“Ekonomi Kerakyatan” Pengertian & ( Ciri – Tujuan )

Posted on

“Ekonomi Kerakyatan” Pengertian & ( Ciri – Tujuan )

DosenPendidikan.Com – Nah untuk kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ekonomi kerakyatan, yang tentu bagi sebagian kalangan masih sangay asing ketika mendengar tentang ekonomi kerakyatan dan tentu saja bertanya apa itu ekonomi kerakyatan..??

Disini kamia akan menjelaskannya secara keseluruhan agar bisa membantu yang belum mengetahui arti dari ekonomi kerakyatan bisa mengetahui arti yang sebenarnya. Dan selain dari pengertian ekonomi kerakyatan disini akan dijelaskan pun mengenai ciri dan juga tujuan dari ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu langsung saja kita mulai pembahasannya yang akan dijelaskan dibawah ini.

Pengertian Ekonomi Kerakyatan

Ekonomi kerakyatan merupakan sebuah sistem perkonomian yang mana setiap pelaksanaan kegiatan, pengawasan dan juga hasil dari kegiatan ekonomi bisa untuk dinikmati oleh seluruh massyarakat. Dan pengertian dari ekonomi kerakyatan yang lainnya ialah sebuah sistem perekonomian yang dibangun oleh kekuatan ekonomi rakyat.

Dan ekonomi kerakyatan ialah sebuah kegiatan dari suatu ekonomi yang bisa memberikan sebuah kesempatan yang luas bagi masyarakat didalam berpartisipasi sehingga perekonomian bisa terlaksana dan juga berkembang dengan baik.

Ciri-Ciri Ekonomi Kerakyatan

Selain dari penjelasan mengenai pengertian ekonomi kerakyatan kali ini kita akan melanjutkan mengenai ciri-ciri dari ekonomi kerakyatan agar dapat memberikan pengetahuan yang lebih banyak kepada para pembaca. Oleh karena itu mari kita lanjutkan pembahasannya yang dijelaskan berikut ini.

Yang menguasai dari kebutuhan hidup masyarakat ialah negara ataupun pemerintah dari negara tersebut. Diantaranya seperti bahan bakar minyak, air dan juga sumber daya alam lainnya. Dan peran suatu negara pada ekonomi ini sangatlah penting meski begitu tidak terlalu dominan dan juga peranan dari pihak swasta yang memang mempunyai posisi yang penting meski begitu tetap tidak mendominasi. Maka dari itu mungkin akan terjadi kondisi sistem ekonomi liberal atau juga sistem ekonomi komando.

Dan kedua pihak itu sendiri pemerintah serta pihak swasta hidup secara berdampingan dan damai sehingga saling memberikan support diantara satu sama lainnya. Dan pada perekonomian ini masyarakat merupakan bagian yang sangatlah penting karena disetiap kegiatan produksi yang lakukan diawasi dan juga dipimpin oleh anggota dari masyarakat. Buruh ataupun modal juga tidak mendominasi dari perekonomian ini karena ekonomi didasari oleh asas kekeluargaan.

Tujuan Ekonomi Kerakyatan

Sudah dua penjelasan yang diberikan yakni pengertian ekonomi kerakyatan dan juag ciri-ciri dari ekonomi kerakyatan. Dan kali ini kita akan melanjutkan kembali pembahasan mengenai tujuan dari ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu tidak usah berlama-lama mari langsung saja kita mulai pembahasannya dibawah ini.

  • Untuk membangun suatu negara yang berdikari secara ekonomi serta berdaulat secara politik dan juga mempunyai kepribadian dan juga berkebudayaan yang baik.
  • Untuk mendorong dari pemerataan pendapatan setiap masyarakat.
  • Agar bisa mendorong pertumbuhan perekonomian yang berkesinambungan.
  • Serta untuk meningkatkan efisiensi dari perekonomian nasional.

Demikianlah pembahasan mengenai “Ekonomi Kerakyatan” Pengertian & ( Ciri – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: