“Ekonomi Manajerial” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Sifatnya )

Posted on
“Ekonomi Manajerial” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Sifatnya )
5 (100%) 1 vote

“Ekonomi Manajerial” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Sifatnya )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai ekonomi manajerial yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, ruang lingkup dan sifatnya, nah agar lebih memahami dan dimengerti simak saja ulasannya dibawah ini.

"Ekonomi Manajerial" Pengertian & ( Ruang Lingkup - Sifatnya )

Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial merupakan penerapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana cara suatu organisasi dapat mencapai target dengan cara yang efektif dan efisien. Atau difinisi ekonomi manejerial yakni suatu pengetahuan yang menunjukan adanya penerapan teori-teori ekonomi dan analisis pengetahuan dalam mengambil suatu keputusan yang mengidentifikasi bagaimana cara organisasi dapat mencapai tujuannya secara lebih efisien.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial ialah suatu penerapan ilmu yang menggabungkan antara ilmu ekonomi dan pengembilan keputusan.

Terkaitan Dengan Teori Ekonomi

Keputusan dari manajemen dapat menerapkan ilmu ekonomi dan perangkat ilmu terapan. Ekonomi mikro mempelajari mengenai tingkah laku ilmu ekonomi secara individual sebagai unit pengambilan suatu keputusan dalam sistem perdagangan bebas.

Dan ekonomi makro melihatnya secara agregat yakni seperti” output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga atau harga total. Teori ekonomi berguna untuk memprediksi serta menerangkan tingkah laku ekonomi. Teori ekonomi umumnya dimulai dengan suatu model, model merupakan suatu abstraksi dari banyak hal yang meliputi dari suatu kejadian dan berusaha untuk mengidentifikasi dari beberapa banyak faktor dari suatu kejadian.

Terkaitan Dengan Ilmu Keputusan

Ilmu keputusan mempergunakan perangkat matematika ekonomi dan juga ekonometrik guna untuk membentuk serta menestimasi model yang ditujukan untuk perilaku optimal suatu perusahaan. Matematika ekonomi ini dipakai untuk menformulasi model ekonomi yang dipostulatkan oleh teori ekonomi ekonometrik yang menerapkan peralatan statistik pada perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi yakni untuk peramalan.

Keterkaitan Dengan Berbagai Fungsional Ilmu Administrasi Bisnis

Hubungan antara ekonomi manajerial dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis menjadi latar belakang dalam pengambilan keputusan. Area fungsi administrasi tersebut diantaranya meliputi: akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen SDM “Sumber Daya Manusia” dan produksi.

Jadi ekonomi manajerial ialah sebagai pelajaran yang menggabungkan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan dan juga area fungsional ilmu administrasi bisnis yang membahas bagaimana hal itu saling berinteraksi antara satu sama lain pada organisasi atau perusahaan untuk mencapai target atau tujuan perusahaan dengan cara yang lebih efisien.

Sifat Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial disebut juga dengan ekonomi mikro terapan yang dimana penerapan metode dalam proses pengambilan keputusan manajerial. Ekonomi manajerial dapat mengembangkan prinsip ilmu yang tujuannya untuk meningkatkan keefektifan saat mengambil keputusan.

Setiap manajer pastinya akan mendapat masalah manajerial dalam bisnisnya, permasalahan yang timbul saat kesenjangan antara kondisi dilapangan dengan apa yang diharapkan oleh seorang manajer masalah tersebut seperti:

  • Yang pertama masalah dalam menentukan tingkatan harga maupun keluaran produk.
  • Yang kedua masalah dalam memilih teknik industri dan teknologi,
  • Yang ketiga masalah dalam tingkat persediaan.
  • Yang keempat masalah dalam memilih media promosi atau media periklanan.
  • Yang kelima masalah pendanaan.
  • Dan yang terakhir masalah pelatihan tenaga kerja.

Ekonomi manajerial dapat membantu para manajer dalam mempengaruhi kinerja dan perilaku manajerial ekonomi. Manajerial memanfaatkan beberapa analisis misalnya seperti: Metode kuantitif, statis atau ekonometri dan konsep manajemen yang strategis dan analisis keuangan.

Ekonomi manajerial dapat menggabungkan antara ialmu ekonomi dan pengambilan keputusan:

  • Ilmu ekonomi yang diantaranya meliputi: ekonomi mikro dan makro.
  • Ilmu keputusan yang diantaranya meliputi: metamatika ekonomi dan ekonometri.

Demikianlah pembahasan mengenai “Ekonomi Manajerial” Pengertian & ( Ruang Lingkup – Sifatnya ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

loading...