan merupakan sumber protein tinggi dan mengandung asam lemak yang tak jenuh.
  • Kulit ikan tertentu dapat disamak untuk dibuat tas, dompet, sepatu dan juga jaket.
  • Dapat dipelihara sebagai ikan hias di aquarium.
  • Pemberantasan nyamuk yang secara biologi, sehingga dapat mencegah muncul dan terjadinya wabah penyakit demam berdarah dan juga penyakit malaria.
  • Pada tualng ikan bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan lem.
  • Sisa-sisa ikan bisa dimanfaatkan dengan dibuat tepung untuk campuran makanan ternak atau dibuat pupuk tanaman.
  • Jenis ikan yang ganas dapat menyerang dan juga membahayakan manusia terutama bagi perenang, misalnya hiu, piranha, ikan macan di afrika, salem-karper dan juga ikan kumis dari Amerika Selatan.

Demikianlah pembahasan mengenai Ciri-Ciri Dan Peranan Pisces ( Ikan ) Beserta Penjelasannya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

loading...