“Distribusi Frekuensi” Pengertian & ( Jenis – Penyusunan )

Posted on

“Distribusi Frekuensi” Pengertian & ( Jenis – Penyusunan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Distribusi Frekuensi yang dimana dalam hal ini meliputi Jenis dan Penyusunan, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Distribusi Frekuensi

Data yang telah diperoleh dari suatu penelitian yang masih berupa data acak yang dapat dibuat menjadi data yang berkelompok yaitu data yang telah disusun ke dalam kelas-kelas tertentu. Daftar yang memuat data berkelompok disebut distribusi frekuensi atau tabel frekuensi. Distribusi frekuensi adalah susunan data menurut kelas interval tertentu atau menurut kategori tertentu dalam sebuah daftar “Hasan, 2001”.

Jenis-Jenis Distribusi Frekuensi

Distribusi frekuensi memiliki jenis-jenis yang berbeda untuk setiap kriterianya. Berdasarkan kriteria tersebut distribusi frekuensi dapat dibedakan tiga jenis “Hasan, 2001”.

Distribusi Frekuensi Biasa

Distribusi frekuensi yang berisikan jumlah frekuensi dari setiap kelompok data. Distribusi frekuensi ada dua jenis yaitu distribusi frekuensi numerik dan distribusi frekuensi peristiwa atau kategori.

Distribusi Frekuensi Relatif

Distribusi frekuensi yang berisikan nilai-nilai hasil bagi antara frekuensi kelada dan jumlah pengamatan. Distribusi frekuensi relatif menyatakan proporsi data yang berada pada suatu kelas interval, distribusi frekuensi relatif pada suatu kelas didapatkan dengan cara membagi frekuensi dengan total data yang ada dari pengamatan atau observasi.

Distribusi Frekuensi Kumulatif

Distribusi frekuensi yang berisikan frekuensi kumulatif “frekuensi yang dijumlahkan”, distribusi frekuensi kumulatif memiliki kurva yang disebut ogif. Ada dua macam distribusi frekuensi kumulatif yaitu distribusi frekuensi kumulatif kurang dari dan distribusi frekuensi lebih dari.

Penyusunan Distribusi Frekuensi

Penyusunan suatu distribusi frekuensi perlu dilakukan tahapan penyusunan data. Pertama melakukan pengurutan data-data terlebih dahulu sesuai urutan besarnya nilai yang ada pada data, selanjutnya dilakukan tahapan berikut ini “Hasan 2001”.

  • Menentukan jangkauan “range” dari data. Jangkauan=data terbesar-data terkecil.
  • Menentukan banyaknya kelas “k”, banyaknya kelas ditentukan dengan rumus sturgess K=1+3.3 log n;k “Keterangan k= banyaknya kelas, n=banyaknya data”.
  • Menentukan panjang interval kelas, panjang interval kelas “1”= jumlah kelas “k”/jangkauan “R”.
  • Menentukan batas bawah kelas pertama, tepi bawah kelas pertama biasanya dipilih dari data terkecil atau data yang berasal dari pelebaran jangkauan “data yang lebih kecil dari data terkecil” dan selisihnya harus kurang dari panjang interval kelasnya.
  • Menuliskan frekuensi kelas didalam komlom turus atau tally “sistem turus” sesuai banyaknya data.

Demikianlah pembahasan mengenai “Distribusi Frekuensi” Pengertian & ( Jenis – Penyusunan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: