“Discovery Learning” Pengertian & ( Jenis – Bentuk – Karakteristik – Tujuan )

Posted on

“Discovery Learning” Pengertian & ( Jenis – Bentuk – Karakteristik – Tujuan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Discovery Learning yang dimana dalam hal ini meliputi Jenis, Bentuk, Karakteristik dan Tujuan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Discovery Learning

Model pembelajaran penemuan “discovery learning” diartikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi ketika siswa tidak disajikan informasi secara langsung tetapi siswa dituntut untuk mengorganisasikan pemahaman mengenai informasi tersebut secara mandiri. Siswa dilatih untuk terbiasa menjadi seorang yang saintis “ilmuan”. Mereka tidak hanya sebagai konsumen, tetapi diharapkan pula bisa berperan aktif, bahkan sebagai pelaku dari pencipta ilmu pengetahuan.

Jenis Dan Bentuk Discovery Learning

Menurut Suprihatiningrum “2014:244” terdapat dua cara dalam pembelajaran penemuan “Discovery Learning” yaitu:

  • Pembelajaran penemuan bebas “Free Discovery Learning” yakni pembelajaran penemuan tanpa adanya petunjuk atau arahan.
  • Pembelajaran penemuan terbimbing “Guided Discovery Learning” yakni pembelajaran yang membutuhkan peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajarannya.

Bentuk metode pembelajaran Discovery Learning dapat dilaksanakan dalam komunikasi satu arah atau komunikasi dua arah bergantung pada besarnya kelas, yang dijelaskan lebih detail sebagai berikut “Oemar Hamalik, 2009:187”:

  • Sistem arah pendekatan satu arah berdasarkan penyajian satu arah yang dilakukan guru. Struktur penyajiannya dalam bentuk usaha merangsang siswa melakukan proses discovery di depan kelas. Guru mengajukan suatu masalah dan kemudian memecahkan masalah tersebut melalui langkah-langkah discovery.
  • Sistem dua arah, sistem dua arah melibatkan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan guru. Siswa melakukan discovery, sedangkan guru membimbing mereka ke arah yang tepat atau benar.

Karakteristik Dan Tujuan Discovery Learning

Menurut Hosnan “2014”, ciri atau karakteristik Discovery Learning adalah:

  • Mengeksplorasi dan memecahkan masalah untuk menciptakan, mengabungkan dan menggeneralisasi pengetahuan.
  • Berpusat pada siswa.
  • Kegiatan untuk menggabungkan pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada.

Sedangkan menurut Bell, metode Discovery Learning memiliki tujuan melatih siswa untuk mandiri dan kreatif, antara lain sebagai berikut “Hosnan, 2014”:

  • Dalam penemuan siswa memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Kenyataan menunjukan bahwa partisipasi banyak siswa dalam pembelajaran meningkat ketika penemuan digunakan.
  • Melalui pembelajaran dengan penemuan, siswa belajar menemukan pola dalam situasi konkrit maupun abstrak, juga siswa banyak meramalkan “extrapolate” informasi tambahan yang diberikan.
  • Siswa juga belajar merumuskan strategi tanya jawab yang tidak rancu dan menggunakan tanya jawab untuk memperoleh informasi yang bermanfaat dalam menemukan.
  • Pembelajaran dengan penemuan membantu siswa membentuk cara kerja bersama yang efektif, saling membagi informasi, serta mendengar dan menggunakan ide-ide orang lain.
  • Terdapat beberapa fakta yang menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan, konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang dipelajari melalui penemuan lebih bermakna.
  • Keterampilan yang dipelajari dalam situasi belajar penemuan dalam beberapa kasus, lebih mudah ditransfer untuk aktifitas baru dan diaplikasilkan dalam situasi belajar yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai “Discovery Learning” Pengertian & ( Jenis – Bentuk – Karakteristik – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: