“Devisa” Pengertian & ( Jenis – Fungsi – Manfaat – Bentuk )

Posted on

“Devisa” Pengertian & ( Jenis – Fungsi – Manfaat – Bentuk )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali kami akan memberikan ulasan mengenai Devisa yang dimana dalam hal ini meliputi jenis, fungsi, manfaat dan bentuk, nah agar dapat memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian Devisa

Devisa ialah seluruh barang yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Adapun bentuk dari devisa misalnya seperti: mata uang asing “dollar, euro dll”, emas, wesel asing dan lain-lain.

Jenis-Jenis Devisa

Adapun untuk jenis-jenis dari devisa yang diantaranya yaitu:

  • Devisa umum ialah jenis devisa yang bisa diperoleh tanpa ada kewajiban untuk mengembalikannya, misalnya seperti: ekspor, penyelenggaraan jasa-jasa dan lain-lain.
  • Devisa kredit ialah jenis devisa yang bisa diperoleh dengan syarat untuk mengembalikannya, misalnya seperti: pinjaman luar negeri.

Fungsi Devisa

Adapun untuk fungsi dari devisa diantaranya yaitu:

  • Sebagai alat pembayaran internasional, misalnya seperti: expor, impor dan lain-lain.
  • Sebagai alat pembiayaan hubungan internasional, misalnya seperti: perjalanan dinas, diplomatik kedaulatan, konsultan dan lain-lain.
  • Sebagai alat untuk membayaran utang luar negeri.
  • Sebagai sumber pendapatan negara dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat Devisa

Adapun beberapa manfaat dari devisa diantaranya yaitu:

  • Untuk membeli barang dari luar negeri atau men-impor barang.
  • Untuk membayar utang pokok maupun bunga utang luar negeri.
  • Untuk membiayai kegiatan-kegiatan perdagangan yang ada di luar negeri.
  • Untuk membiayai perwakilan yang ada diluar negeri misalnya seperti: duta besar, konsulat dan lain-lain.
  • Untuk membiayai atlit olah raga dalam mengikuti suatu pertandingan, studi banding dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bentuk-Bentuk Devisa

Adapun bentuk-bentuk devisa yang diantaranya yaitu:

Valuta Asing

Jika kita melakukan kegiatan perdagangan dengan negara lain baik dalam bentuk ekspor maupun impor, kita tidak dapat memaksakan mata uang kita sebagai alat pembayaran. Kita harus menggunakan mata uang asing. Mata uang asing yang dipakai sebagai alat pembayaran luar negeri yang dapat diterima dunia internasional disebut valuta asing. Jenis devisa ini diperoleh dari hasil ekspor “devisa umum” atau dari kredit luar negeri “devisa kredit”.

Misalnya seorang pengusaha di Jakarta mendatangkan mesin dari sebuah pabrik mesin di Jepang. Pengusaha Jepang minta dibayar dalam yen. Bagaimana jika pengusaha Jakarta hanya memiliki rupiah?? pada kenyataannya pihak asing minta dibayar dalam dolar Amerika Serikat (US$) atau valas yang memiliki nilai relatif stabil seperti £ (pound sterling Inggris) atau ¥ (yen Jepang).

Oleh karena itu, pengusaha di Jakarta dapat menghubungi bank devisa untuk membeli valas sebanyak yang dibutuhkan dan dibayar dengan rupiah. Harga yang harus dibayar melalui pembelian valas disebut kurs “rate of exchange”, kurs valas ialah harga valas, misalnya US$= Rp10.000,00.

Surat-Surat Berharga

Contoh surat-surat berharga antara lain obligasi, commercial papers, maupun saham.

Surat-Surat Wesel Luar Negeri

Contoh surat wesel ini ialah wesel yang dikirim oleh tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri untuk keluarganya di Indonesia. Oleh karena besarnya devisa yang dikirim TKI masuk ke negara, mereka sering dijuluki sebagai pahlawan devisa.

Demikianlah pembahasan mengenai “Devisa” Pengertian & ( Jenis – Fungsi – Manfaat – Bentuk ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: