“E-Learning” Pengertian & ( Kelebihan – Kekurangan )

Posted on
“E-Learning” Pengertian & ( Kelebihan – Kekurangan )
5 (100%) 1 vote

“E-Learning” Pengertian & ( Kelebihan – Kekurangan )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai e-learning yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, kelebihan dan kekurangan, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian E-Learning

Electronic Learning atau dikenal dengan sebutan E-Learning merupakan cara dalam belajar mengajar dengan menggunakan media elektronik, khususnya menggunakan jaringan Internet sebagai sarana pembelajarannya. Atau E-Learning yakni suatu metode belajar mengajar, yang dimana melibatkan alat-alat elektronik sebagai media perantaranya “komputer, lapotop dll”, yang termasuk kedalam E-Learning misalnya seperti proses belajar mengajar berbasis web atau berbasis online.

Arti E-Learning secara luas yakni mencangkup proses pembelajaran yang dilakukan dengan media elektronik seperti menggunakan internet, baik itu secara formal maupun secara informal. E-Learning secara formal seperti pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dll. Yang sudah disusun dan diatur berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak yang ada kaitannya dengan E-Learning.

Selain itu E-Learning juga dapat dilakukan secara informal dnegan interaksi yang sederhana seperti melalui web pribadi, mailinglist dll. Pembelajaran menggunakan E-Learning saat ini sudah banyak digunakan oleh sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia maupun di negara-negara lain.

Tujuan dari E-Learning salah satunya supaya materi pembelajaran dapat digunakan dan dipelajari oleh seluruh pihak yang membutuhkannya karena dengan E-Learning akan mempermudah dalam mengaksesnya dan proses pembelajaran dapat dilakukan akapa saja dan dimana saja selama ada koneksi internet. Dapat disimpulkan karakteristik dari E-Learning diantaranya seperti memanfaatkan jasa teknologi elektronik, memanfaatkan fungsi dari komputer dan menggunakan bahan-bahan ajaran yang sifatnya mandiri.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat sehingga mendorong berbagai macam lembaga untuk memanfaatkan sistem E-Learning khususnya lembaga yang bergerak di duni pendidikan dengan maksud untuk meningkatkan efektifitas belajar mengajar. Melalui E-Learning materi-materi pembelajaran dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet dan juga materi-materi dapat diperkaya dengan berbagai macam sumber pembelajaran.

Perkembangan E-Learning saat ini dapat dikatakan tergolong masih baru dan penerapan dari E-Learning pun bervariasi, berdasarkan hasil pengamatan dari berbagai sistem pembelajaran berbasis web yang tersebar di internet saat ini dapat ditemukan E-Learning dari yang sederhana hingga yang kompleks atau terpadu yang biasanya berupa portal E-Learning yang isinya berbagai macam objek pembelajaran yang dilengkapi dengan multimedia serta dipadukan dengan sistem informasi komunikasi, evluasi, akademiki dan diskusi.

Kelebihan Dan Kekurangan E-Learning

Berikut ini kelebihan dan kekurangan E-Learning sebagai berikut:

Kelebihan E-Learning

Pertama-tama kita bahasa dulu apa kelebih dari E-Learning yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Adanya fasilitas yang disebut dengan E-Moderating yang dimana pengajar dan siswa dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan cepat.
  • Bahan-bahan pembelajaran dapat di review kapapun dan dimanapun selama ada koneksi internet untuk mengaksesnya.
  • Adanya bahan pembelajaran yang terstruktur dan terjadwal dengan baik melalui internet serta dapat diakses kapanpun jika diperlukan.
  • Dapat berdiskusi kapanpun melalaui portal atau forum di internet antara pengajar dan siswa.
  • Siswa dapat menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

Kekurangan E-Learning

Adapun kekurangan dari E-Learning yang diantaranya sebagai berikut:

  • Interaksi secara langsung antara pengajar dan siswa akan berkurang.
  • Proses pembelajaran akan cenderung mengarah kepada pelatihan bukan mengarah pada pendidikan.
  • Akan mengabaikan aspek akademik atau sosial dan sebaliknya dapat mendorong aspek komersial.
  • Dan siswa yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi akan mengalami kegagalan.

Demikianlah pembahasan mengenai “E-Learning” Pengertian & ( Kelebihan – Kekurangan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...