Dampak Negatif Penyimpangan Sosial Terhadap Diri Dan Masyarakat Serta Cara Penaggulangannya

Dampak Negatif Penyimpangan Sosial Terhadap Diri Dan Masyarakat Serta Cara Penaggulangannya
3 (60%) 2 votes

DosenPendidikan.Com – Prilaku menyimpang yang juga lumrah dikenal dengan nama penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau norma-norma, teliti dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu juga pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial.

Dampak Negatif Penyimpangan Sosial

Prilaku menyimpang juga dapat diartikan sebagai laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma serta hukum yang ada dalam dalam masyarakat.

Dampak Tuk Pelaku (diri sendiri)

Terganggunya perkembangan jiwa

Pengaruh psikologis atau penderitaan kejiwaan serta tekanan mental terhadap pelaku karena tetao dikucilkan dari kehidupan penduduk atau dijauhi dari pergaulan.

  • Dapat menghancurkan masa hadapan pelaku penyimpangan.
  • Dapat menjauhkan pelaku dari Tuhan lalu dekat dengan perbuatan dosa.
  • Perbuatan yang dilakukan meraih mencelakakan dirinya sendiri.

Terkucilkan

Umumnya dialami oleh pemain penyimpangan individual, antara yang lain pelaku penyalahgunaan narkoba, penyimpangan seksual, tindak kejahatan/kriminal. Pengucilan kepada pelaku penyimpangan diterapkan oleh masyarakat dengan manfaat supaya pelaku penyimpangan menyadari kesalahannya dan tindak penyimpangannya tidak menulari anggota penduduk yang lain.

Rasa Bersalah

Sebagai manusia yang adalah mahluk yang berakal budi, mustahil seorang pelaku tindak penyimpangan tidak pernah merasakan malu, merasa bersalah justru merasa menyesal telah melanggar nilai-nilai dan norma masyarakatnya. Sekecil apapun rasa bersalah itu pasti akan nampak karena tindak penyimpangan ini telah merugikan orang yang lain, hilangnya harta benda justru nyawa.

Dampak Bagi Kehidupan Masyarakat

Perilaku penyimpangan juga membawa dampak tuk orang lain atau kehidupan masyarakat pada umumnya. Dalam beberapa di antaranya adalah meliputi hal-hal berikut ini.

  • Mengganggu keamanan, ketertiban lalu ketidakharmonisan dalam masyarakat.
  • Merusak tatanan nilai, norma, kemudian berbagai pranata sosial yang berlaku di masyarakat.
  • Mengundang beban sosial, psikologis, serta ekonomi bagi keluarga pemain.
  • Merusak unsur-unsur budaya serta unsur-unsur lain yang mengelola perilaku individu dalam kehidupan masyarakat.

Dampak yang ditimbulkan sebagai akibat perilaku penyimpangan sosial, baik terhadap pemain maupun terhadap orang yang lain pada umumnya adalah bersifat negatif.

Pencegahan Penyimpangan Sosial

Family

Keluarga yaitu awal proses sosialisasi lalu pembentukan kepribadian seorang putra. Kepribadian seorang anak jadi terbentuk dengan baik bila ia lahir dan berkembang dalam lingkungan family yang baik begitu kebalikannya.

Lingkungan Rumah Dan Saudara Sepermainan

Lingkungan tempat perlu juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang untuk melakukan penyimpangan sosial. Seseorang yang menghuni dalam lingkungan tempat perlu yang baik, warganya taat dalam melakukan ibadah petunjuk dan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik maka keadaan indonesia akan memengaruhi kepribadian seseorang menjadi baik sehingga terbebas dari penyimpangan sosial lalu begitu juga sebaliknya.

Media Massa

Media massa baugs cetak maupun elektronik yaitu suatu wadah sosialisasi yang dapat mempengaruhi seseorang di dalam kehidupan sehari-hari. Langkah pencegahan agar tidak terpengaruh gara-gara media massa adalah apbila kamu ingin menonton pokok di televisi dengan menentukan acara yang bernilai positif dan menghindari tayangan yang dapat membawa pengaruh gak baik.

Itulah kawan dampak dari penyimpangan sosial .. 😀 Kita sebagai generasi penerus harus menghindari prilaku menyimpan tersebut agar masadepan lebih baik dari hari ini … 😀

Dampak Negatif Penyimpangan Sosial Terhadap Diri Dan Masyarakat Serta Cara Penaggulangannya