Definisi Bakteri Gram Positif Dan Negatif Beserta Ciri-Cirinya

Posted on

DosenPendidikan.Com – Pada tahun 1884 seorang doketr yang bernama Hans Christian Gram yang berasal dari Jerman dengan mengembangkan teknik untuk dapat membedakan jenis bakteri yang didasarkan dari ketebalan lapisan peptidoglikan pada dinding sel dengan sistem pewarnaan. Bakteri ini diwarna dengan zat warna violet dan yodium, yang kemudian dibilas ( cuci ) dengan alcohol dan diwarnai sekali lagi dengan zat warna merah.

Definisi Bakteri Gram Positif Dan Negatif

Apabila bakteri ini menunjukkan warna ungu makan dikelompokkan pada jenis bakteri Gram Positif dan bila bakteri menunjukkan warna merah maka dikelompokkan pada jenis bakteri Gram negative. Namun ada juga bakteri dimana pada usia tertentu akan menjadi berubah dari Gram positif menjadi Gram negative yang disebut dengan Gram variabel. Untuk contoh dari bakteri Gram variabel yaitu bakteri yang tergolong family Bacillaceae.

Pengertian Bakteri Gram Positif

Bakteri gram positif merupakan bakteri yang dinding selnya menyerap warna violet dan mempunyai lapisan peptidoglikan yang tebal. Contoh bakteri gram positif itu sendiri ialah Bifidobacterium, Lactobacillus, Staphilococcus, Clotridium, Actinomyces, Arachnia, Propionibacterium dan Peptostreptococcus.

Ciri-Ciri Bakteri Gram Positif

  • Mempunyai sitoplasma lipid membrane
  • Lapisan peptidoglikan yang tebal
  • Beberapa spesies memiliki flagellum
  • Beberapa spesies memiliki kapsul polisakarida
  • Tidak memiliki kepekaan dengan streptomysin
  • Toksin yang dibentuk berupa Eksotoksin Endotoksin
  • Komposisi nutrisi yang dibutuhkan lebih rum

Pengertian Bakteri Gram Negatif

Bakteri gram negatif merupakan bakteri yang dinding selnya menyerap warna merah dan memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis. Lapisan peptidoglikan pada bakteri Gram negative terletak di ruang periplasmik antara membrane plasma dengan membrane luar. Contoh bakteri gram negatif ialah aeruginosa, azotobacter, influenza, rhizobium leguminosarum, salmonella typhi, helicobacter pylori, neisseria gonorrchoeae, pseudomonas aeruginosa.

Ciri-Ciri Bakteri Gram Negatif

  • Mempunyai sitoplasmic membrane
  • Kurang rentang terhadap senyawa penisilin
  • Struktur dinding sel yang tipis yaitu sekitar 10-15 mm, yang multilayer atau berlapis tiga
  • Tidak resisten terhadap gangguan fisik
  • Mengandung lemak pada dinding sel yang banyak yaitu sekitar 11-12

Perbedaan Bakteri Gram Positif Dan Bakteri Gram Negatif

Bakteri gram negative bersifat patogen yang lebih berbahaya dari bakteri gram positif, karena membrane luar pada dinding selnya melindungi bakteri dari sistem pertahanan inang dan menghalangi masuknya obat-obatan antibiotic. Senyawa lipopolisakarida terhadap membrane luar bakteri gram negative juga dapat bersifat toksin ( racun ) bagi inang.

Demikianlah pembahasan mengenai Definisi Bakteri Gram Positif Dan Negatif Beserta Ciri-Cirinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂