“Dial-Up” Pengertian & ( Macam – Contoh )

Posted on
“Dial-Up” Pengertian & ( Macam – Contoh )
5 (100%) 1 vote

“Dial-Up” Pengertian & ( Macam – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini Dunis teknologi informasi semakin kesini semakin berkembang pesat, dapat dibilang saat ini rata-rata orang membutuhkan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatan atau rutinitasnya sehari-hari. Salah satu produk dari dunia IT yakni Dial-up. Apa itu dial-up? Nah pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai Dial-up, nah agar lebih jelas simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Dial-up

Dial-up merupakan suatu jenis koneksi antara komputer dengan menggunakan saluran telepon tetap ataupun bergerak. Atau definisi dial-up yang lainnya yakni merupakan sebuah istilah untuk menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan slauran telepon.

Sadangkan syarat yang utama untuk melakukan koneksi dial-up harus ada modem. Modem merupakan perangkat keras yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau dapat juga sebaliknya.

Sedangkan yang dimaksud dengan dial-up networking ialah suatu perangkat protokol dan juga perangkat lunak “software” yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke ISP “Internet Service Provider”. Apakah itu ISP? singkatan ISP merupakan penyedia layanan supaya kita dapat mengakses atau terhubung ke jaringan internet.

Dial-up networking merupakan salah satu jenis koneksi antara komputer dengan jaringan internet yang sering digunakan. Sekitar akhir tahun 2000-an lebih dari satu per empat milyar pengguna komputer melakukan koneksi dial-up ke jaringan internet. Dapat disimpulkan ini merupakan 4 kali lebih banyak, jika dibandingkan dengan metode lainnya, misalnya seperti modem kabel, IDSN dsb.

Adapun beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dial-up networking, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Pada dial-up networking menggunakan modem sebagai interfacenya untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
  • Dengan cara melakukan dial-up modem pada saat ini termasuk salah satu cara yang murah dalam mengakses jaringan internet dan yang paling banyak digunakan, tapi kelemahannya yakni kecepatan yang rata-rata lambat jadi jika mengakses website yang mempunyai konten yang besar membutuhkan waktu yang lumayan lama.
  • Bisanya dial-up networking melakukan komunikasi dengan ISP menggunakan standar point-to-poit protokol saat mengakses jaringan internet.
  • Dan kecepatan maksimal saat men-download file ataupun data dalam dial-up networking ini sangat terbatas, hal ini terletak pada badwith sistem telepon dan kualias salurannya.

Perangkat Yang Digunakan Pada Koneksi Dial-up

Tentunya dalam melakukan koneksi Dial-up membutuhkan berbagai macam perangkat, baik itu hardware dan software yang diantaranya seperti dibawah ini:

  • Dari segi hardware dianteranya seperti PC atau komputer, saluran telepon dan modem.
  • Sedangkan dari segi software biasanya pada bagian perangkat ini sudah disediakan oleh ISP.
  • Dan username dan kata sandi untuk melakukan login “jika memang ada” biasanya sudah disediakan oleh pihak ISP tempat berlangganan serta hanya kata sandi saja yang dapat diganti, tujuannya untuk masalah keamanan.

Dalam melakukan koneksi Dial-up komputer melalui perangkat modem akan melakukan pemanggilan telepon ke penyedia jasa internet atau ISP lalu akan terhubung dan komputer-pun dapat mengakses jaringan internet. Selanjutnya jika ingin mengakhiri koneksi dapat dilakukan dengan cara memutuskan hubungan telepon atau disconnect.

Contoh Koneksi Internet Menggunakan Dial-up

Inilah beberapa contoh koneksi internet dial-up, misalnya seperti menggunakan line telepon tertentu, koneksi dengan menggunakan handphone yang memiliki fasilitas modem dan bisa juga menggunakan modem USB “Universal Serial Bus”.

Demikianlah pembahasan mengenai “Dial-Up” Pengertian & ( Macam – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Baca Juga:

loading...