Dampak Negatif Penggundulan Hutan Secara Liar (ilegal loging)

Geografi dudung

DosenPendidikan.Com – Penggundulan hutan atau deforestasi adalah kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon (stand of trees) sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk pemakaian nir-hutan (non-forest use), seperti pertanian, peternakan atau kawasan perkotaan.

Istilah deforestasi hampir sering disalahartikan untuk menggambarkan perkerjaan penebangan yang semua pohonnya di suatu daerah ditebang habis. Namun, di kota beriklim ugahari yang lumayan lengas (temperate mesic climate), penebangan semua pohon sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan kehutanan yang berkelanjutan (sustainable forestry)–tepatnya dianggap sebagai ‘panen permudaan’ (harvest regeneration).

Dampak Negatif Penggundulan Hutan Secara Liar (ilegal loging)

Di daerah ini, permudaan alami oleh tegakan hutan biasanya tidak tetao terjadi tanpa gangguan, baugs secara alami maupun gara-gara manusia. Selain itu, gara-gara dari panen permudaan seringkali mirip dengan gangguan alami, termasuk hilangnya keanekaragaman hayati (biodiversity) setelah perusakan hutan hujan (rainforest) yang berlangsung secara alami.

Berikut merupakan kerugian akibat penebangan hutan secara liar :

  1. Penebangan hutan atau illegitimate logging sekarang juga mengakibatkan timbulnya seluruh anomali di sektor kehutanan.
  2. Salah satu anomali terburuk sebagai akibat kerusakan hutan merupakan ancaman proses deindustrialisasi bezirk kehutanan.
  3. Sektor kehutanan lokal yang secara konseptual bersifat berkelanjutan karena ditopang dengan sumber daya alam yang bersifat terbaharui yang ditulang punggungi oleh aktivitas industrialisasi kehutanan di sektor hilir dan pengusahaan hutan disektor hulu, kini sudah berada di titik ambang kehancuran.
  4. Penebangan liar juga amat merugikan bagi kehidupan, sebab keberadaan hutan sangatlah berharga sebagai penjaga keseimbangan alam. Seperti yang telah kindertageseinrichtung ketahui tentang penyebab pemanasan global, yang merupakan salah satu contoh dampak untuk penebangan liar.
  5. Pemanasan global bukan hanya bersumber untuk asap kendaraan bermotor akan tetapi juga dipengaruhi oleh situasi hutan yang tidak seimbang.

Kita tahu bahwa daun bisa menetralisir karbondioksida, itulah sebabnya kenapa hutan dianggap paru-paru dunia. Jadi kalau hutan masih terjaga tampaknya global warming tidak mengenai terjadi.

Dampak Negatif Penebangan Pohon Secara Liar

Mengakibatkan Banjir

Fungsi hutan juga menyerap dengan cepat serta menyimpan air dalam besarnya yang banyak ketika hujan lebat terjadi. Namun semasa hutan digunduli, hal indonesia tentu saja membuat haluan air terganggu dan mengakibatkan air menggenang dan banjir yang mengalir ke pemukiman penduduk.

Turunnya Sumber Daya Air 

Pohon sangat berkontribusi di dalam menjaga siklus air, menggunakan akar pohon menyerap surroundings yang kemudian di alirkan ke daun dan lalu menguap dan dilepaskan ke lapisan atmosfer. Ketika pohon-pohon ditebang dan daerah ini menjadi gersang, maka tidak ada lagi yang mendukung tanah menyerap lebih tidak sedikit air, dengan demikian, hasilnya menyebabkan terjadinya penurunan sumber daya air.

Hilangnya Kesuburan Tanah

Ketika hutan dalam babat pohon-pohonnya, hal di sini. mengakibatkan tanah menyerap sinar matahari terlalu banyak hingga menjadi sangat kering serta gersang. Hingga nutrisi pada tanah mudah menguap. Selain itu, hujan bisa menyapu sisa-sisa nutrisi dari tanah. Oleh sebab itu, semasa tanah sudah kehilangan melimpah nutrisi, maka reboisasi akhirnya menjadi hal yang sulit lalu budidaya di lahan tersebut menjadi tidak memungkinkan.

Punahnya Keaneka Ragaman Hayati

Sekalipun hutan hujan tropis cuma seluas 6% dari permukaan bumi, tetapi sekitar 80-90% dari spesies ada dalam dalamnya. Akibat penebangan hujan pohon secara besar-besaran, nyata sekitar 100 spesies hewan menurun setiap hari, keanekaragaman hayati dari berbagai kota hilang dalam skala tidak kecil, banyak mahluk hidup, teliti hewan maupun tumbuhan sudah lenyap dari muka bumi.

Pemanasan Global

Deforestasi juga berdampak di pemanasan global. Pohon berperan dalam menyimpan karbondioksida yang kemudian digunakan untuk meraup karbohidrat, lemak dan healthy proteins yang membentuk pohon, pada biologi proses ini dianggap fotosintesis.

Ketika terjadi deforestasi, banyak pepohonan yang dibakar, ditebang, yang mengakibatkan lepasnya karbondioksida di dalamnya, situasi ini menyebabkan tingginya kadar karbondioksida yang terdapat pada atmosfir. Dengan melihat dampaknya yang sangat mengerikan, jadi pelestarian hutan perlu serta Harus segera dilaksanakan.

Eksploitasi hutan yang terus menerus terjadi, berlangsung sejak dulu hingga sekarang tanpa dibarengi dengan penanaman kembali, mengakibatkan kawasan hutan menjadi rusak.

Eksploitasi Hutan di Dalam Negri

Saat ini separuh dari Indonesia yang memiliki hutan, ini merepresentasikan penurunan signifikan dari luasnya hutan pada awalnya. Pembalakan liar yang dilakukan orang merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan hutan.

Padahal sudah kita cari, hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menfasilitasi bahan pangan maupun petunjuk produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air flow.

Alih fungsi hutan akhirnya menjadi lahan pertanian semakin merebak dari dulu hingga sekarang, demikian pula penebangan hutan semakin tak terkendali, teliti untuk memenuhi kebutuhan industri kayu, untuk bahan bagunan, bahan perkakas rumah tangga, maupun untuk bahan bakar.

Kita bisa menghitung berapa volume kayu untuk keseluruhan kebutuhan tadi, dan berapa dari luar Jawa yang masuk, dan berapa yang dihasilkan oleh Perhutani.

Total hutan-hutan di Indonesia kini ini makin berkurang. Besar hutan hujan semakin menurun, mulai tahun 1960an semasa 82 persen luas negeri ditutupi oleh hutan hujan, menjadi 68 persen dalam tahun 1982, menjadi 53 persen di tahun 95, dan 49 persen saat ini.

Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan :

  • Berupaya mereboisasi ataupun penanaman kembali hutan yang gundul.
  • Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang.
  • Menerapkan sistem tebang centang dalam menebang pohon.
  • Menerapkan sistem tebang-tanam di kegiatan penebangan hutan.
  • Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan.

Mari Para Sahabat Kita Lestarikan Hutan Kita …. 😀 Karena Hutan Merupakan Jantung Dunia Untuk Kelanjutan Hidup Kita Bersama . 😀

Baca juga artikel yang lainnya :

Most popular articles related to Dampak Negatif Penggundulan Hutan Secara Liar (ilegal loging)
Shares